Daftar Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia yang Perlu Kita Ketahui

Siti Nur Aeni
20 Januari 2022, 13:05
Ilustrasi IQ Tertinggi
pixabay.com
Ilustrasi IQ Tertinggi

Intelligence quotient atau IQ adalah alat pengukur kecerdasan pada makhluk hidup. Tingkat IQ disetiap negara berbeda. Lantas negara manakah yang memiliki rata-rata IQ tertinggi? Termukan jawabannya di bawah ini.

Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia

Berdasarkan penjelasan di  Word Population Review, IQ berkaitan dengan kualitas pendidikan di sebuah negara. Tak hanya itu, IQ disebut negara juga merupakan pencerminan dari fasilitas dan sumber daya yang ada di negara tersebut.

Adapun negara-negara dengan IQ tertinggi sebagai berikut:

1. Singapura

Negara IQ tertinggi di dunia yang pertama yaitu Singapura. Negara ini memiliki skor rata-rata IQ 107,1 dengan jumlah penduduk kurang lebih 5,89 juta jiwa. Perlu diketahui bahwa Singapura merupakan negara Asia Tenggara satu-satunya yang masuk dalam daftar 10 negara dengan IQ tertinggi.

2. Cina

Negara yang memiliki IQ tertinggi lainnya yaitu Cina. Skor IQ di negara ini rata-rata 105,8 dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,44 miliar jiwa. Jumlah penduduk di negara ini diketahui paling banyak di dunia.

3. Hongkong

Di posisi ketiga, IQ tertinggi di dunia ditempati oleh Hongkong. Skor rata-rata IQ di negara ini 105,7 dengan total penduduk 7,55 juta jiwa. Skor IQ tersebut tidak berbeda jauh dengan Cina, yakni hanya berbeda 0,1 poin saja.

4. Jepang

Negara Asia lainnya yang memiliki skor rata-rata IQ tertinggi yaitu Jepang. Negara ini memiliki skor IQ sekitar 105 dengan total penduduk kurang lebih 126,1 juta penduduk.

5. Korea Selatan

Di posisi ke lima ada Korea Selatan yang merupakan negara dengan IQ tertinggi. Skor IQ di negara ini sekitar 104,6. Sementara itu total penduduk di negara gingseng ini hanya 51,3 juta jiwa.

6. Korea Utara

Korea utara juga termasuk dalam negara yang memiliki rata-rata IQ tinggi. Skor IQ yang dimiliki negara ini sama dengan Korea Selatan yaitu 104,6. Hanya saja jumlah penduduk Korea Utara lebih sedikit yaitu sekitar 25.95 juta jiwa.

7. Taiwan

Negara lain yang memiliki skor IQ rata-rata 104,6 yaitu Taiwan. Jumlah penduduk negara ini hanya 23,86 juta jiwa. Dengan data tersebut membuat Taiwan berada di posisi ke tujuh sebagai negara dengan rata-rata IQ tertinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...