Kliping Adalah Potongan Artikel dalam Satu Tema, Ini Penjelasannya

Kliping adalah suatu aktivitas pengumpulan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping.
Image title
26 Januari 2022, 23:47
Ilustrasi membuat kliping unik. Kliping adalah suatu aktivitas pengumpulan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping.
unspalsh.com
Ilustrasi membuat kliping unik

Tugas membuat kliping sudah menjadi bagian pembelajaran sejak di bangku sekolah. Bahkan, kegiatan kliping  juga sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, dengan tujuan sekadar koleksi resep dari media cetak seperti majalah ataupun koran. Dengan demikian, aktivitas membuat kliping bukan lagi hal yang asing dilakukan masyarakat.

Kegiatan kliping adalah suatu aktivitas mengumpulkan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel beserta gambar dari surat kabar, majalah, maupun dari sumber lainnya yang mendukung proses pembuatan kliping. Tujuannya, sebagai bagian dari dokumentasi

Kliping adalah produk atau karya berisi potongan artikel beserta gambar. Dalam sebuah kliping berisikan tema yang sama, misalanya kliping resep masakan maka artikel dan gambar di dalamnya membahas tentang resep masakan.

Tata Cara Membuat Kliping

Ada beragam bahan yang bisa digunakan untuk membuat aneka kliping. Umumnya kliping adalah kepingan atau potongan dari media cetak seperti majalah, surat kabar ataupun media cetak lainnya, namun dengan berkembangnya media elektronik seperti internet kebanyakan orang beralih untuk mencari bahan dari internet. Sekarang tidak sedikit tugas-tugas dari sekolah maupun perguruan tinggi yang mengambil sumber dari internet, entah itu kliping ataupun makalah.

Advertisement

Sejatinya manfaat kliping sangat beraneka ragam. Kliping adalah kegiatan yang bisa memicu otak dan melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka. Dalam pembuatan kliping juga siswa akan belajar mencari bahan-bahan yang relevan dari sumber-sumber berbeda, sehingga ketika di perguruan tinggi mereka tidak keteteran dengan tugas-tugas seperti itu.

Tentunya, manfaat kliping akan berbeda dari setiap latar belakang yang juga bermacam-macam. Dari pelajar yang membuat kliping bertujuan untuk memenuhi tugas sekolahnya, ibu-ibu rumah tangga membuat kliping untuk keperluan masaknya, dan para pembisnis membuat kliping untuk keperluan usahanya.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kliping, dikutip dari situs Pinhome.id, antara lain:

1. Pra pembuatan kliping, Anda harus menentukan tema yang akan diambil dalam sebuah kliping terlebih dahulu. Hal ini dapat dilihat dari tema kliping yang diambil adalah bidang pertanian, maka isi seluruh kliping membahas masalah pertanian jangan memasukan artikel yang tidak setema dalam satu kliping.

2. Proses pencarian bahan kliping, menjadi hal penting kedua. Bahan-bahan kliping mudah didapatkan dari media cetak seperti surat kabar, majalah, ataupun media lainnya seperti internet. Untuk media internet sebaiknya dicetak terlebih dahulu, agar kliping terlihat menarik.

3. Disarankan bahwa bahan-bahan yang diambil dari media cetak dari tahun-tahun lalu sampai yang terbaru, jika memang di media cetak tidak terdapat artikel yang relevan maka boleh mencari di internet. Namun untuk keseluruhan kliping disarankan jangan seluruhnya mengambil dari internet.

4. Apabila bahan kliping telah terkumpul, maka berikutnya adalah menyiapkan alat-alat seperti gunting penggaris, dan juga lem. Bila Anda ingin menghias kliping siapkan juga hiasan aksesoris untuk menghiasi kliping.

5. Dalam proses pengguntingan bahan kliping, yang perlu dipersiapkan adalah beberapa lembar kertas HVS atau Folio yang Anda butuhkan lalu buatkan jilid. Selain menjilid kertas HVS atau Folio bisa juga dengan menggunakan buku tulis atau buku gambar.

6. Selanjutnya, pilih bahan yang akan digunting, lalu tempelkan bahan tadi dengan lem ke lembaran kertas HVS. Lakukan hal yang sama pada lembaran HVS berikutnya.

7. Saat penempelan artikel dilakukan, maka proses penyusunan harus dilakukan secara sistematis. Hal itu dapat dimulai dari tanggal sampai dengan tahun terbitnya, sehingga kelihatan lebih rapi dan menarik. Jangan lupa tempelkan pula sumber artikel entah itu surat kabar ataupun internet.

8. Agar lebih rapi, setiap lembaran HVS sisakan satu atau dua lembar di halaman depan untuk membuat daftar isi, selain itu beri nomor halaman di footer HVS agar pembaca dengan mudah menemukan halaman yang sesuai dengan daftar isi.

Aneka Kliping dan Cara Membuatnya

1. Kliping Sekolah

Untuk membuat kliping sekolah dapat dilakukan dengan sebagai berikut:

  • Pertama siapkan beberapa lembar kertas notebook standar.
  • Kemudian siapkan bahan-bahannya. Ambil contoh, kalau Anda bisa menggunting beberapa bagian pada dokumen album foto semasa sekolah.
  • Setelah itu, Anda bisa membuat bingkai dari kertas warna-warni sebagai penghias.
  • Berikutnya, tempelkan potongan-potongan tersebut pada lembaran kertas notebook tadi.
  • Susun sesuai kreativitas Anda.

2. Kliping Mini dalam Buku

Cara mudah dalam melakukan kliping dengan memadukan buku berukuran mini pada sebuah kliping. Caranya, sediakan area pada kertas kosong (sebelum ditempel potongan lainnya) untuk menambah beberapa album foto yang sudah dibuat menjadi album mini.

Setelah itu, gunakan sampul kertas kaku bersama dengan benda lainnya (sesuai selera Anda). Ini akan memberi kesan sampul keras yang mewah pada album mini tersebut. Langkah selanjutnya, masukan potongan bagian lain sebagai pelengkap.

Anda bisa menambahkan potongan-potongan berita inspiratif atau apapun yang menarik, pada surat kabar dan majalah lama di rumah Anda.

3. Kliping Monogram

Kliping ini memiliki ciri corak dengan kertas berwarna abu-abu, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kliping monogram, antara lain:

  • Siapkan bahan dan potong dengan gunting. Atur bentuknya sesuai keinginan Anda.
  • Sebelum ditempel, mulailah membuat sampul kliping Anda dengan berlapis kain.
  • Sesuaikan dengan sentuhan dekoratif. Misalnya, menutupi halaman kosong menggunakan kertas berpola dan menambahkan monogram logam ke sampulnya.
  • Setelah itu, tampilan kliping Anda akan menjadi lebih menarik.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait