Daftar Efek Samping Daun Kelor dan Cara Menghindarinya

Image title
8 Desember 2021, 13:48
Daun kelor
Pexels.com
Daun kelor

Tanaman herbal umumnya digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif. Meski punya banyak manfaat, bukan berarti tanaman jenis ini tidak memiliki efek samping. Hal ini pun berlaku bagi daun kelor, salah satu tumbuhan kaya manfaat yang sering dijuluki dengan istilah superfood.

Menurut sejarahnya, daun kelor diyakini berasal dari dataran tinggi Himalaya. Daun kelor saat ini sudah menyebar ke benua Asia hingga Afrika.

Daun kelor termasuk ke dalam jenis tumbuhan perdu. Pohonnya bisa tumbuh sekitar 14 meter. Bentuk daun kelor umumnya berbentuk bulat seperti telur dan daunnya tersusun secara majemuk di bagian tangkai.

Sejak dahulu, daun kelor sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal karena beragam khasiatnya. Kendati demikian, jika digunakan berlebihan, maka efek samping daun kelor dapat dirasakan oleh tubuh.

Dikutip dari situs Healthifyme.com serta dihimpun dar sumber lainnya, berikut daftar efek samping daun kelor yang bisa dirasakan oleh tubuh, jika pemakaiannya berlebihan. Simak ulasannya di bawah ini.

Efek Samping Daun Kelor bagi Tubuh Manusia

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi dan mineral penting bagi tubuh. Menurut WebMD, daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak jika dibandingkan dengan jeruk. Kandungan antioksidannya juga diketahui  15 kali lebih banyak daripada pisang.

Walau memiliki manfaat yang begitu banyak, daun kelor ternyata punya sejumlah efek samping yang bisa menimbulkan beberapa penyakit lainnya di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut efek samping daun kelor:

Menyebabkan Gangguan Perut

Daun kelor jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih diketahui akan menimbulkan gangguan pada perut. Ini mengingat, daun kelor memiliki sifat pencahar. Dalam jumlah banyak, gangguan perut seperti ditensi gas dan mulas dapat dirasakan oleh tubuh.

Dilansir dari Alodokter, obat pencahar sejatinya digunakan mengikuti resep dan saran dokter. Selain itu, jenis obat ini tidak boleh digunakan tiap hari dan dalam jangka panjang.

Untuk menghindari efek samping daun kelor ini, pemakaiannya haru dalam jumlah wajar. Misalnya 70 gram per hari. Sebagaimana tanaman herbal pada umumnya, manfaat daun kelor bisa diperoleh dengan konsumsi yang jumlahnya wajar.

Menyebabkan Diare

Efek samping daun kelor berikutnya yaitu dapat menyebabkan diare. Hal ini terjadi apabila pemakaian daun kelor tidak sesuai dosis.

Sifat pencahar yang dimiliki oleh daun kelor, bisa memicu berbagai gangguan atau masalah perut. Salah satu di antaranya yakni diare.

Guna menghindari masalah kesehatan ini, perlu dilakukan pengukuran jumlah konsumsi daun kelor yang pas. Sehingga, tubuh hanya akan merasakan manfaat daun kelor saja. Bukan efek sampingnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...