10 Bahasa Paling Sulit di Dunia, Siapa Nomor Satu?

Siti Nur Aeni
16 Februari 2022, 14:06
10 Bahasa Paling Sulit di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?
Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi seorang anak belajar bahasa asing

Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda. Bahasa digunakan untuk berkomunikasi antara satu individu dengan individu lain. Untuk sebagian orang, mempelajari banyak bahasa menjadi kesenangan tersendiri. Tentu saja belajar bahasa negara tidaklah mudah, karena ada beberapa bahasa paling sulit di dunia.

Apa sajakah bahasa yang dianggap paling sulit untuk dipelajari? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

Advertisement

Urutan Bahasa Tersulit di Dunia

1. Bahasa Mandarin

Bahasa paling sulit di dunia yang pertama yaitu Bahasa Mandarin. Bahasa ini sulit untuk dipelajari karena memiliki penulisan dan pelafalan yang tidak mudah. tidak hanya itu, bahasa dari negara Tiongkok ini juga mempunyai banyak idiom dan sifat yang termasuk bahasa tonal (tiap pelafalan katanya memiliki makna yang berbeda).

Apabila melafalkan bahasa keliru, maka maknanya menjadi berubah. Maka dari itu, mempelajari Bahasa Mandarin membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. Bahasa Arab

Bahasa paling sulit di dunia lainnya yang berat untuk dipelajari yaitu Bahasa Arab. Bahasa ini sulit dipelajari karena aksara yang digunakan memiliki empat bentuk yang berbeda. Bentuk aksara tersebut tergantung pada penempatannya dalam sebuah kata.

Dialek Bahasa Arab juga relatif lebih sulit dibandingkan bahasa lain. Tata bahasanya diisi dengan kata kerja yang tidak beraturan yang menjadikannya semakin sulit dipahami. Tak hanya itu, membaca tulisan Arab juga dimulai dari kanan ke kiri sehingga banyak orang merasa tidak terbiasa dalam melafalkannya.

3. Bahasa Navajo

Bahasa yang sulit dipelajari lainnya yaitu Bahasa Navajo. Bahasa ini berasal dari Amerika Utara. Bahasa ini menjadi sulit dipahami karena bahasa ini bertumpu pada penggunaan kata kerja. Jadi untuk mendeskripsikan sesuatu memerlukan kata kerja.

Bahasa Navago semakin sulit dipahami karena kata sifat dalam Bahasa Inggris tidak ada terjemahan langsung ke dalam Bahasa Navago. Pelafalan kata-katanya juga sangat sulit, karena banyak kata yang belum pernah digunakan dalam Bahasa Inggris.

4. Bahasa Islandia

Bahasa Islandia juga termasuk bahasa paling sulit di dunia. Pasalnya, bahasa ini sudah ada sejak abad ke sembilan atau sepuluh. Tak hanya itu, bahasa ini juga jarang mengalami perubahan bahasa.

Diketahui kata dalam Bahasa Islandia sangat panjang. Hal ini yang membuat banyak orang sulit menerjemahkannya. Jika salah mendengar, maka artinya bisa berubah.

Masyarakat Islandia juga sering membuat kata baru untuk objek atau benda yang dijumpai. Namun, pembuatan kata tersebut tidak mengacu pada bahasa lain, seperti Bahasa Inggris melainkan langsung menggunakan Bahasa Islandia. Oleh sebab itu, Bahasa Islandia sulit untuk dipelajari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement