Daftar Air Terjun Tertinggi di Indonesia Ini Layak Disambangi

Dwi Latifatul Fajri
12 Januari 2022, 18:39
Air Terjun Tertinggi Di Indonesia
instagram.com/airterjunmadakaripura
Air Terjun Terindah Di Indonesia

Air terjun tertinggi di Indonesia menjadi salah satu pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi, Tanah Air memang dikenal memiliki beragam wisata alam seperti pantai, pegunungan, dan kebun yang menghadirkan pemandangan alam menawan.

Selain pantai dan gunung, Indonesia memiliki air terjun populer di beberapa daerah. Pilihan air terjun tertinggi di Indonesia juga bisa menjadi alternatif tujuan liburan Anda. Di mana, air segar dari pegunungan atau bermain di sekitar air terjun bisa Anda nikmati selama liburan. Pemandangan alam tersebut juga bisa memanjakan mata, karena air terjun umumnya dekat dengan perbukitan atau hutan.

Air Terjun Tertinggi di Indonesia

1. Air Terjun Sigura-Gura

Mengutip buku 71 keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui, salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yaitu air terjun Sigura-gura. Ketinggiannya mencapai 250 meter. Air terjun Sigura-gura berada 250 kilometer dari kota Medan, Sumatera Utara.

Wilayah air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air, alias PLTA. Jika Anda berkunjung, maka Anda bisa menemukan generator PLTA Sigura-gura untuk kebutuhan listrik masyarakat sekitar.

2. Air Terjun Madakaripura

Berdasarkan ketinggiannya, Madakaripura menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, tepatnya pada peringkat kedua, dengan ketinggian 200 meter. Lokasi air terjun ini berada di dusun Branggah, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini berada di ujung lembah sempit, di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawasan wisata ini juga menghadirkan pemandangan menakjubkan sungai kecil, perbukitan, dan pohon-pohon yang tumbuh di sekitar sungai.

Area air terjun ini memiliki gua yang tingginya kurang lebih 200 meter dan luasnya 25 meter. Bentuk air terjun melingkar, sehingga ada empat air terjun yang bentuknya seperti rongga. Wisatawan perlu berhati-hati karena area batu yang licin.

Air Terjun Terindah di Indonesia

Indonesia memiliki air terjun yang berada di pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Hampir semua pulau di negara ini memiliki air terjun yang menakjubkan. Berikut daftar air terjun terindah di Indonesia, mengutip dari Destinasian.com:

1. Air Terjun Nokan Lonanyan, Kalimantan Barat

Air terjun ini berada di desa Nanga, Menantak, Kabupaten Sintang. Nokan Lonayan merupakan air terjun yang indah di pulau Kalimantan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 180 meter. Untuk mencapai air terjun, wisatawan melakukan perjalanan ke desa Menatak dan jasa perahu.

2. Air Terjun Cileat, Jawa Barat

Air terjun ini berada di daerah Subang yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Letak Curug Cileat berada di kawasan gunung Canggah. Kata Cileat sendiri berasal dari bahasa Sunda tiporeat yang artinya terjatuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...