5 Rekomendasi Tanaman Hias Berwarna Hijau yang Mudah Dirawat

Image title
24 November 2021, 12:24
Ilustrasi tanaman hias montera atau janda bolong yang booming selama pandemi.
titikhijau / Instagram
Ilustrasi tanaman hias montera atau janda bolong yang booming selama pandemi.

Di saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak hobi baru yang bermunculan. Dari bersepeda, membaca, hingga berkebun. Masa 'di rumah saja' tanaman hias banyak menjadi incaran masyarakat untuk mengisi waktu. Bahkan, banyak dari mereka yang sebenarnya tidak memiliki keahlian atau minat dalam berkebun kini berubah haluan dan mulai mencintai hobi ini.

Salah satu objek berkebun yang banyak ditekuni oleh para warga adalah mengelola tanaman hias. Dalam hal ini tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga.

Bahkan komponen bunga potong dapat dimasukkan sebagai tanaman hias. Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini.

Tidak hanya berhenti pada aspek bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Mengutip Popbela.com ada lima macam tanaman hias yang  direkomendasikan dan memiliki warna hijau alias penuh dengan dedaunan dan bisa menjadi pilihan untuk dirawat di rumah. Dijamin lima tanaman rekomendasi ini bakalan membuat rumah Anda semakin menarik.

Tanaman Hias yang Mudah Dirawat di Rumah

1. Janda Bolong

Tanaman hias satu ini termasuk pada jenis tanaman yang sempat menjad langka dan mahal di Indonesia, karena aslinya berasal dari Amerika Tengah. Janda bolong menjadi tanaman hias daun untuk dekorasi kekinian yang memiliki banyak penggemarnya.

Tanaman janda bolong juga memliki beberapa manfaat yaitu untuk memperbaiki kualitas udara. Tanaman ini juga cocok diletakan di dalam rumah karena dapat menyerap zat yang beracun di udara.

Namun jangan khawatir bagi Anda pecinta tanaman, kini si 'Janda Bolong' sudah ramah di kantong. Perawatannya juga mudah dan bisa dilakukan oleh para penghobi tanamana yang masih dalam taraf pemula.

2. Gelombang Cinta

Inspirasi tanaman hias lainnya yaitu gelombang cinta, yang menjadi salah satu tanaman hias daun paling populer. Baik diletakkan di dalam maupun luar rumah, akan sangat indah mengisi pojok ruangan. Daunnya yang penuh kelok membuat gemas siapa pun yang membuatnya menjadi hendak dipegang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...