4 Cara Menghilangkan Sariawan dengan Pengobatan Alami

Image title
22 Desember 2021, 14:07
Ilustrasi jeruk sebagai salah satu obat alami untuk cara menghilangkan sariawan
Unsplash/J. Kelly Brito
Ilustrasi jeruk sebagai salah satu obat alami untuk cara menghilangkan sariawan

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan kesehatan di area mulut bernama sariawan. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat berbicara, memakan sesuatu, dan menggosok gigi. Cara menghilangkan sariawan bisa memakai berbagai macam metode. Namun, pengobatan alami biasanya akan dipilih penderitanya karena mudah untuk dilakukan.

Sariawan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Pada umumnya, kebanyakan sariawan akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 minggu.

Advertisement

Penyebab sariawan yang paling utama adalah munculnya jamur candida albicans di area mulut. Jika dibiarkan begitu saja, jamur tersebut akan tumbuh dan menyebar hingga terjadi sariawan.

Menurut sejumlah sumber, salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat yakni mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti dikutip dari laman Ciputrahospital.com, beberapa fungsi vitamin ini untuk kesehatan antara lain yaitu berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen, sampai membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut.

Anda bisa menemukan makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dengan mudah di sekitar Anda. Contohnya seperti jeruk, buah berwarna jingga ini dapat Anda beli langsung di pasar tradisional hingga toko online.

Namun sebelum membahas tentang cara menghilangkan sariawan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sariawan dan juga gejala umumnya. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Penyebab Sariawan

Sariawan adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapapun. Penyakit ini merupakan lesi atau luka kecil yang dangkal dan biasanya muncul, lalu berkembang pada jaringan lunak di mulut maupun di dasar gusi Anda.

Sariawan akan membuat Anda sulit makan dan berbicara. Tidak seperti luka dingin, sariawan tidak muncul di permukaan bibir serta tidak menular. Biasanya, kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu.

Sampai saat ini, penyebab sariawan belum diketahui secara pasti. Tetapi, para peneliti menduga kalau sariawan bisa tumbuh di area mulut dan gusi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab sariawan:

  • Kekurangan vitamin.
  • Alergi pada bagian mulut yang disebabkan bakteri tertentu di mulut Anda.
  • Stres emosional
  • Menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung bahan kimia tertentu.
  • Dipicu karena sering mengkonsumsi makanan seperti cokelat, kopi, stroberi, telur, kacang-kacangan, keju, dan makanan pedas atau asam.
  • Terdapat bakteri Helicobacter pylori di area mulut. Bakteri ini juga bisa menyebabkan tukak lambung.
  • Pergeseran dan perubahan hormonal selama menstruasi.
  • Cedera atau luka pada mulut akibat gigitan pipi yang tidak disengaja.
  • Bisa juga disebabkan karena cedera ringan pada mulut Anda akibat perawatan gigi yang salah, menyikat gigi yang berlebihan, kecelakaan olahraga dan lainnya.

Selain masalah di atas, penyebab sariawan bisa juga dipicu karena kondisi dan penyakit tertentu, seperti:

  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Kelainan langka yang menimbulkan peradangan di area mulut dan seluruh tubuh.
  • Sistem kekebalan rusak yang menyerang sel-sel sehat di mulut.
  • Dan penyakit tertentu lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan kalau penyebab sariawan bisa terdiri dari beberapa faktor. Namun yang jelas, penyakit ini bisa menyerang siapapun mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Oleh karenanya, menjaga asupan vitamin dan merawat kebersihan mulut Anda merupakan metode ampuh untuk menghilangkan sariawan.

Gejala Sariawan

Masih mengutip dari Mayo Clinic, biasanya sariawan akan terbentuk dan muncul di area seperti di dalam mulut, di bagian bawah lidah, di dalam pipi atau pada bibir Anda, di dasar gusi, hingga di langit-langit lunak mulut Anda. Pada umumnya, ada beberapa jenis sariawan, di antaranya yaitu sariawan minor, mayor, dan herpetiform.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement