9 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Menakjubkan

Siti Nur Aeni
12 Januari 2022, 15:30
9 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Menakjubkan
ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Hutching
Seorang pengunjung mengambil gambar dengan latar Air Terjun Victoria di Zimbabwe, 17 Januari 2019. Air Terjun Victoria mengalami debit air terendah akibat kemarau panjang.

Air terjun menjadi salah satu pilihan tempat wisata alam yang banyak diminati. Seperti namanya, tempat ini merupakan air yang turun dari ketinggian sehingga menghasilkan pemandangan dan suara yang indah.

Di bawah air terjun biasanya ada sungai yang akan mengalir ke dataran rendah. Biasanya air terjun berada di dataran tinggi dengan suasana yang sejuk. Air terjun sangat berhubungan dengan ketinggian, beberapa di antaranya bahkan menjadi air terjun tertinggi di dunia.

Advertisement

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar air terjun tertinggi, simak penjelasan berikut.

Air Terjun Tertinggi di Dunia

1. Angel Falls

Angel Falls atau Air Terjun Bidadari berada di Venezuela. Air ini ada memiliki ketinggian sekitar 3.212 kaki atau 979 meter. Dari ketinggiannya ini, UNESCO menjadikan Angel Falls sebagai situs warisan dunia pada tahun 1994.

Selain ketinggiannya yang menyita banyak perhatian, Angel Falls juga memiliki aliran air yang deras dan mengalir ke Sungai Churun. Masyarakat setempat sering menyebut Angel Falls sebagai el Salto Angel. Penamaan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pilot yang menemukan lokasi air terjun ini.

Angel Falls ini dijadikan tempat wisata pertama kali pada 1962. Meskipun demikian, ekosistem di sekitar air terjun tersebut masih terjaga dengan baik.

2. Air Terjun Tugela

Air terjun terbesar di dunia yang kedua yaitu Tugela Falls. Air terjun ini memiliki ketinggian 948 meter. Letak Tugela Falls ini ada di Afrika Selatan. Air terjun ini memiliki debit air yang deras, apalagi saat musim hujan.

Tugela Falls semakin menarik setelah hujan sebab ketika hujan reda maka akan muncul pantulan cahaya matahari dari air terjun ini. Selain itu, Tugela Falls juga memiliki dinding yang indah.

3. Air Terjun Utigard

Air terjun tertinggi selanjutnya yaitu Utigard Falls yang ada di Norwegia tepatnya di Sogn, Oq Fjordane Stryn. Ketinggian air terjun ini sekitar 818 meter. Utigard Falls merupakan air terjun ini yang belum masuk dalam daftar penggunaan hidroelektrik di negara tersebut.

4. Air Terjun Monge

Monge Falls juga termasuk dalam kelompok air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini mempunyai ketinggian 2.540 kaki atau 744 meter. Sama seperti Utigard Falls, Air Terjun Monge juga ada di Norwegia.

Air di Monge Falls saat ini sudah tidak sederas dahulu. Air yang ada sebagian telah dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Sehingga saat musim kemarau tiba, Monge Falls tidak mengeluarkan air sedikitpun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement