Payroll Adalah Sistem Pembayaran Gaji, Berikut Ulasannya

Image title
14 Februari 2022, 16:00
Payroll adalah skema penggajian dari perusahaan untuk jangka waktu tertentu.
Pexels.com/Karolina Grabowska
Payroll adalah skema penggajian dari perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Setiap pekerja atau karyawan tentu mengharapkan pembayaran atau gaji atas tugas dan tanggung jawab yang sudah mereka laksanakan. Salah satu sistem pembayaran gaji yang cukup populer dalam perusahaan adalah payroll.

Bagi sebagian kalangan pekerja atau karyawan, barangkali sudah tidak asing dengan istilah payroll. Namun, mereka yang belum memiliki pengalaman kerja atau hendak memasuki dunia kerja mungkin masih awam dan penasaran dengan istilah yang satu ini.

Apa itu Payroll?

Mengutip Investopedia, payroll adalah skema penggajian dari perusahaan kepada karyawan untuk jangka waktu tertentu di mana tanggal pencairan sudah ditentukan.

Sistem ini akan memudahkan perusahaan dalam proses penggajian karyawan, sebab perhitungannya dilakukan secara otomatis dan akurat. Hal ini tentu akan sangat membantu, khususnya bagi perusahaan berskala besar dengan jumlah karyawan ratusan hingga ribuan.

Di banyak perusahaan besar, payroll biasanya dikelola secara khusus oleh departemen tertentu yang mengelola keuangan perusahaan. Sedangkan, pada perusahaan kecil sistem ini biasanya ditangani langsung oleh pemilik perusahaan.

Bukan hanya nominal gaji, upah yang masuk ke masing-masing rekening karyawan juga sudah mengkalkulasi berbagai komponen, seperti lembur, bonus, asuransi, hingga potongan pajak. Proses tersebut dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi atau software tertentu.

Sistem yang sering dikatakan sebagai skema penggajian modern ini memudahkan bagian administrasi atau HR di suatu perusahaan, sebab mereka tidak perlu menghitung secara manual saat memberikan gaji kepada karyawan.

Di samping itu, payroll juga membantu karyawan, terutama karyawan baru atau fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja dalam memahami detail gaji mereka per bulan.

Manfaat Payroll

Mengutip Gramedia, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh baik bagi perusahaan maupun karyawan dalam skema pembayaran gaji payroll, yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...