7 Patung Tertinggi di Indonesia, Mengagumkan dan Menarik Dikunjungi

Siti Nur Aeni
20 Januari 2022, 17:54
7 Patung Tertinggi di Indonesia, Mengagumkan dan Menarik Dikunjungi
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Ungasan, Badung, Bali.

Patung menjadi karya seni yang sering menjadi ikon di suatu daerah. Di negara kita juga terdapat beberapa bangunan yang tergolong sebagai patung tertinggi di Indonesia. Biasanya patung tersebut dibangun untuk mengingat peristiwa sejarah atau keperluan lain termasuk bentuk rasa syukur terhadap Tuhan.

Patung merupakan bangunan dengan daya tarik tersendiri, sehingga sering menjadi destinasi wisata. Selain bernilai seni, ukuran, dan ketinggian patung juga membuat banyak orang tertarik untuk datang berkunjung. Pada kesempatan kali ini,  katadata.co.id merangkum tujuh patung tertinggi di Indonesia, berikut daftarnya.

Advertisement

Daftar Patung Tertinggi di Indonesia

1. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Patung tertinggi di Indonesia yang pertama yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) dengan ketinggian 121 meter dan sayap yang melebar 64 meter. Patung ini merupakan perwujudan dari Dewa Wisnu sedang mengendarai burung garuda. Maka dari itu, patung ini bernama Garuda Wisnu Kencanya.

Letak patung ini ada di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Patung digagas oleh I Nyoman Nuarta ini dibangun selama 28 tahun.  

Di kurun waktu tersebut, pembangunan GWK sempat terhenti saat krisis moneter di tahun 1998. Pembangunan tersebut juga sempat mengalami kendala karena sebagian besar pemuka agama Hinda di Bali menolak patung besar ini. Mereka menganggap bahwa patung ini bisa mengganggu keseimbangan spiritual pulau Bali dan kurang etis untuk tempat wisata.

Walaupun demikian pembangaun tetap dilanjutkan hingga akhirnya masyarakat Bali beranggapan bahwa kehadiran GWK bisa membuat semakin banyak orang yang datang ke daerah mereka.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe, Jawa Timur

Patung tertinggi lainnya yang ada di Indonesia yaitu Monumen Jalesveva Jayamahe di Kota Surabaya, Jawa Timur. Patung ini memiliki tinggi mencapai 60,6 meter. Monumen ini menggambarkan prajurit TNI AL yang mengenakan seragam lengkap.

Monumen Jalesveva Jayamahe didirikan pada tahun 1993 oleh Pimpinan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Maritim Indonesia, lalu dilanjutkan oleh Laksamana TNI Muhamad Arifin dan dirancang oleh I Nyoman Nuarta.

Monumen ini tidak hanya menjadi bangunan ikonik namun juga menjadi mercusuar untuk kapal yang ada di sekitar lokasi tersebut.

3. Patung Yesus Memberkati, Sulawesi Utara

Kita mungkin mengenal patung Yesus tertinggi di dunia yang ada di Brazil, namun ternyata di Indonesia ada juga patung Yesus yang sangat tinggi. Di Manado, Sulawesi Utara terdapat Patung Yesus Memberkati dengan tinggi 50 meter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement