Pendaftaran Gelombang 21 Dibuka, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja

Image title
17 September 2021, 14:15
Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja miliknya usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Setelah membuka 11 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja dengan 5,9 juta peserta dan total a
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja miliknya usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Setelah membuka 11 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja dengan 5,9 juta peserta dan total anggaran Rp20 triliun, pemerintah memastikan program Kartu Prakerja berlanjut pada 2021 dengan syarat penerima manfaat pada 2020 tidak bisa lagi ikut serta.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini didesain sebagai produk dan dikemas agar memberikan nilai bagi pengguna, sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalur penyalurannya dilakukan secara digital melalui marketplace untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Advertisement

Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah dan swasta. Program tersebut telah berlangsung sejak April 2020 untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19

Pengguna kartu prakerja akan mendapatkan pembiayaan untuk pelatihan skilling (kemampuan), upskilling (peningkatan kemampuan), dan reskilling (penggantian kemampuan).

Bantuan pembiayaan pelatihan mencapai Rp 1 juta per orang dan akan dibayarkan langsung kepada lembaga pelatihan. Kemudian, pengguna kartu prakerja akan mendapatkan insentif langsung Rp 600 ribu per bulan yang berlangsung selama empat bulan. Insentif tersebut ditujukan sebagai uang saku bagi para peserta.

Selain itu, pengguna kartu prakerja akan mendapatkan fasilitas survei kerja senilai Rp 150 ribu, yang dibayarkan kepada lembaga pelatihan.

Program ini ditujukan untuk pekerja atau pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang mengalami kesulitan usaha di tengah pandemi Corona. Kartu prakerja diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mengurangi beban hidup pekerja.

Setelah berjalan lebih dari satu tahun terakhir, kini program kartu prakerja telah memasuki gelombang ke-21.

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 21 telah dibuka mulai Kamis (16/9) pukul 12.00 WIB. Pada gelombang ini, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 754.929 peserta.

Berikut cara daftar Prakerja Gelombang 21 di laman prakerja.go.id.

1. Cara Membuat Akun Kartu Prakerja

  • Kunjungi laman https://dashboard.prakerja.go.id/
  • Pilih menu "Buat Akun"
  • Masukan alamat email yang masih aktif beserta password, lalu klik "Daftar"
  • Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi via email
  • Kemudian, buka email Anda dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan
  • Setelah itu, maka pendaftaran akun prakerja Anda telah berhasil.

2. Cara Login Kartu Prakerja

  • Buka laman resmi Prakerja
  • Klik "Masuk" pada halaman depan
  • Masukkan email dan password akun yang sudah Anda daftarkan, kemudian klik "Masuk".

Cara Daftar Kartu Prakerja

  • Setelah berhasil login di laman Prakerja, Anda akan masuk ke dashboard akun
  • Kemudian, pada bagian verifikasi KTP, isi nomor induk kartu (NIK), nomor kartu keluarga (KK) dan tanggal lahir, selanjutnya klik "Lanjutkan"
  • Lengkapi data diri dan pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai
  • Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email [email protected]
  • Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP Anda berjalan lancar
  • Pastikan Anda mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera handphone alias ponsel
  • Jika data yang Anda masukkan sudah sesuai, langkah berikutnya verifikasi nomor handphone dan klik "Kirim"
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda, klik Verifikasi. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda sampai selesai, jika sudah klik "Oke"
  • Berikutnya, Anda wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar, lalu klik "Mulai Tes Sekarang"
  • Setelah mengisi tes, hasilnya akan dievaluasi
  • Pendaftaran Anda sedikit lagi selesai dan tinggal mengikuti seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik "Gabung"
  • Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik "Ya, Gabung"
  • Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik "Saya Menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya
  • Tahap pendaftaran Anda selesai, dan tunggu pendaftaranmu dievaluasi
  • Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan Gelombang. Jika Anda belum lolos, Anda bisa mengikuti Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun Anda.
    PROGRAM KARTU PRAKERJA LANJUT DI 2021
    PROGRAM KARTU PRAKERJA LANJUT DI 2021 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Setelah terdaftar, peserta yang lolos wajib mengikuti beberapa tahapan seleksi sebagai berikut.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tahapan selanjutnya adalah mengikuti seleksi melalui tes motivasi dan kemampuan dasar, yang bersifat wajib dengan durasi maksimal 25 menit. Peserta dapat menggunakan alat bantu seperti kertas, pensil dan/atau pulpen untuk menyelesaikan soal-soal tes.

Pastikan peserta berada di lingkungan yang kondusif dan memiliki jaringan internet stabil untuk menunjang kelancaran pengerjaan. Setelah melakukan pendaftaran dan menyiapkan keperluan tes, peserta dapat klik tombol "Mulai Sekarang" untuk memulai pengerjaan tes. Setelah selesai mengerjakan, hasil tes akan dievaluasi, maksimal lima menit. Selanjutnya, peserta akan diarahkan ke tahap seleksi gelombang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement