4 Cara Menghilangkan Sariawan dengan Pengobatan Alami

Cara menghilangkan sariawan bisa menggunakan beragam metode. Untuk lebih jelasnya, berikut empat cara mengobati sariawan secara alami yang perlu Anda ketahui.
Image title
22 Desember 2021, 14:07
Ilustrasi jeruk sebagai salah satu obat alami untuk cara menghilangkan sariawan
Unsplash/J. Kelly Brito
Ilustrasi jeruk sebagai salah satu obat alami untuk cara menghilangkan sariawan

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan kesehatan di area mulut bernama sariawan. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat berbicara, memakan sesuatu, dan menggosok gigi. Cara menghilangkan sariawan bisa memakai berbagai macam metode. Namun, pengobatan alami biasanya akan dipilih penderitanya karena mudah untuk dilakukan.

Sariawan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Pada umumnya, kebanyakan sariawan akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 minggu.

Penyebab sariawan yang paling utama adalah munculnya jamur candida albicans di area mulut. Jika dibiarkan begitu saja, jamur tersebut akan tumbuh dan menyebar hingga terjadi sariawan.

Menurut sejumlah sumber, salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat yakni mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti dikutip dari laman Ciputrahospital.com, beberapa fungsi vitamin ini untuk kesehatan antara lain yaitu berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen, sampai membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut.

Advertisement

Anda bisa menemukan makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dengan mudah di sekitar Anda. Contohnya seperti jeruk, buah berwarna jingga ini dapat Anda beli langsung di pasar tradisional hingga toko online.

Namun sebelum membahas tentang cara menghilangkan sariawan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sariawan dan juga gejala umumnya. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Penyebab Sariawan

Sariawan adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapapun. Penyakit ini merupakan lesi atau luka kecil yang dangkal dan biasanya muncul, lalu berkembang pada jaringan lunak di mulut maupun di dasar gusi Anda.

Sariawan akan membuat Anda sulit makan dan berbicara. Tidak seperti luka dingin, sariawan tidak muncul di permukaan bibir serta tidak menular. Biasanya, kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu.

Sampai saat ini, penyebab sariawan belum diketahui secara pasti. Tetapi, para peneliti menduga kalau sariawan bisa tumbuh di area mulut dan gusi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab sariawan:

  • Kekurangan vitamin.
  • Alergi pada bagian mulut yang disebabkan bakteri tertentu di mulut Anda.
  • Stres emosional
  • Menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung bahan kimia tertentu.
  • Dipicu karena sering mengkonsumsi makanan seperti cokelat, kopi, stroberi, telur, kacang-kacangan, keju, dan makanan pedas atau asam.
  • Terdapat bakteri Helicobacter pylori di area mulut. Bakteri ini juga bisa menyebabkan tukak lambung.
  • Pergeseran dan perubahan hormonal selama menstruasi.
  • Cedera atau luka pada mulut akibat gigitan pipi yang tidak disengaja.
  • Bisa juga disebabkan karena cedera ringan pada mulut Anda akibat perawatan gigi yang salah, menyikat gigi yang berlebihan, kecelakaan olahraga dan lainnya.

Selain masalah di atas, penyebab sariawan bisa juga dipicu karena kondisi dan penyakit tertentu, seperti:

  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Kelainan langka yang menimbulkan peradangan di area mulut dan seluruh tubuh.
  • Sistem kekebalan rusak yang menyerang sel-sel sehat di mulut.
  • Dan penyakit tertentu lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan kalau penyebab sariawan bisa terdiri dari beberapa faktor. Namun yang jelas, penyakit ini bisa menyerang siapapun mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Oleh karenanya, menjaga asupan vitamin dan merawat kebersihan mulut Anda merupakan metode ampuh untuk menghilangkan sariawan.

Gejala Sariawan

Masih mengutip dari Mayo Clinic, biasanya sariawan akan terbentuk dan muncul di area seperti di dalam mulut, di bagian bawah lidah, di dalam pipi atau pada bibir Anda, di dasar gusi, hingga di langit-langit lunak mulut Anda. Pada umumnya, ada beberapa jenis sariawan, di antaranya yaitu sariawan minor, mayor, dan herpetiform.

Bentuk luka sariawan rata-rata berbentuk bulat atau oval dengan bagian tengah berwarna putih atau kuning dan tepi berwarna merah. Anda mungkin merasakan sensasi kesemutan atau rasa terbakar dalam 1 atau 2 hari sebelum luka sariawan benar-benar muncul di area mulut.

Jenis-jenis Sariawan

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut jenis-jenis sariawan yang bisa diderita oleh seseorang:

Sariawan Minor

Memiliki diameter luka kurang dari 1 cm, sariawan jenis ini paling banyak diderita. Untuk sembuh, seseorang memerlukan waktu 7-14 hari lamanya.

Sariawan Mayor

Sariawan mayor dapat muncul di beberapa bagian area mulut dan tenggorokan. Biasanya, sariawan ini akan benar-benar hilang dalam kurun waktu sekitar 6 minggu. Sariawan jenis ini memiliki ukuran diameter sekitar 2–3 cm.

Sariawan Herpetiformis

Jenis sariawan ini akan muncul berkelompok dengan diameter setiap lukanya hanya 1–2 mm. meski demikian, sariawan ini jarang terjadi.

Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, Anda bisa memakai berbagai macam metode di bawah ini sebagai cara mengobati sariawan. Dilansir dari Alodokter.com, berikut empat obat alami yang dianggap efektif menyembuhkan sariawan:

1. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Cara menghilangkan sariawan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan lainnya. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk membantu proses pemulihan tubuh.

Contohnya seperti jeruk, Anda bisa memakan buah tersebut secara teratur agar bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, Anda pun dapat meminum berbagai olahan kalau tidak bisa memakannya secara langsung.

2. Berkumur dengan Larutan Garam

Larutan garam dipercaya mampu meredakan nyeri dan membantu proses penyembuhan luka di mulut akibat sariawan. Anda bisa berkumur larutan garam sebagai salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Caranya yaitu dengan menyiapkan air hangat ½ cangkir dan campurkan 1 sendok teh garam. Kemudian Anda bisa berkumur selama 10-15 detik. Lakukan metode ini secara rutin agar hasilnya bisa terlihat.

3. Mengoleskan Madu

Madu dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali menghilangkan sariawan. Anda bisa mengoleskan madu pada bagian mulut Anda yang menderita sariawan.

Oleskan madu secara teratur sampai sariawan benar-benar sembuh. Anda juga bisa memakai jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Gunakan Kantong Teh Chamomile untuk Mengompres Sariawan

Cara menghilangkan sariawan yang terakhir adalah mengompresnya dengan kantong teh chamomile. The jenis ini diyakini mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene serta levomenol. Kedua senyawa tersebut dianggap efektif mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Semua metode di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sebagai catatan, Anda pun harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Ini mengingat, sariawan bisa memicu mulut kering. Salah satu cara menghilangkan sariawan yang paling mudah adalah dengan perbanyak minum air putih, supaya sariawan benar-benar hilang.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait