5 Ikan Hias Air Tawar yang Unik dan Populer

Siti Nur Aeni
4 November 2021, 22:48
5 Ikan Hias Air Tawar yang Unik dan Populer
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Seekor Ikan Arwana bungkuk berenang di dalam akuarium milik Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat di Pontianak, Kalbar, Rabu (6/11/2019). Hingga saat ini Ikan Arwana (Scleropages formosus) yang memiliki sirip berwarna eksotis tersebut masih digemari para pecinta ikan hias karena nilai jualnya yang tinggi dan diyakini dapat membawa keberuntungan bagi yang memilikinya.

Ikan hias air tawar menjadi pilihan hewan peliharaan yang banyak digemari. Di Indonesia banyak ikan hias yang bisa hidup di air tawar.

Ikan hias yang berasal di Indonesia banyak yang diperjualbelikan di pasar Internasional. Menurut data yang dipublikasikan databoks, sejak tahun 2015 hingga 2019, volume ekspor ikan hias cenderung mengalami kenaikan. Hanya saja pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19.

Advertisement

Beberapa jenis ikan hias yang menjadi langganan pasar internasional seperti arwana merah dan botial. Selain kedua jenis ikan hias tersebut, sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan hias yang populer di kalangan kolektor ikan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias biasanya dipelihara di dalam kolam ikan atau aquarium. Ikan hias tersebut merupakan tipe ikan air tawar. Jenis kelompok ikan ini sangat banyak dan masing-masing spesies memiliki ciri khas yang berbeda.

Mengutip dari buku “Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer” berikut ini daftar ikan hias yang bisa Anda pelihara di rumah.

1. Agamyxis

Agamyxis merupakan salah satu catfish dari keluarkan doradid. Ikan hias memiliki ciri tubuh yang keras dan berduri yang memanjang horisontal. Ikan ini berwarna hitam dengan corak berpola bulat putih.

Hal yang penting untuk diperhatikan apabila ingin memelihara ikan ini yaitu terkait habitatnya. Pastikan untuk memberikan tempat persembuyian agar cahaya tidak masuk ke area tempat tinggalnya. Hal tersebut dikarenakan ikan ini akan lebih aktif di malam hari atau saat mendapatkan cahaya minim.

Selain pencahayaan, ekosistem dalam habitat ikan ini juga harus diperhatikan. Agamyxis memang bisa dipelihara bersama ikan lain, namun sebaiknya jangan dipelihara bersama ikan yang ukurannya lebih kecil.

2. Angel Fish

Jenis ikan hias air tawar selanjutnya yaitu angel fish atau manfish. Ikan ini berasal dari perairan Amazon dan termasuk dalam family cichlid. Ikan hias yang satu ini memiliki ciri khusus, sebagai berikut:

  • Mempunyai warna dan jenis yang beragam.
  • Bentuk tubuhnya pipih dan menyerupai anak panah.
  • Sirip perut dan sirip punggung membentang lebar ke arah ekor sehingga menyerupai busur. Pada bagian ini berwarna gelap transparan.
  • Di bagian dada terdapat dua buah sirip yang panjangnya sampai ke ekor.
  • Memiliki sifat menjaga serta melindungi anaknya.
  • Termasuk hewan omnivora.

Ikan ini juga bisa dipelihara bersama ikan lain. Beberapa jenis ikan yang bisa hidup satu habitat dengan angel fish antara lain ikan gurami, beberapa jenis barb yang tidak agresif, dwarf cichlids, sapu sapu, botia, dan sejenisnya.

Sementara itu, ikan yang tidak bisa hidup satu habitat dengan manfish, seperti berikut.

  • Ikan neon dan guppy karena bisa dimakan oleh manfish.
  • Ikan sumatra/ tiger barb karena keduanya terkenal senang menggigit sirip satu dengan lainnya.
  • Bettas atau ikan cupang, karena manfish dikenal senang menggangu ikan bersirip panjang lainnya.

3. Arapaima Gigas

Ikan hias air tawar yang bisa dicampur berikutnya yaitu ikan arapima gigas atau yang juga dikenal dengan arapaima, pirarucu, atau paiche. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang ukurannya besar.

Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 2,5 m dengan bobot lebih dari 100 kg. Banyaknya orang yang ingin mengoleksi ikan ini membuat keberadaannya di alam menjadi terancam. Bahkan Pemerintah Brazil telah mengeluarkan peraturan yang melarang pengangkapan ikan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement