Cara Menanam Daun Bawang di Rumah dengan Mudah

Image title
8 Desember 2021, 15:01
Ilustrasi cara menanam daun bawang yang suguhkan oleh etani menyiangi ladang daun bawang prei di Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (10/2/2021). Menurut petani, harga bawang daun prei di tingkat petani naik menjadi Rp4.500 per kilogra
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Petani menyiangi ladang daun bawang prei di Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (10/2/2021). Menurut petani, harga bawang daun prei di tingkat petani naik menjadi Rp4.500 per kilogram dari sebelumnya Rp3.000 per kilogram.

Salah satu bumbu dapur yang paling banyak dicari pasar adalah daun bawang. Jenis sayuran ini masuk dalam kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam masakan Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang merupakan tanaman yang memiliki varietas yang beragam. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Daun bawang juga masuk dalam tanaman yang bisa dengan mudah untuk tanaman di rumah. Anda bisa menggunakan ruang tersisa, untuk manfaatkan sebagai area menanam sejumlah tumbuhan sayuran atau buah-buahan seperti daun bawang.

Dengan menanam daun bawang di rumah setidaknya bisa memenuhi kebutuhan untuk setingkat rumah tangga. Tumbuhan ini bisa ditanam di dalam dan juga luar ruangan, tentunya hal ini memudahkan Anda bagi petani pemula.

Cara Menanam Daun Bawang dengan Mudah

Ada dua cara menanam daun bawang yang bisa dipraktikkan di rumah. Berikut dua cara menanam daun bawang: 

1. Menanam Daun Bawang dengan Cara Stek

Cara menanam daun bawang yang pertama adalah stek. Langkah ini adalah yang paling mudah, karena bisa memanfaatkan sisa belanja daun bawang di supermarket atau pasar, ambil batang yang masih ada akar pada bagian bawahnya.

Hal ini sama saja dengan cara menanam daun bawang sisa dapur, apalagi kalau Anda membelinya masih ada akarnya. Andabisa memotong atau menyisakan batang di atas akar kurang lebih tiga hingga empat sentimeter,  lantas ikuti tahap selanjutnya.

Kemudian taruh ujung akar tanaman bawang dengan bagian akar ke bawah, letakkan di dalam gelas atau toples plastik. Setelah itu, masukkan air hingga akar tanaman terendam. Jangan lupa menaruh wadah pada lokasi yang terang.

Anda harus mengganti air setiap beberapa hari agar tetap segar. Pastikan akar tanaman masih terendam air. Setelah beberapa hari, pertumbuhan akar bisa terlihat. Lihat juga apakah akar terlihat sehat dan bisa tumbuh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...