Pendaftaran Gelombang 21 Dibuka, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 21 telah dibuka mulai Kamis (16/9/2021) pukul 12.00 WIB. Pada gelombang ini, pemerintah membuka kesempatan dengan menyediakan kuota sebanyak 754.929 peserta.
Image title
17 September 2021, 14:15
Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja miliknya usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Setelah membuka 11 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja dengan 5,9 juta peserta dan total a
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja miliknya usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Setelah membuka 11 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja dengan 5,9 juta peserta dan total anggaran Rp20 triliun, pemerintah memastikan program Kartu Prakerja berlanjut pada 2021 dengan syarat penerima manfaat pada 2020 tidak bisa lagi ikut serta.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini didesain sebagai produk dan dikemas agar memberikan nilai bagi pengguna, sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalur penyalurannya dilakukan secara digital melalui marketplace untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah dan swasta. Program tersebut telah berlangsung sejak April 2020 untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19

Pengguna kartu prakerja akan mendapatkan pembiayaan untuk pelatihan skilling (kemampuan), upskilling (peningkatan kemampuan), dan reskilling (penggantian kemampuan).

Bantuan pembiayaan pelatihan mencapai Rp 1 juta per orang dan akan dibayarkan langsung kepada lembaga pelatihan. Kemudian, pengguna kartu prakerja akan mendapatkan insentif langsung Rp 600 ribu per bulan yang berlangsung selama empat bulan. Insentif tersebut ditujukan sebagai uang saku bagi para peserta.

Selain itu, pengguna kartu prakerja akan mendapatkan fasilitas survei kerja senilai Rp 150 ribu, yang dibayarkan kepada lembaga pelatihan.

Program ini ditujukan untuk pekerja atau pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang mengalami kesulitan usaha di tengah pandemi Corona. Kartu prakerja diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mengurangi beban hidup pekerja.

Setelah berjalan lebih dari satu tahun terakhir, kini program kartu prakerja telah memasuki gelombang ke-21.

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 21 telah dibuka mulai Kamis (16/9) pukul 12.00 WIB. Pada gelombang ini, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 754.929 peserta.

Berikut cara daftar Prakerja Gelombang 21 di laman prakerja.go.id.

1. Cara Membuat Akun Kartu Prakerja

  • Kunjungi laman https://dashboard.prakerja.go.id/
  • Pilih menu "Buat Akun"
  • Masukan alamat email yang masih aktif beserta password, lalu klik "Daftar"
  • Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi via email
  • Kemudian, buka email Anda dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan
  • Setelah itu, maka pendaftaran akun prakerja Anda telah berhasil.

2. Cara Login Kartu Prakerja

  • Buka laman resmi Prakerja
  • Klik "Masuk" pada halaman depan
  • Masukkan email dan password akun yang sudah Anda daftarkan, kemudian klik "Masuk".

Cara Daftar Kartu Prakerja

  • Setelah berhasil login di laman Prakerja, Anda akan masuk ke dashboard akun
  • Kemudian, pada bagian verifikasi KTP, isi nomor induk kartu (NIK), nomor kartu keluarga (KK) dan tanggal lahir, selanjutnya klik "Lanjutkan"
  • Lengkapi data diri dan pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai
  • Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id
  • Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP Anda berjalan lancar
  • Pastikan Anda mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera handphone alias ponsel
  • Jika data yang Anda masukkan sudah sesuai, langkah berikutnya verifikasi nomor handphone dan klik "Kirim"
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda, klik Verifikasi. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda sampai selesai, jika sudah klik "Oke"
  • Berikutnya, Anda wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar, lalu klik "Mulai Tes Sekarang"
  • Setelah mengisi tes, hasilnya akan dievaluasi
  • Pendaftaran Anda sedikit lagi selesai dan tinggal mengikuti seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik "Gabung"
  • Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik "Ya, Gabung"
  • Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik "Saya Menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya
  • Tahap pendaftaran Anda selesai, dan tunggu pendaftaranmu dievaluasi
  • Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan Gelombang. Jika Anda belum lolos, Anda bisa mengikuti Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun Anda.
    PROGRAM KARTU PRAKERJA LANJUT DI 2021
    PROGRAM KARTU PRAKERJA LANJUT DI 2021 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Setelah terdaftar, peserta yang lolos wajib mengikuti beberapa tahapan seleksi sebagai berikut.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tahapan selanjutnya adalah mengikuti seleksi melalui tes motivasi dan kemampuan dasar, yang bersifat wajib dengan durasi maksimal 25 menit. Peserta dapat menggunakan alat bantu seperti kertas, pensil dan/atau pulpen untuk menyelesaikan soal-soal tes.

Pastikan peserta berada di lingkungan yang kondusif dan memiliki jaringan internet stabil untuk menunjang kelancaran pengerjaan. Setelah melakukan pendaftaran dan menyiapkan keperluan tes, peserta dapat klik tombol "Mulai Sekarang" untuk memulai pengerjaan tes. Setelah selesai mengerjakan, hasil tes akan dievaluasi, maksimal lima menit. Selanjutnya, peserta akan diarahkan ke tahap seleksi gelombang.

Seleksi Gelombang

Tahapan pendaftaran yang terakhir adalah mengikuti seleksi gelombang. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti, yaitu:

  • Pilih gelombang yang sesuai dengan domisili, lalu klik "Gabung".
  • Dalam "Daftar Gelombang", peserta dapat melihat domisili dan lama waktu pendaftaran. Pastikan peserta melakukan pendaftaran sebelum gelombang ditutup.
  • Selanjutnya, konfirmasi pilihan. Bila sudah sesuai, klik “Ya, Gabung”.
  • Lalu, muncul "Persetujuan Prakerja" yang berisi beberapa pernyataan. Klik “Saya Menyetujui” untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  • Tahap seleksi gelombang selesai. Silakan tunggu evaluasi dan pengumuman.

Pada saat pengumuman seleksi gelombang, peserta melakukan login, kemudian cek dashboard. Jika lolos seleksi, maka peserta akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Setelah itu, peserta dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun masing-masing. Bagi peserta yang tidak lolos, pada dashboard akun Kartu Prakerja akan muncul notifikasi berisi “Kamu Belum Berhasil”.

Peserta dapat melihat alasan tidak lolos melalui dashboard akun masing-masing. Beberapa alasan peserta belum lolos umumnya seperti, kuota gelombang yang dipilih penuh atau NIK terdeteksi sebagai penerima subsidi BPJS Ketenagakerjaan sehingga tidak memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja.

Jangan berkecil hati apabila belum lolos, peserta dapat mencoba kembali di gelombang selanjutnya apabila kembali dibuka. Anda bisa memantau selalu informasinya dari halaman resmi Kartu Prakerja.

Bantuan Biaya Pelatihan

Bantuan biaya pelatihan melalui Kartu Prakerja hanya diberikan satu kali, karena Kartu Prakerja hanya dapat diikuti sekali seumur hidup. Peserta yang lolos menjadi penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Saldo bantuan pelatihan dapat dicek pada dashboard akun peserta.

Peserta dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di platform digital yang resmi bekerja sama seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, MauBelajarApa, Sisnaker, dan Pijar Mahir. Tersedia beragam jenis pelatihan, mulai dari keterampilan teknis hingga cara memulai dan membangun usaha.

Beberapa pilihan lain yang bisa dipilih adalah cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, menjadi pelatih kebugaran, berjualan secara online, kursus bahasa, menjadi fotografer, keterampilan perawatan kecantikan, menguasai aplikasi komputer, dan lain-lain. Jenis-jenis pelatihan dapat dilihat melalui situs platform digital.

Peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan sertifikat yang nantinya dapat digunakan sebagai materi pendukung ketika mencari pekerjaan.

Insentif Kartu Prakerja

Bagi peserta yang lolos, insentif akan diberikan secara non-tunai dengan cara transfer ke rekening bank atau akun e-wallet yang telah didaftarkan. Pencairan insentif ke rekening atau e-wallet membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun peserta. Insentif terdiri dari dua jenis:

Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600 ribu perbulan selama empat bulan.
Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50 ribu per survei.

Peserta bebas menggunakan insentif untuk apa saja. Dana insentif dapat digunakan untuk meringankan biaya pelatihan, seperti makan, transportasi, dan pulsa. Selain itu, insentif juga dapat meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Kriteria Penerima Prakerja

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas
  • Masih bekerja/tidak bekerja, terkena PHK, atau baru lulus kuliah dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal atau aktif sekolah/aktif kuliah
  • Tidak menerima bantuan sosial lain dari pemerintah seperti subsidi gaji, bantuan yang terdaftar dalam DTKS Kementerian Sosial, atau BLT UMKM
  • Bukan anggota TNI/POLRI, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD, serta perangkat desa.
  • Peserta yang diterima maksimal 2 orang dalam 1 Kartu Keluarga (KK).

Demikian beberapa tahapan yang perlu diketahui dan diikuti saat melakukan pendaftaran kartu prakerja.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait