Pilihan Obat Sariawan Ampuh dan Mudah Didapat

Ada beberapa pilihan obat sariawan yang ampuh dan mudah didapatkan untuk menyembuhkan penyakit ini.
Image title
16 Juli 2021, 12:00
Buah lemon menjadi salah satu obat sariawan alami yang mudah didapatkan
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Buah lemon menjadi salah satu obat sariawan alami yang mudah didapat.

Sariawan merupakan penyakit yang hampir semua orang pernah alami. Meskipun tergolong penyakit ringan dan mudah disembuhkan, namun rasa sakitnya dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itu, banyak penderita penyakit ini mencari obat sariawan.

Penyakit ini adalah luka kecil yang ada di area mulut seperti lidah, gusi, bibir bagian dalam, atau rongga mulut. Penyebab dari munculnya luka ini sangat beragam, mulai dari kekurangan vitamin B12, asam folat, infeksi mikroba, daya tahan tubuh yang menurut, sampai tergigit saat makan dan luka saat menyikat gigi.

Obat Sariawan Alami yang Mudah Didapat

Untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini sebenarnya banyak caranya. Salah satunya dengan menggunakan obat sariawan berbahan alami. Berikut ini beberapa pilihan obatnya:

1. Air garam

Untuk menyembuhkan sariawan dengan obat alami ini, Anda bisa berkumur dengan air garam selama satu sampai dua menit. Air garam diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga bisa meminimalisir risiko sariawan semakin parah.

2. Madu

Selain air garam, madu juga dapat menyembuhkan luka di area mulut. Madu memiliki sifat antiradang yang bisa mengurangi rasa perih akibat sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa langsung mengoleskan madu pada area sariawan. Lakukan secara rutin sampai sariawan sembuh.

3. Lidah buaya

Obat sariawan dari bahan alami berikutnya yaitu lidah buaya. Tanaman juga bersifat antiradang. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencuci lidah buaya sampai bersih, kemudian oleskan getah lidah buaya ke area luka. Tunggu sampai beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali dalam satu hari.

Obat Sariawan Untuk Anak yang Aman

Sariawan dapat diderita oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Berikut ini obat sariawan untuk mereka:

1. Air Kelapa

Anda bisa memberikan air kelapa kepada anak anda untuk diminum. Namun jika anak anda masih terlalu kecil (di bawah satu tahun) dan belum diperbolehkan untuk meminum air ini, Anda dapat menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada area sariawan secara rutin, sampai penyakit tersebut sembuh.

2. Teh celup bekas

Obat sariawan ampuh lainnya adalah teh celup bekas. Teh bekas ini memiliki sifat basa sehingga dapat menetralkan asam di mulut. Anda bisa menggunakan teh celup bekas ini untuk kompres di area yang terdapat sariawan.

3. Yoghurt

Makanan yang rasanya masam ini bisa menjadi obat sariawan anak. Rasanya yang enak dan banyak varian, membuat anak-anak senang mengonsumsinya. Yoghurt bisa membantu menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Karena makanan ini merupakan sumber probiotik, maka bisa juga membantu menghilangkan mikroba jahat yang ada di dalam tubuh. 

4. Akar manis

Akar manis atau liquorice juga bisa digunakan untuk obat sariawan anak. Akar manis ini memiliki sifat demulcent atau meringankan dan anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit serta bengkak yang ada di area sariawan. Cara memanfaatkannya dengan merendam akar manis sebanyak satu sendok dalam dua gelas air. Kemudian jadikan air rendaman tersebut untuk obat kumur.

Apabila anak belum dapat berkumur, Anda bisa menggunakan akar manis bubuk kemudian campurkan dengan kunyit ataupun madu. Buat menyerupai pasta, kemudian oleskan pada area sariawan.

Obat Sariawan di Lidah

Sariawan seringkali muncul di lidah. Banyak orang mengatakan sariawan pada area ini sembuhnya menjadi lebih lama dan rasanya juga lebih sakit. Berikut ini daftar obat untuk menyembuhkannya:

1. Lemon

Area lidah terutama pada bagian bawah menjadi salah satu bagian yang sulit diobati menggunakan obat oles atau kompres. Karena itu, cara menyembuhkannya dapat dengan mengonsumsi sumber vitamin C, seperti air lemon. Namun, memanfaatkan lemon sebagai obat sariawan tidak boleh berlebih. Rasanya yang asam dapat menyebabkan efek samping gangguan kesehatan lainnya.

2. Es batu

Obat sariawan berikutnya adalah es batu. Rasa dingin yang dihasilkan es batu dapat menghilangkan nyeri akibat sariawan. Anda bisa mengompres lidah dengan kain yang di dalamnya terdapat es batu. Apabila cara pengompresan sulit, Anda bisa kulum es batu tersebut pada area sariawan sampai mencair di dalam mulut.

3. Kunyit

Kunyit juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan termasuk sariawan yang ada di area lidah. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat anti-inflamasi. Kunyit biasanya dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan.

Obat Sariawan di Apotek Apa Saja?

Selain beberapa obat alami yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga obat sariawan ampuh lainnya. Kali ini berasal dari obat medis yang bisa dibeli di apotek terdekat. Berikut ini daftarnya:

1. Paracetamol

Selain untuk menurunkan demam, obat ini juga bisa menyembuhkan sariawan. Paracetamol menjadi obat yang bisa dibeli di apotek bahkan tanpa resep dokter sekalipun. Obat ini bisa meredakan nyeri yang terjadi akibat adanya sariawan.

2. Obat kumur

Obat sariawan di apotik lainnya, yaitu obat kumur. Obat ini bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan yang disebabkan karena tergigit atau tergores saat sikat gigi. Jika hendak membeli obat kumur, pastikan mengandung zat antiseptik, antibiotik, antijamur, antihistamin, dan kortikosteroid.

3. Suplemen multivitamin

Selain obat, sariawan dapat sembuh dengan menambah asupan vitamin tubuh. Saat ini sudah banyak suplemen nutrisi tersedia di apotek. Suplemen untuk menyembuhkan sariawan adalah asam folat, vitamin B6, vitamin B12, dan zinc.

Itulah beberapa pilihan obat sariawan yang bisa digunakan. Selain mengonsumsi obat atau vitamin tambahan, ada hal lain yang tak kalah penting untuk menyembuhkan atau mencegah sariawan, yaitu menjaga kebersihan mulut. 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait