Kumpulan Contoh CV Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya

Image title
23 Desember 2021, 23:53
Contoh CV Lamaran Kerja
freepik.com
Contoh CV Lamaran Kerja

Curriculum vitae atau CV lamaran kerja sangat diperlukan bagi seseorang yang hendak mencari kerja. Hampir semua jenis CV biasanya memuat informasi berupa data diri, keahlian, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan lain sebagainya. Saat ini banyak contoh CV lamaran kerja yang bisa diunduh dengan mudah dari internet.

Namun demikian, tidak semua template atau contoh CV lamaran kerja itu sudah ramah sistem Applicant Tracking System (ATS). Sebab, saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja memakai aplikasi tersebut untuk memudahkan proses rekrutmen.

Apabila Anda sedang mencari kerja dan ingin mengetahui contoh CV lamaran kerja yang sesuai, maka simak artikel ini sampai tuntas. Dikutip dari Glints, Prospects.ac.uk, dan Zety.com, berikut tips membuat CV serta contoh CV lamaran kerja.

Tips dan Cara Membuat CV untuk Lamaran Kerja

Sebelum membuat melamar pekerjaan, Anda harus menyusun CV yang menarik agar pihak HRD (human resources development) mempertimbangkan Anda sebagai kandidat untuk lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Berikut sejumlah tips dan cara membuat CV lamaran kerja yang baik:

1. Gunakan Kalimat yang Singkat, Padat, dan Jelas

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat CV adalah, siapkan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Oleh karenanya, jangan sampai ada kalimat yang terlalu bertele-tele pada CV Anda.

Misalnya, karena ingin mendeskripsikan keahlian dan pengalaman kerja, Anda terlalu banyak menggunakan kalimat tidak efektif pada beberapa bagian di CV Anda. Imbasnya, pihak perekrut tidak memiliki cukup waktu untuk membaca semua informasi pada CV tersebut.

2. Cantumkan Skill, Pengalaman Kerja Sesuai

Saat mencantumkan beberapa poin yang harus ada di CV, maka cobalah untuk jujur. Sebab, ada saja orang yang sengaja mencantumkan informasi yang pada kenyataannya tidak begitu relevan. Dengan begitu, saat diterima kerja dia akan bingung untuk beradaptasi.

Anda harus mencantumkan informasi yang sesuai dengan diri Anda. Contohnya, jika Anda tertarik melamar kerja sebagai content creator, maka jabarkan keahlian hingga pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

3. Cantumkan Kontak yang Bisa Dihubungi HRD

Tips berikutnya yaitu, Anda perlu mencantumkan kontak aktif. Sehingga pihak perekrut dapat langsung menghubungi Anda jika mereka merasa Anda adalah kandidat yang cocok. Kontak yang bisa dicantumkan antara lain seperti nomor ponsel, alamat email, dan nama akun sosial media Anda.

4. Cek Kembali Penggunaan Tata Bahasa

Kalau Anda sudah selesai menyusun CV lamaran kerja, sebaiknya cek kembali dokumen tersebut. Apakah ada skema penulisan yang salah atau tidak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement