Portofolio Adalah Kumpulan Hasil Karya, Berikut Fungsi dan Tipsnya

Portofolio adalah sekumpulan hasil karya atau pekerjaan yang dibuat oleh seseorang. Tujuannya untuk memberi kesan profesional. Berikut fungsi dan cara membuat portofolio yang menarik.
Image title
13 Januari 2022, 15:16
portofolio adalah
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Pengunjung memotret lukisan saat pembukaan Pameran Refleksi Akhir Tahun di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (24/12/2020). Pameran seni rupa dan fotografi karya 22 perupa dan 6 fotografer tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Dalam dunia kerja, Anda mungkin sering mendengar istilah “portofolio”. Dokumen ini terbilang penting karena bisa membuat Anda terlihat lebih profesional.

Portofolio adalah salah satu dokumen yang sebaiknya dicantumkan saat Anda ingin melamar pekerjaan. Biasanya portofolio merupakan kumpulan karya yang sudah Anda buat sebelumnya.

Untuk membuat portofolio yang bisa meningkatkan peluang seseorang diterima kerja sebenarnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu portofolio, fungsi portofolio dan tips membuatnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang portofolio dan cara membuatnya.

Advertisement

Pengertian Portofolio

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), portofolio merupakan tas yang dipakai untuk menyimpan surat-surat. Namun dalam arti luas, portofolio adalah sekumpulan karya, skill, pendidikan, hingga pengalaman kerja seseorang.

Menurut Clarke University, portofolio adalah kumpulan  materi yang menunjukkan keyakinan, keterampilan, kualifikasi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman seseorang. Dokumen ini akan memberikan wawasan tentang kepribadian dan etos kerja dia saat melamar kerja.

Selain penjelasan di atas, ada beberapa definisi lain yang bisa menjabarkan apa itu portofolio. Dilansir dari Forbes, dalam dunia ekonomi tepatnya pada investasi saham, portofolio adalah kumpulan aset saham dan obligasi, real estat atau bahkan cryptocurrency yang dimiliki oleh satu orang atau entitas.

Portofolio adalah salah satu konsep paling dasar dalam investasi dan keuangan. Ini adalah istilah yang dapat memiliki berbagai arti, tergantung pada konteksnya. Hal itu pun berlaku pada makna portofolio dalam dunia kerja.

Dari semua penjelasan di atas, singkatnya pengertian portofolio adalah sekumpulan hasil pekerjaan yang sudah dibuat seseorang yang tujuannya untuk meningkatkan profesionalitas. Kata portofolio bisa diartikan lain tergantung pada konteksnya.

Fungsi dan Manfaat Portofolio

Tujuan dibuatnya portofolio adalah untuk meyakinkan seseorang (contohnya pihak recruiter), agar mengetahui informasi seputar skill dan kemampuan yang Anda miliki. Portofolio umumnya dicantumkan berbarengan dengan dokumen lain seperti surat lamaran kerja, curriculum vitae (CV), dan sebagainya.

Fungsi portofolio adalah untuk menunjukan diri Anda agar terlihat lebih profesional. Selengkapnya, berikut fungsi portofolio menurut situs Glints.com:

Membangun Personal Branding

Personal branding sangat penting dilakukan oleh seseorang. Salah satunya yaitu dengan menampilkan hasil karya melalui portofolio.

Bentuk portofolio adalah sekumpulan hasil kerja yang sudah pernah Anda buat sebelumnya. Anda bisa mengunggahnya dalam sebuah website atau akun media sosial yang bisa mendukung personal branding.

Ambil contoh, jika Anda memiliki hobi fotografi maka hasil karya dari jepretan kamera Anda bisa diunggah dan disatukan dalam akun media sosial Instagram. Usahakan agar foto tersebut adalah karya terbaik Anda.

Menunjukan Profesionalitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, portofolio adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menunjukan diri Anda profesional dalam bidang yang tengah digeluti.

Dikutip dari Career Hub, agar portofolio terkesan lebih profesional, Anda bisa mengunggahnya dalam sebuah halaman website. Ini akan menjadi nilai plus bagi diri Anda karena sudah menunjukan hasil pencapaian melalui portofolio.

Refleksi Diri

Salah satu fungsi portofolio adalah sebagai bentuk atau sarana refleksi diri. Sebab, semakin sering Anda mengunggah hasil karya, maka secara tidak sadar Anda akan lebih memahami tentang diri sendiri. Khususnya dalam hal skill dan kemampuan.

Membuka Peluang untuk Berjejaring

Portofolio memiliki banyak kegunaan yang bisa Anda rasakan. Misalnya, membuka peluang bagi Anda untuk berjejaring dengan orang lain dalam bidang pekerjaan yang sama.

Manfaat lain portofolio adalah membuat Anda semakin mudah mendapatkan seorang klien. Jika Anda merupakan pekerja lepas atau freelancer, maka buatlah portofolio yang bagus dan semenarik mungkin.

Mengeksplorasi Kreativitas

Di satu sisi portofolio bisa menunjukan kinerja Anda dalam berbagai hal. Namun ternyata, menyusun portofolio bisa mengasah kreativitas yang Anda miliki.

Saat seseorang tertarik dengan portofolio Anda, maka itu menjadi pertanda bahwa Anda sudah mampu untuk “memamerkan” diri. Ini menjadi penting, karena hal tersebut yang sangat Anda butuhkan ketika hendak melamar pekerjaan.

Tips Membuat Portofolio

Ada banyak cara untuk membuat sebuah portofolio yang bisa menarik dan menggugah perhatian pihak recruiter saat Anda melamar kerja. Dihimpun dari The Muse dan sumber lainnya, berikut tips membuat portofolio:

  • Apa yang Ingin Anda Pamerkan?

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah, mencari tahu apa saja yang ingin orang lain lihat dari diri Anda. Misalnya jika Anda ingin menunjukan karya visual seperti desai logo, maka cantumkan sejumlah karya terbaik Anda di dalam portofolio.

Jika Anda belum memiliki daftar induk atau kumpulan karya, mulailah dengan membuatnya. Kemudian beri peringkat proyek dalam hal seberapa mengesankannya dan pilih 10-20 teratas. Atau cari beberapa proyek yang masing-masing memamerkan keterampilan yang berbeda.

  • Jadi Diri Sendiri dan Tetap Sederhana

Usahakan agar mencantumkan hasil karya yang memang dikerjakan oleh Anda. Hal ini penting dipahami, supaya portofolio yang dibuat memang menjelaskan siapa Anda dengan data yang relevan.

Selain itu, buatlah portofolio yang sederhana namun tetap terkesan elegan. Cara ini akan membuat Anda terlihat lebih menarik.

  • Pilih Platform yang Sesuai

Sebelum membuat portofolio, ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Yakni pilihlah media atau sarana untuk memamerkan hasil kerja Anda. Misalnya memilih situs website tertentu atau melalui unggahan di akun sosial media milik Anda.

  • Update Hasil Karya 

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka hal yang perlu Anda coba adalah memperbarui hasil karya Anda. Jika karya yang diunggah adalah hasil pekerjaan terbaru, besar kemungkinan portofolio tersebut akan terlihat sangat profesional.

Demikian ulasan tentang pengertian portofolio, fungsi portofolio, dan tips membuat portofolio. Dalam dunia kerja portofolio adalah dokumen yang berisi tentang hasil pekerjaan atau karya yang sudah dibuat oleh seseorang. Tujuan utamanya yaitu untuk meyakinkan bahwa dia merupakan orang kredibel dan profesional di bidangnya.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait