10 Urutan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Dwi Latifatul Fajri
10 Februari 2022, 15:24
Gunung Tertinggi di Pulau Jawa
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.
Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa

Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Semeru. Lokasi gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini masuk dalam Seven Summit Indonesia atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di Tanah Air. Gunung Semeru berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hingga kini, Semeru masuk dalam kategori gunung berapi aktif di Pulau Jawa.

Gunung ini digunakan sebagai jalur pendakian yang memiliki medan bervariasi. Pada ketinggian tertentu, pendaki bisa melihat hutan cemara, danau di gunung, padang sabana, hingga pemandangan menakjubkan di bagian puncak. Menurut kepercayaan umat Hindu, Gunung Semeru adalah tempat suci bersemayam para dewa.

Urutan Gunung Tertinggi di Jawa

Berikut daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa, mengutip dari berbagai sumber.

1. Gunung Semeru

Memiliki tinggi 3.676 mdpl, Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Selain itu, Semeru berada di peringkat ketiga gunung tertinggi di Indonesia, setelah Puncak Jayawijaya dan Gunung Kerinci. Sejak 1818, Gunung Semeru telah mengalami 55 letusan dan mengeluarkan asap panas.

2. Gunung Slamet

Tinggi gunung di Jawa Tengah ini mencapai 3.428 mdpl. Lokasi gunung ini berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes.

Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, berada di urutan kedua. Jalur pendakian pada Gunung Semeru cenderung didominasi oleh batuan dan pasir. Sehingga, pendaki perlu mewaspadai jalur pendakian di sekitar gunung.

3. Gunung Sumbing

KEBAKARAN HUTAN GUNUNG SUMBING
KEBAKARAN HUTAN GUNUNG SUMBING (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.372 mdpl. Gunung ini berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Sumbing berada di urutan kedelapan gunung tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Slamet. Gunung Sumbing termasuk gunung api mati, dengan letusan terakhirnya terjadi pada 1730.

Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga digunakan sebagai jalur pendakian yang bisa dilalui lima jalur. Jalur tersebut di antaranya, Garung, Capiut, Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

4. Gunung Arjuno

Ketinggian Gunung Arjuno adalah 3.339 mdpl. Bagian puncak dikenal sebagai puncak Ogal Agil. Lokasi gunung ini berada di tiga daerah yaitu kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ada 4 jalur pendakian Gunung Arjuno yaitu Tretes, Sumber Brantas, Tambaksari, dan Lawang. Wilayah gunung ini berada di Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...