13 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Menjaga asupan gizi bagi ibu hamil sangat penting. Cara termudahnya, dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut penjelasan tentang makanan yang cocok bagi ibu hamil berikut ini.
Image title
10 November 2021, 23:50
makanan sehat untuk ibu hamil
SHVETS production/Pexels
Apel merupakan salah satu sumber vitamin untuk ibu hamil

Selama proses kehamilan asupan nutrisi untuk ibu hamil harus dijaga dengan baik. Hal ini penting karena sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Setiap makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus dipilih secara teliti. Misalnya makanan tersebut harus dilihat dulu kandungan gizinya, apakah baik untuk kesehatan ibu dan bayi, atau tidak.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi sembarangan oleh ibu hamil, tentunya bakal berpengaruh terhadap perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar dan sebagainya.

Kandungan nutrisi seperti kalsium dan protein sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tubuh serta tulang janin. Sedangkan untuk menghindari fisik yang cacat, janin juga membutuhkan asupan asam folat.

Selain itu, setiap trimester kehamilan ibu hamil setidaknya memerukan asupan tambahan mulai dari 180 kilokalori (kkal) sampai 300 kkal setiap hari. Anjuran ini dimuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 mengenai Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Untuk mengetahui lebih jauh terkait makanan sehat untuk ibu hamil, berikut Katadata.co.id sudah merangkum 13 makanan sehat untuk ibu hamil, seperti dilansir dari situs alodokter.com dan Hellosehat.com. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sayuran untuk Ibu Hamil

Untuk pola makanan sehat untuk ibu hamil, mengonsumsi sayuran segar sangat dibutuhka karena mengandung beragam vitamin dan mineral, serta kaya akan serat.

Manfaat dari sayuran segar tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Untuk daftar sayuran segar untuk ibu hamil, antara lain sebagai berikut:

1. Bayam

Sayuran yang identik dengan salah satu karakter kartun Popeye ini, sangat dianjurkan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Khususnya ibu hamil muda.

Bayam mengandung asam folat, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, dan sebagianya. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Khusus untuk asam folat, kandungan gizi ini bisa mencegah janin mengalami cacat saat lahir. Tak hanya itu, asam folat juga memiliki andil besar agar terhindar dari kelahiran premature maupun preeklamsia.

2. Selada

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asupan asam folat sangat diperlukan janin agar terhindar dari kecacatan. Selain bayam, sayuran yang menjadi sumber asam folat adalah selada. Tak hanya asam folat, selada juga memiliki kandungan air cukup tinggi, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari risiko dehidrasi. 

Di samping itu, mengonsumsi selada secara teratur, akan membantu menyehatkan ibu hamil dan janinnya.

3. Brokoli

Brokoli dianggap mampu mencegah risiko terjadinya berat badan rendah pada bayi. Hal ini disebabkan kandungan gizi brokoli yang tinggi.

Dalam brokoli segar, terdapat berbagai kandungan seperti kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, serat, dan nutrisi penting lainnya. Tidak heran, bila brokoli menjadi salah satu pilihan tepat makanan sehat untuk ibu hamil.

4. Kale

Untuk menjaga sistem kekebalan pada ibu hamil, salah satu cara paling sederhana adalah dengan mengonsumsi kale. Sayuran ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi.

5. Tomat

Tomat merupakan salah satu bahan yang bisa diolah menjadi berbagai macam varian makanan dan minuman. Selain itu, sayuran juga baik untuk ibu hamil, karena mengandung asam folat yang bisa menghindarkan janin dari risiko cacat lahir.

Buah untuk Ibu Hamil

Selain sayur, buah-buahan juga termasuk ke dalam kelompok makanan sehat untuk ibu hamil. Beragam kandungan nutrisinya sangat bermanfaat bagi perkembangan janin serta ibu hamil. Berikut daftar buah-buahan untuk ibu hamil:

1. Alpukat

Vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, kalium, serat dan lainnya, merupakan nutrisi yang perlu didapat oleh ibu hamil. Salah satu sumber nutrisi tersebut yaitu buah alpukat.

Alpukat diyakini mampu membantu pertumbuhan jaringan tubuh, kulit, hingga otak janin. Manfaat ini bisa diperoleh, karena di dalam alpukat terdapat kandungan lemak sehat.

2. Jeruk

Buah bewarna jingga ini memiliki antioksidan cukup tinggi dan terkenal akan kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk diyakini mengandung asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan janin.

Ibu hamil yang mengonsumsi jeruk juga bisa terhindar dari dehidrasi, mengingat kandungan air pada buah ini lumayan tinggi.

3. Pisang

Mengonsumsi pisang dipercaya dapat membantu meringankan mual dan muntah yang diderita oleh ibu hamil. Pisang kaya akan kandungan gizi seperti serat, vitamin C, vitamin B6 dan kalium.

4. Mangga

Kandungan nutrisi seperti vitamin A di dalam mangga, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, buah mangga masuk dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil.

4. Apel

Hampir semua orang menyukai buah apel. Selain rasanya yang enak, buah apel juga punya segudang manfaat untuk ibu hamil. Di dalam apel, terdapat kandungan gizi seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Lainnya

Selain buah dan sayuran segar, terdapat pula beragam makanan sehat untuk ibu hamil. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Biji-bijian

Oat dan gandum merupakan biji-bijian yang sangat menyehatkan untuk ibu hamil. Ini karena, biji-bijian tersebut mengandung sejumlah vitamin yang baik bagi ibu hamil.

2. Umbi-umbian

Salah satu umbi-umbian yang baik untuk ibu hamil adalah ubi. Di dalam ubi terdapat kandungan seperti vitamin A, sehingga ubi bisa jadi makanan sehat untuk ibu hamil.

3. Daging tanpa lemak dan telur

Daging dan telur mengandung protein yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Namun perlu diperhatikan, daging yang cocok dikonsumsi ibu hamil adalah daging tanpa lemak.

Daging yang baik untuk kesehatan ibu hamil adalah daging ayam, daging sapi, daging ikan salmon, dan lainnya.

Demikian ulasan tentang 13 makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi makan sehat secara teratur akan menjaga kondisi ibu hamil tetap fit dan kuat, serta melindungi bayi dari risiko cacat lahir.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait