Pengertian Literasi Digital Menurut Para Ahli dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
29 Desember 2021, 18:50
Literasi Digital
pixabay.com/AmrThele
Pengertian Literasi Digital

Literasi digital memudahkan pekerjaan dan akses informasi melalui komputer. Awalnya, penggunaan komputer memakai aplikasi berbasis teks saja, kemudian berkembang sistem operasi perangkat lunak seperti Windows.

Perangkat lunak mendukung pemanfaatan literasi digital untuk kebutuhan masyarakat. Adanya komputer, ponsel, laptop, dan tablet memudahkan mobilitas untuk kebutuhan sehari-hari. Pemanfaatan digital ini juga meningkatkan jaringan internet.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan memakai informasi dari berbagai sumber, yang bisa diakses melalui komputer. Menurut Paul Gilster di dalam buku Digital Literacy, perkembangan komputer ini terjadi di tahun 1980-an.

Kemudian, komputer dipakai di lingkungan terbatas kemudian menyebar di tahun 1990-an. Melalui perangkat ini, informasi bisa diakses dan disebarluaskan melalui jaringan internet.

Dari buku Literasi Digital, UNESCO menjelaskan tentang literasi digital yang berhubungan dengan life skills (kecakapan). Kemampuan ini tak hanya melibatkan teknologi saja, tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital.

Jadi, literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan sumber informasi, melalui komputer.

Ada 6 dasar gambaran tentang literasi digital, dari Panduan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud. Cakupan literasi digital antara lain:

  • Literasi Baca dan Tulis

Perkembangan komunikasi dan teknologi tidak lepas dari baca dan tulis. Literasi baca dan tulis ini dibutuhkan untuk memahami, menanggapi, dan menganalisis teks tertulis. Kemampuan membaca dan menulis ini untuk mencapai pemahaman dan potensi.

  • Literasi Numerasi

Pengertian literasi numerasi adalah kecakapan untuk memperoleh, memakai, dan mengkomunikasikan angka dan simbol dalam matematika. Angka dan simbol ini bermanfaat untuk pemecahan masalah dan bisa analisis informasi yang ditampilkan berbagai bentuk.

Contoh analisis dan pengetahuan numerasi ini seperti membaca grafik, tabel, bagan, dan angka untuk pengambilan keputusan.

  • Literasi Sains

Teknologi tidak terlepas dari pengetahuan dan fenomena ilmiah. Sains termasuk ilmu penting untuk identifikasi pertanyaan, pengetahuan, menjelaskan fenomena ilmiah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...