Cara Menuju Curug Ciherang dan Berbagai Fasilitasnya

Curug Ciherang adalah salah satu wisata alam air di Bogor. Anda bisa menikmatinya bersama sahabat dan keluarga di waktu senggang dengan harga tiket yang terjangkau.
Image title
15 November 2021, 21:35
Pesona Curug Ciherang dari atas
Pinterest
Pesona Curug Ciherang dari atas

Menyebut Bogor selalu rekat kaitannya dengan kota hujan, sekaligus menjadi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai kota dan provinsi. Tujuannya, untuk bisa menikmati sensasi dingin dan melepas kepenatan dari hiruk pikuk kota serta kelelahan usai bekerja.

Selain puncak Bogor, ada berbagai macam wisata menarik dan bisa menjadi destinasi wisata. Berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak, membuat Bogor memiliki banyak curug (air terjun) yang indah dan sangat menawan, seperti Curug Ciherang.

Bogor juga mendapat julukan sebagai kota seribu curug. Secara makna bahasa, kata curug diambil dari Bahasa Sunda yang berarti air terjun, sedangkan ciherang berarti air murni. Adapun lokasi Curug Ciherang berada di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Area Curug Ciherang sendiri pada 2016 lalu dinobatkan menjadi kawasan wisata alami Bogor yang paling hits dan menjadi primadona. Banyak para petualang wisata baik dari dalam kota maupun dari luar kota yang menyempatkan diri menikmati keindahan alamnya. Bahkan Curug Ciherang menjadi semakin populer karena kerap dipublikasikan di sosial media.

Advertisement

Dari segi sudut pandang Curug Ciherang memiliki pemandangan yang sangat indah sekali. Hal itu terasa sangat cocok bagi Anda yang memiliki minat wisata alam dan gemar mengabadikan momen dengan kamera.

Curug Ciherang memiliki ketinggian sekitar 30 meter, hal itu membuatnya semakin menarik dinikmati. Hal pertama yang paling menarik dari Curug Ciherang, salah satunya keberadaan rumah pohon yang indah dan bisa menjadi latar belakang berfoto.

Apabila Anda ingin menuju rumah pohon tersebut, setidaknya Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit hingga 20 menit untuk sampai di lokasi tujuan.

Adapun akses jalan menuju rumah pohon tersebut sudah diperbaiki dan lebih rapih. Pada rumah pohon, Anda akan menemukan kombinasi bangunan menggunakan batu-batuan dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk dilalui.

Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah indah dan menarik untuk dikunjungi itu dibangun di atas pohon yang sangat besar, di mana letaknya persis bersebelahan dengan tebing.

Sebenarnya rumah pohon ini dibangun dengan maksud dijadikan sebagai tempat istirahat, namun seiring berjalannya waktu rumah pohon Curug Ciherang ini berubah menjadi spot kegemaran pelancong, khususnya untuk berswa foto. Pengunjung lebih banyak berfoto di rumah pohon daripada berfoto di Curug Ciherang-nya sendiri.

Lokasi ini selalu menjadi destinasi liburan primadona bagi pengunjung. Bahkan, sebelum Anda sampai ke lokasi wisata utama, pengunjung akan disambut dengan hamparan pemandangan gunung, pepohonan rindang nan hijau. Hal ini menjadikan lokasi rumah pohon Curug Ciherang semakin strategis dan membuat pelancong berhenti dan mengabadikan momennya di sana.

Akses Menuju Curug Ciherang

Bagi Anda warga Ibu Kota Jakarta perlu menempuh jarak sekitar 40 kilometer untuk bisa sampai ke tujuan wisata Curug Ciherang. Apabila menggunakan panduan dari Google Map, aksesnya bisa dilalui dari Jalan Tol Jagorawi, lalu belok kiri ke arah Citeureup melintasi Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Lebak Pasir melalui kawasan wisata Pasir Mukti. Setelah menemukan pertigaan Jonggol Cipanas, ambil arah Cipanas. Dari sana, Anda akan menemukan jalur menuju Curug Ciherang.

Di tempat ini, Anda perlu menyiapkan kocek sebesar Rp 15.000 untuk biaya tiket masuk. Sedangkan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 20.000.

Selain disuguhkan beningnya air curug yang mempesona, Anda juga akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan dari rumah pohon. Tak hanya itu, wisata Curug Ciherang juga terdapat kolam renang, dengan intensitas debit air relatif normal dan stabil. Dengan begitu, para perenang pemula bisa mencoba untuk berenang di area ini.

Selain itu, masih ada villa yang bisa digunakan sebagai penginapan apabila Anda ingin bermalam di tempat ini. Harganya pun bervairasi dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama teman, pasangan atau keluarga di lokasi wisata Curug Ciherang.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait