3 Manfaat Daun Bidara untuk Obat Penyakit Secara Alami

Image title
8 Desember 2021, 18:37
Tanaman daun bidara
Halodoc.com
Tanaman daun bidara

Daun bidara yang juga memiliki nama latin Ziziphus mauritiana, merupakan sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Di beberapa daerah, tanaman ini juga memiliki nama akrab seperti dara, bukkol, hingga kalangga.

Di negara lain, daun bidara juga dikenal dengan nama Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple, atau Jujubier dalam Bahasa Prancis.

Advertisement

Daun bidara masuk ke dalam entitas tanaman perdu atau pohon kecil yang biasanya bengkok. Adapun tingginya hanya satu meter, dengan ruas cabang menyebar dan acap menjuntai, dengan ranting-ranting yang tumbuh simpang siur, berambut pendek, serta berdaun hijau.

Pohon bidara juga memiliki buah dengan tekstur berbentuk bulat hingga bulat telur pada setiap varietas yang dibudidayakan. Kebanyakan daun bidara berukuran jauh lebih kecil pada pohon-pohon yang meliar, berkulit halus atau kasar, mengkilap, tipis namun liat, kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. Adapun untuk daging buah bidara cenderung berwarna putih, mengeripik, dengan banyak sari buah yang agak masam hingga manis rasanya. Biji terlindung dalam tempurung yang berbingkul dan beralur tak teratur, berisi satu hingga dua inti biji yang coklat bentuk jorong.

Area Penyebaran Daun Bidara

Daun bidara dikenal dapat tumbuh subur di area yang memiliki masa musim kering yang jelas. Untuk kualitas buahnya akan sangat baik jika dibudidayakan di lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering.

Meski demikian curah air diharapkan cukup agar bisa memenuhi kebutuhan zat bagi ranting, daun dan bunga, serta untuk mempertahankan kelembaban tanah selama mematangkan buah. Selain itu bidara juga dikenal mudah untuk beradaptasi di berbagai tanah dan genangan. Sehingga keberadaannya sering ditemukan dalam keadaan liar dan tidak bertuan.

Diperkirakan bidara memiliki asal-usul dari Asia Tengah yang mengalami penyebaran di negara seperti Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Uganda dan Kenya di Afrika, Afganistan, Pakistan, India utara, Nepal, Bangladesh, Tiongkok selatan, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, hingga Australia. Kini bidara telah ditanam di banyak negara di Afrika, dan juga di Madagaskar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement