7 Orang Tertinggi di Dunia Sepanjang Sejarah

Robert Wadlow adalah orang tertinggi di dunia sepanjang sejarah. Tinggi Robert mencapai 2,72 meter. Selain Robert Wadlow, berikut daftar manusia tertinggi di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
9 Februari 2022, 23:50
Orang Tertinggi di Dunia
alltopeverything.com/ Paille / Flickr
Manusia Tertinggi di Dunia Sepanjang Sejarah

Setiap orang memiliki keunikan dalam dirinya seperti bentuk badan, tinggi badan, wajah, berat badan, dan masih banyak lagi. Salah satu keunikan manusia adalah tinggi badan yang berbeda dari orang lain.

Orang tertinggi di dunia sepanjang sejarah adalah Robert Wadlow. Pria kelahiran Amerika Serikat ini memiliki tinggi 2,72 meter (8 kaki 11 inchi). Wadlow lahir pada 22 Februari 1918, di Alton sebuah kota kecil di Illinois, Amerika Serikat.

Memiliki tinggi diatas manusia, Wadlow membutuhkan penyangga untuk menekan kedua kakinya. Mengutip dari Guinnessworldrecords.com, Wadlow meninggal dunia pada 15 Juli 1940. Dia meninggal di usia 22 tahun karena infeksi pergelangan kaki. 

Dokter yang memeriksa Robert Wadlow menemukan penyakit yang dideritanya. Wadlow menderita gigantisme hipofisis yang membuat ukuran tubuhnya bertambah tinggi. Penyebabnya karena hiperplasia kelenjar pituitari. Kelenjar itu dapat meningkatkan hormon pertumbuhan manusia menjadi sangat tinggi.

Advertisement

Daftar Orang Tertinggi di Dunia

1. Robert Wadlow

Robert Wadlow
Robert Wadlow (alltopeverything.com)

 

Memiliki tinggi 2,72 meter, Robert Wadlow mencetak rekor Guinnes World Record yang diresmikan pada 1955. Tinggi di atas rata-rata membuat Wadlow populer di Amerika Serikat.

Dia mengikuti sirkus Ringling Brother dan mengikuti tur promosi. Robert Wadlow menyetujui mengikuti tur promosi karena dibuatkan sepatu gratis. Robert memiliki kaki sepanjang 47 cm yang lebih besar dari ukuran kaki normal.

2. John Rogan

Sebelum Robert Wadlow ada John Rogan yang memiliki tinggi 2,72 meter (8 kaki 11 inchi). Rogan lahir di tahun 1868, berkebangsaan Amerika. Rogan mengalami perubahan bentuk tubuh ketika usianya 13 tahun. Dia meninggal bulan September 1905 di usia 37 tahun karena komplikasi ankilosis. Penyakit ankilosis menyebabkan peradangan sendi, terutama sendi tulang belakang.

3. John Carrol

Pria berkebangsaan Amerika ini merupakan orang ketiga tertinggi sepanjang sejarah. Tinggi John mencapai 2,64 meter (8 kaki 8 inci). John lahir pada 1932, di Buffalo, New York.

Mengutip dari Alltopeverything.com, dia dikenal sebagai Buffalo Giant (Raksasa Buffalo). John menderita pembesaran abnormal di tangan dan kaki. Ketika usia 16 tahun, pertumbuhannya semakin cepat. Dia meninggal pada 1969 di rumah sakit Lackawanna, New York di usia 37 tahun.

4. Leonid Stadnyk

Leonid adalah pria tertinggi keempat di dunia, berkebangsaan Ukraina. Leonid memiliki tinggi 2,57 meter (8 kaki 5 inci). Dia sempat menjalani operasi otak di usia 13 tahun. Operasi tersebut untuk mengangkat tumor otak dan melepaskan hormon pertumbuhan yang tidak normal.

Leonid Stadnyk meninggal pada 24 Agustus 2014, di usia 44 tahun. Penyebab kematiannya karena pendarahan otak mendadak.

5. Trijntje Keever

Trijntje Keever
Trijntje Keever (alltopeverything.com)

 

Trijntje Keever merupakan wanita yang memiliki tinggi 2,54 meter (8 kaki 4 inci). Trintje lahir pada April 1616, di Belanda. Dia dibawa orang tuanya ke karnaval dan dikenal sebagai Gadis Besar dari Belanda. Trijntje Keever meninggal di usia 17 tahun, pada 2 Juli 1633. Dia meninggal karena penyakit kanker.

6. Vaino Myllyrinne

Vaino memiliki tinggi 2,51 meter, menjadi manusia tertinggi keenam. Vaino lahir tanggal 27 Februari 1909 di Finlandia. Tinggi Vaino terus bertambah seiring berjalannya waktu. Tinggi badan Vaino mencapai 253 cm di usia 21 tahun. Vaino meninggal dunia karena kanker pada 1963.

7. Edouard Beaupre

Edouard Beaupre
Edouard Beaupre (alltopeverything.com)

 

Edouard merupakan pria kebangsaan Kanada yang memiliki tinggi 2,51 meter. Dia dikenal sebagai pegulat raksasa bertubuh tinggi. Edouard meninggal karena tuberkulosis pada 1904.

Manusia Tertinggi di Indonesia

Mengutip dari Muri.org, Suparwono mencetak rekor sebagai orang tertinggi di Indonesia. Pria asal Tulang Bawang, Lampung ini memiliki tinggi 2,4 meter. Pengukuran rekor MURI tersebut dilakukan pada Desember 2009. Suparwono meninggal dunia pada 22 Februari 2012, di usia 26 tahun. Kematiannya diduga karena serangan jantung.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait