13 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Image title
10 November 2021, 23:50
makanan sehat untuk ibu hamil
SHVETS production/Pexels
Apel merupakan salah satu sumber vitamin untuk ibu hamil

Selama proses kehamilan asupan nutrisi untuk ibu hamil harus dijaga dengan baik. Hal ini penting karena sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Setiap makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus dipilih secara teliti. Misalnya makanan tersebut harus dilihat dulu kandungan gizinya, apakah baik untuk kesehatan ibu dan bayi, atau tidak.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi sembarangan oleh ibu hamil, tentunya bakal berpengaruh terhadap perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar dan sebagainya.

Kandungan nutrisi seperti kalsium dan protein sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tubuh serta tulang janin. Sedangkan untuk menghindari fisik yang cacat, janin juga membutuhkan asupan asam folat.

Selain itu, setiap trimester kehamilan ibu hamil setidaknya memerukan asupan tambahan mulai dari 180 kilokalori (kkal) sampai 300 kkal setiap hari. Anjuran ini dimuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 mengenai Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Untuk mengetahui lebih jauh terkait makanan sehat untuk ibu hamil, berikut Katadata.co.id sudah merangkum 13 makanan sehat untuk ibu hamil, seperti dilansir dari situs alodokter.com dan Hellosehat.com. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sayuran untuk Ibu Hamil

Untuk pola makanan sehat untuk ibu hamil, mengonsumsi sayuran segar sangat dibutuhka karena mengandung beragam vitamin dan mineral, serta kaya akan serat.

Manfaat dari sayuran segar tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Untuk daftar sayuran segar untuk ibu hamil, antara lain sebagai berikut:

1. Bayam

Sayuran yang identik dengan salah satu karakter kartun Popeye ini, sangat dianjurkan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Khususnya ibu hamil muda.

Bayam mengandung asam folat, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, dan sebagianya. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Khusus untuk asam folat, kandungan gizi ini bisa mencegah janin mengalami cacat saat lahir. Tak hanya itu, asam folat juga memiliki andil besar agar terhindar dari kelahiran premature maupun preeklamsia.

2. Selada

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asupan asam folat sangat diperlukan janin agar terhindar dari kecacatan. Selain bayam, sayuran yang menjadi sumber asam folat adalah selada. Tak hanya asam folat, selada juga memiliki kandungan air cukup tinggi, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari risiko dehidrasi. 

Di samping itu, mengonsumsi selada secara teratur, akan membantu menyehatkan ibu hamil dan janinnya.

3. Brokoli

Brokoli dianggap mampu mencegah risiko terjadinya berat badan rendah pada bayi. Hal ini disebabkan kandungan gizi brokoli yang tinggi.

Dalam brokoli segar, terdapat berbagai kandungan seperti kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, serat, dan nutrisi penting lainnya. Tidak heran, bila brokoli menjadi salah satu pilihan tepat makanan sehat untuk ibu hamil.

4. Kale

Untuk menjaga sistem kekebalan pada ibu hamil, salah satu cara paling sederhana adalah dengan mengonsumsi kale. Sayuran ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement