Pesona Wisata Alam di Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Siti Nur Aeni
25 Agustus 2021, 09:00
Pesona air terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur
instagram.com/airterjunmadakaripura
Pesona air terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur

Air terjun selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Di Indonesia, wisata air terjun sangat banyak. Hampir setiap daerah memiliki air terjun dengan keunikannya masing-masing. Umumnya, air terjun di daerah pegunungan bukan hanya menampilkan pemandangan indah, juga menyimpan cerita sejarah.

Air terjun Madakaripura yang berada di Probolinggo merupakan salah satu destinasi andalan di daerah tersebut. Selain indah, air terjun ini juga memiliki kisah dan mitos yang seringkali membuat pengunjungnya penasaran. Bagaimana kisah di balik keindahan air terjun tersebut, berikut ini ulasannya.

Mitos dan Sejarah Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura ini ternyata sangat berakaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Sosok Patih Gajah Mada yang menyatukan nusantara di bawah Majapahit disebut-sebut menjadi sosok di balik cerita bersejarah air terjun ini. Mengutip dari laman nativeindonesia.com, nama Madakaripura diambil dari tiga kata, Mada yang merupakan nama gajah, Kari berarti peninggalan, dan Pura bermakna sembahyang atau semedi. Maka arti nama tersebut secara utuh yakni gajah yang meninggal saat sedang sembahyang.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa air terjun ini merupakan tempat terakhir yang disinggahi oleh Patih Gajah Mada. Patih tersebut bersemedi di tempat ini hingga akhirnya meninggal di tempat tersebut. Cerita tersebut dikuatkan dengan adanya arca Mahapatih Gajah Mada yang berada di sekitar tempat parkir dan menjadi ikon bagi tempat wisata ini.

Air terjun ini dipercaya sebagai air terjun abadi karena tidak pernah mengalami kekeringan. Madakaripura memiliki kekuatan cerita rakyat dan mitos tersendiri dan setiap wisatawan yang datang ke tempat ini sangat disarankan untuk menghargai mitos yang berkembang. Salah satu mitos yang sangat kuat yaitu terkait larangan untuk beriwisata melewati pukul dua siang.

Warga sekitar percaya, jika berwisata lebih setelah jam dua siang maka akan turun hujan lebat secara tiba-tiba. Curah air hujan yang tinggi bisa mempengaruhi debit air di sana. Hal ini tentu sangat berbahaya. Mitos lain yang juga berkembang yaitu air dari Madakaripura disebut-sebut bisa membuat awet muda. Namun cerita tersebut hanyalah mitos.

Pesona Air Terjun Madakaripura

Selain memiliki sejarah dan mitos yang kental, air terjun Madakaripura juga memiliki pesona yang yang membuat siapa saja berdecak kagum. Masih melansir dari nativeindonesia.com, beberapa data tarik yang coba ditawarkan dari wisata alam ini antara lain:

1. Tinggi air terjun 1000 mdpl

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 1000 mdpl yang membuatnya terasa sejuk dan teduh. Tingginya air terjun ini membuat suara gemricik yang menenangkan. Bagi anda yang ingin sejenak rehat dari rutinitas sehari-hari, lokasi wisata ini juga cocok untuk relaksasi.

2. Terdapat gua

Di area air terjun ini juga ada gua yang memiliki ketinggian kurang lebih 200 m dan luas kurang lebih 25 m. Air terjun ini bentuknya melingkar dan ada empat air terjun yang salah satunya memiliki bentuk seperti rongga. Menurut masyarakat sekitar rongga yang ada di air terjun ini merupakan tempat moksa Patih Gajah Mada.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...