Kenali Gejala dan Penyebab Sariawan yang Muncul di Area Mulut

Image title
22 Desember 2021, 13:07
Kenali Gejala dan Penyebab Sariawan yang Muncul di Area Mulut
shironosov/iStockphoto
Ilustrasi seseorang yang mengalami sariawan dekat gusi

Sariawan adalah gangguan kesehatan mulut yang bisa diderita oleh siapa saja. Penyebab sariawan cukup beragam, namun yang paling umum akibat munculnya jamur candida albicans di area mulut. Jika dibiarkan begitu saja jamur tersebut akan tumbuh dan menyebar hingga terjadi sariawan.

Cara mengatasi sariawan bisa menggunakan beberapa metode. Contohnya dengan mengkonsumsi bahan makanan atau minuman yang tinggi kandungan vitamin C. Apabila sariawan yang diderita sudah sangat parah, maka penderitanya harus segera berobat ke dokter.

Penyebab sariawan juga sangat berkaitan dengan kebersihan mulut. Selain itu, penyakit sariawan tidak bisa menular namun rasa nyerinya tetap sangat menyakitkan.

Secara umum sariawan bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu. Tetapi, dalam kondisi tertentu penyakit ini akan awet di area mulut jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Lebih lanjut, berikut rangkuman tentang penyebab sariawan dan gejala secara umumnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Sariawan?

Sariawan adalah penyakit yang muncul di area mulut. Menurut Mayo Clinic, sariwan merupakan lesi kecil yang tidak muncul di permukaan bibir dan tidak menular. Sariawan biasanya berkembang pada jaringan lunak di mulut atau di dasar gusi. Tidak seperti luka dingin, sariawan bisa sangat menyakitkan, serta mengganggu proses makan hingga membuat seseorang sulit untuk berbicara.

Jika sariawan sudah terlanjur parah yang luar biasa besar atau nyeri atau sariawan yang tampaknya tidak sembuh-sembuh, maka penderitanya harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Meski demikian,  kebanyakan sariawan hilang dengan sendirinya dalam 1 atau 2 minggu.

Dilansir dari Hello Sehat, sariawan atau stomatitis aftosa adalah luka kecil yang dangkal dan terasa sakit di rongga mulut. Penyakit ini sering disebut dengan istilah guam.

Sariawan adalah gangguan kesehatan yang paling sering terjadi di area mulut dan gusi. Secara klinis, sariawan pernah dialami oleh seseorang minimal satu kali dalam hidupnya.

Cara mencegah sariawan adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, terutama yang kaya akan kandungan vitamin C dan menjaga kebersihan area mulut. Gejala sariawan yang sering terjadi biasanya ditandai dengan munculnya lepuhan. Kalau dibiarkan, lepuhan itu akan terus membesar serta menimbulkan rasa nyeri.

Secara ringkas, sariawan dapat dikategorikan sebagai gangguan kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Mengutip dari situs Klikdokter.com, rata-rata sariawan berbentuk bulat atau oval. Sariawan  umumnya muncul di bawah lidah, di bagian dalam pipi atau bibir, di dasar gusi, atau langit-langit mulut.

Penyebab Sariawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab sariawan bisa dipicu oleh sejumlah faktor. Namun, penyebab utamanya adalah akibat munculnya jamur candida albicans di area mulut. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab terjadinya sariawan, sebagaimana dikutip dari Hellosehat.com:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...