E-Commerce Adalah Kegiatan Jual Beli Online, Ini Penjelasannya

Image title
11 Februari 2022, 15:25
E-commerce adalah proses penjualan dan pembelian barang secara elektronik.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
E-commerce adalah proses penjualan dan pembelian barang secara elektronik.

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan kita dalam melakukan berbagai kegiatan, termasuk jual-beli. Kini, kegiatan perdagangan bisa dilakukan melalui media elektronik, khususnya internet, yang sering disebut electronic commerce atau e-commerce.

Pengertian E-Commerce

Secara sederhana, e-commerce adalah semua kegiatan jual-beli yang dilakukan melalui media elektronik.

David Baum (1999) mendefinisikan e-commerce sebagai seperangkat teknologi dinamis berbentuk aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan bisnis, konsumen, dan masyarakat melalui e-commerce dalam pertukaran barang, jasa, dan informasi secara elektronik.

Sementara itu, menurut Laudon & Laudon, e-commerce adalah proses penjualan dan pembelian barang secara elektronik oleh konsumen, yang merupakan transaksi business to business dengan perantara komputer.

Jenis-jenis E-Commerce

Mengutip Gramedia, e-commerce dapat dibagi menjadi enam kelompok, yakni:

  • Business to business (B2B)

Jenis ini adalah transaksi produk atau layanan dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Biasanya, pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya, Electronic City yang menjual perlengkapan kantor dan rumah tangga elektronik.

  • Business to consumer (B2C)

E-commerce ini menjual produk atau layanan kepada konsumen. Umumnya, pelanggan e-commerce B2C hanya terlibat dalam industri ritel. Contohnya, Lazada yang menyediakan fesyen, aksesoris, elektronik pribadi, dan sebagainya.

  • Antar konsumen (C2C)

Jenis ini adalah transaksi online antar dua orang. E-commerce C2C sering dilakukan ketika seseorang menjual barang bekas kepada orang lain yang membutuhkan melalui internet. Contohnya, OLX yang menjual produk dari penggunaan pribadi.

  • Consumer to business (C2B)

C2B terjadi ketika seseorang menjual produk atau layanan kepada perusahaan, seperti desainer grafis yang menawarkan logo perusahaan. Contohnya iStock, yaitu website untuk bisnis yang membutuhkan foto hingga ilustrasi digital untuk penggunaan komersial.

  • Business to government (B2A)

Mirip B2B, hanya saja pelaku di e-commerce ini adalah perusahaan dan instansi pemerintahan. Contohnya, Accela yang mendukung pemerintah dengan konsep perangkat lunak sebagai layanan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...