Pilihan Obat Sariawan Ampuh dan Mudah Didapat

Siti Nur Aeni
16 Juli 2021, 12:00
Buah lemon menjadi salah satu obat sariawan alami yang mudah didapatkan
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Buah lemon menjadi salah satu obat sariawan alami yang mudah didapat.

Sariawan merupakan penyakit yang hampir semua orang pernah alami. Meskipun tergolong penyakit ringan dan mudah disembuhkan, namun rasa sakitnya dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, banyak penderita penyakit ini mencari obat sariawan.

Penyakit ini adalah luka kecil yang ada di area mulut seperti lidah, gusi, bibir bagian dalam, atau rongga mulut. Penyebab dari munculnya luka ini sangat beragam, mulai dari kekurangan vitamin B12, asam folat, infeksi mikroba, daya tahan tubuh yang menurut, sampai tergigit saat makan dan luka saat menyikat gigi.

Obat Sariawan Alami yang Mudah Didapat

Untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini sebenarnya banyak caranya. Salah satunya dengan menggunakan obat sariawan berbahan alami. Berikut ini beberapa pilihan obatnya:

1. Air garam

Untuk menyembuhkan sariawan dengan obat alami ini, Anda bisa berkumur dengan air garam selama satu sampai dua menit. Air garam diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga bisa meminimalisir risiko sariawan semakin parah.

2. Madu

Selain air garam, madu juga dapat menyembuhkan luka di area mulut. Madu memiliki sifat antiradang yang bisa mengurangi rasa perih akibat sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa langsung mengoleskan madu pada area sariawan. Lakukan secara rutin sampai sariawan sembuh.

3. Lidah buaya

Obat sariawan dari bahan alami berikutnya yaitu lidah buaya. Tanaman juga bersifat antiradang. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencuci lidah buaya sampai bersih, kemudian oleskan getah lidah buaya ke area luka. Tunggu sampai beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali dalam satu hari.

Obat Sariawan Untuk Anak yang Aman

Sariawan dapat diderita oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Berikut ini obat sariawan untuk mereka:

1. Air Kelapa

Anda bisa memberikan air kelapa kepada anak anda untuk diminum. Namun jika anak anda masih terlalu kecil (di bawah satu tahun) dan belum diperbolehkan untuk meminum air ini, Anda dapat menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada area sariawan secara rutin, sampai penyakit tersebut sembuh.

2. Teh celup bekas

Obat sariawan ampuh lainnya adalah teh celup bekas. Teh bekas ini memiliki sifat basa sehingga dapat menetralkan asam di mulut. Anda bisa menggunakan teh celup bekas ini untuk kompres di area yang terdapat sariawan.

3. Yoghurt

Makanan yang rasanya masam ini bisa menjadi obat sariawan anak. Rasanya yang enak dan banyak varian, membuat anak-anak senang mengonsumsinya. Yoghurt bisa membantu menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Karena makanan ini merupakan sumber probiotik, maka bisa juga membantu menghilangkan mikroba jahat yang ada di dalam tubuh. 

4. Akar manis

Akar manis atau liquorice juga bisa digunakan untuk obat sariawan anak. Akar manis ini memiliki sifat demulcent atau meringankan dan anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit serta bengkak yang ada di area sariawan. Cara memanfaatkannya dengan merendam akar manis sebanyak satu sendok dalam dua gelas air. Kemudian jadikan air rendaman tersebut untuk obat kumur.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...