3 Manfaat Daun Bidara untuk Obat Penyakit Secara Alami

Ada beragam manfaat daun bidara yang bisa menjadi obat herbal bagi berbagai penyakit.
Image title
8 Desember 2021, 18:37
Tanaman daun bidara
Halodoc.com
Tanaman daun bidara

Daun bidara yang juga memiliki nama latin Ziziphus mauritiana, merupakan sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Di beberapa daerah, tanaman ini juga memiliki nama akrab seperti dara, bukkol, hingga kalangga.

Di negara lain, daun bidara juga dikenal dengan nama Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple, atau Jujubier dalam Bahasa Prancis.

Daun bidara masuk ke dalam entitas tanaman perdu atau pohon kecil yang biasanya bengkok. Adapun tingginya hanya satu meter, dengan ruas cabang menyebar dan acap menjuntai, dengan ranting-ranting yang tumbuh simpang siur, berambut pendek, serta berdaun hijau.

Pohon bidara juga memiliki buah dengan tekstur berbentuk bulat hingga bulat telur pada setiap varietas yang dibudidayakan. Kebanyakan daun bidara berukuran jauh lebih kecil pada pohon-pohon yang meliar, berkulit halus atau kasar, mengkilap, tipis namun liat, kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. Adapun untuk daging buah bidara cenderung berwarna putih, mengeripik, dengan banyak sari buah yang agak masam hingga manis rasanya. Biji terlindung dalam tempurung yang berbingkul dan beralur tak teratur, berisi satu hingga dua inti biji yang coklat bentuk jorong.

Advertisement

Area Penyebaran Daun Bidara

Daun bidara dikenal dapat tumbuh subur di area yang memiliki masa musim kering yang jelas. Untuk kualitas buahnya akan sangat baik jika dibudidayakan di lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering.

Meski demikian curah air diharapkan cukup agar bisa memenuhi kebutuhan zat bagi ranting, daun dan bunga, serta untuk mempertahankan kelembaban tanah selama mematangkan buah. Selain itu bidara juga dikenal mudah untuk beradaptasi di berbagai tanah dan genangan. Sehingga keberadaannya sering ditemukan dalam keadaan liar dan tidak bertuan.

Diperkirakan bidara memiliki asal-usul dari Asia Tengah yang mengalami penyebaran di negara seperti Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Uganda dan Kenya di Afrika, Afganistan, Pakistan, India utara, Nepal, Bangladesh, Tiongkok selatan, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, hingga Australia. Kini bidara telah ditanam di banyak negara di Afrika, dan juga di Madagaskar.

Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan

Selain daunnya, buah bidara juga bisa digunakan untuk membuat obat herbal. Meskipun demikian penelitian tentang khasiat daun bidara untuk kesehatan masih terbatas, ada beberapa bukti bahwa ada beberapa manfaat kesehatan potensial. Berikut manfaat daun bidara yang dirangkum dari artikel Halodoc.com: 

1. Menjadi Pengendali Diabetes

Manfaat daun bidara dapat digunakan sebagai pengendali diabetes. Penemuan ini merupakan tindak lanjut dari sebuah studi berbasis tikus yang diterbitkan dalam Pharmaceutical Biology pada tahun 2010, menetapkan bahwa Ziziphus mauritiana dapat membantu mengelola diabetes dengan mengatur kadar gula darah.

2. Menjadi Penguat Imun Sebagai Obat Anti Kanker

Sebuah penelitian yang dibuat pada tahun 2015 di Pharmacognosy Review meneliti potensi aktivitas anti-kanker dari buah bidara. Penulis penelitian menyimpulkan, bahwa senyawa bioaktif yang ada dalam buah (asam triterpen dan polisakarida) memiliki potensi melawan kanker pada berbagai lini sel kanker. Akan tetapi, masih diperlukan studi yang lebih banyak untuk menentukan apakah ada potensi yang sama pada manusia.

3. Mengatasi Kecemasan

Salah satu catatan dalam Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2000, daun bidara memiliki harapan untuk mengobati kecemasan. Pada saat dilakukan tes pada tikus, penulis studi mengamati bahwa senyawa yang diekstraksi dari daun bidara ada kemungkinan memiliki efek sedatif. Namun, manfaat ini pada manusia belum dikonfirmasi.

Selain digunakan untuk tiga hal di atas, masih ada beberapa penyakit lainnya yang bisa diobati dengan daun bidara, antara lain: asma, diare, obat lelah, demam, tekanan darah tinggi, peradangan.

 Selain itu daun bidara apabila dioleskan langsung ke kulit dianggap dapat mempercepat penyembuhan luka, merawat kulit kering, meredakan kulit terbakar, dan mengurangi kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya. Selain itu, daun bidara terkadang juga digunakan dalam pengobatan insomnia, gejala menopause, dan masalah kesehatan lainnya.

Efek Samping Daun Bidara yang Harus Dihindari

Setelah melihat beragam manfaat dari daun bidara, lalu timbul pertanyaan, apakah ada efek samping dari penggunaan daun bidara? Hingga saat ini efek samping dari daun bidara masih belum ditemukan, sehingga penggunaannya masih harus hati-hati dan segerakan konsultasi ke dokter apabila ada efek samping yang ditemukan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait