15 Bahasa Paling Sulit di Dunia untuk Dipelajari

Dwi Latifatul Fajri
16 Februari 2022, 19:11
Bahasa Paling Sulit di Dunia
Pixabay
Bahasa yang Sulit Dipelajari

Bahasa menjadi alat komunikasi untuk interaksi sosial. Setiap negara mempunyai bahasa ibu, bahasa resmi, dan bahasa kedua. Mempelajari bahasa kedua dan ketiga menjadi hal menantang dan bermanfaat. Bahkan, beberapa negara dikategorikan memiliki bahasa paling sulit di dunia.

Mempelajari bahasa baru bermanfaat untuk menambah keterampilan, peluang karir, dan komunikasi ketika liburan. Menurut penelitian, belajar bahasa baru dapat meningkatkan keterampilan memori dan fokus.

Berdasarkan Foreign Service Institute (FS) ada 15 bahasa yang sulit dipelajari. Beberapa bahasa tersebut terpilih karena sulit dipelajari oleh penutur asli Bahasa Inggris. Di mana, beberapa bahasa tidak memakai huruf alfabet seperti Bahasa Inggris. Berikut daftar bahasa paling sulit di dunia untuk dipelajari.

Bahasa Paling Sulit di Dunia

1. Bahasa Mandarin

Bahasa paling sulit di dunia saat ini adalah Bahasa Mandarin. Menariknya Bahasa Mandarin banyak digunakan di beberapa negara seperti Cina, Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

Mandarin termasuk bahasa yang sulit dipahami karena sistem penulisan yang berbeda. Bahasa Mandarin tidak memakai huruf alfabet latin, ada ribuan, dan karakter yang harus dipelajari.

Selain itu, setiap kata yang dituturkan memiliki nada yang berbeda. Nada yang diucapkan dari Bahasa Mandarin bisa berbeda arti. Contohnya kata ma dalam Bahasa Mandarin bisa berarti kuda, ibu, kasar atau memarahi tergantung bagaimana mengucapkan.

Beberapa negara memakai Bahasa Mandarin yang berbeda, misalnya Bahasa Kanton digunakan di Hong Kong dan negara di Asia Tenggara.

2. Bahasa Arab

Bahasa paling sulit di dunia urutan kedua adalah Bahasa Arab, dan masuk lima besar bahasa yang banyak dipakai berdasarkan negara dan wilayah. Bahasa Arab setiap daerah bisa berbeda satu sama lain.

Seperti Mandarin, Bahasa Arab tidak memakai huruf alfabet. Ada 28 huruf Arab yang perlu dipelajari oleh penutur pemula, serta membutuhkan waktu untuk menulis dan membaca dalam Bahasa Arab.

Cara menulis Bahasa Arab juga berbeda yaitu dari kanan ke kiri. Sehingga, penutur membutuhkan waktu untuk belajar menulis. Pengucapan dalam Bahasa Arab juga berbeda, sehingga membutuhkan latihan terus menerus.

3. Bahasa Polandia (Polski)

Mengutip dari Babbel.com, Bahasa Polish atau Polandia termasuk bahasa paling sulit di dunia untuk dipelajari. Bahasa Polish digunakan beberapa negara di Eropa, seperti Polandia, Rusia, Slovakia, Republik Ceko, Rumania, dan Ukraina.

Bahasa Polski masih satu kerabat dengan Bahasa Ceko, Slovakia, dan Sorbia. Salah satu bahasa paling sulit di dunia ini akan sulit dieja dan dibaca oleh penutur Bahasa Inggris. Bahasa Polandia banyak mengandung kata konsonan dan sulit dieja. Contohnya kata "szczęście" artinya kebahagiaan.

4. Bahasa Rusia

Bahasa yang sulit dipelajari selanjutnya adalah Bahasa Rusia. Bahasa ini digunakan di negara Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Belarus, Kyrgyzstan, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...