Mockup Adalah Gambaran Konsep Desain, Berikut Ulasannya

Image title
15 Februari 2022, 15:59
Mockup adalah visualisasi sebuah konsep desain.
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Mockup adalah visualisasi sebuah konsep desain.

Istilah mockup barangkali sudah tidak asing bagi mereka yang berkecimpung di dunia desain. Mockup digunakan para desainer agar memiliki gambaran atau imajinasi yang sama dengan klien.

Lalu, apa sebenarnya mockup dan mengapa hal tersebut memudahkan pekerjaan desainer?

Apa itu Mockup?

Mockup sering digunakan dalam dunia desain. Secara singkat mockup adalah gambaran nyata terkait konsep yang tengah diolah.

Mockup bisa dikatakan sebagai maket atau alat presentasi yang berguna untuk memberikan gambaran mengenai karya yang ingin dihasilkan. Mockup bisa dilakukan dengan atau tanpa bantuan aplikasi. Dengan mockup, proses finalisasi suatu karya desain akan menjadi lebih efektif.

Sementara itu, mengutip Keenethics, bentuk mockup adalah gambaran mid-fidelity atau high-fidelity yang menggambarkan pilihan warna desain, tipografi, layout, visual navigasi dan keseluruhan tampilan produk yang didesain.

Singkatnya, mockup adalah visualisasi sebuah konsep desain.

Manfaat Mockup

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika telah mempersiapkan mockup sebelumnya, di antaranya:

1. Memiliki Gambaran Realistis

Mockup menyerupai hasil final yang ingin ditunjukan, sehingga klien memiliki imajinasi atau bayangan yang sama tentang desain yang akan diciptakan.

2. Memudahkan Proses Revisi

Jika seseorang mengabaikan mockup dan langsung melakukan tahap finalisasi dari projeknya, maka proses revisi bisa saja terjadi dari awal, sebab klien tidak memiliki gambaran nyata tentang karya yang akan diciptakan.

3. Media Presentasi

Mockup juga bisa digunakan sebagai media presentasi untuk menyamakan perspektif antara klien dengan desainer.

4. Memudahkan Stakeholder

Mockup merupakan cara sederhana stakeholder alias pemangku kepentingan dapat melihat dan memahami produk final yang akan dibuat. Cara ini memudahkan mereka dalam memberikan kritik mengenai desain tersebut sebelum proses akhir dilakukan.

5. Hemat Anggaran

Revisi yang dilakukan dalam tahap mockup tentu akan lebih menghemat anggaran ketimbang perbaikan yang dilakukan setelah tahap finalisasi atau ketika produk sudah selesai dibuat.

Anatomi Mockup

Ada beberapa jenis desain yang cukup populer di zaman ini. Setiap jenis desain memiliki anatomi mockup-nya masing-masing. Dalam dunia desain UI/UX misalnya, ada sejumlah aspek yang patut diperhatikan saat merancang mockup, yaitu:

Layout

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat mockup adalah layout konten, seperti menimbang antara F-pattern, Z-pattern, card, atau teks.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...