10 Bahasa Paling Sulit di Dunia, Siapa Nomor Satu?

Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda. Namun ternyata, ada beberapa negara yang memiliki bahasa paling sulit di dunia. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.
Image title
16 Februari 2022, 14:06
10 Bahasa Paling Sulit di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?
Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi seorang anak belajar bahasa asing

Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda. Bahasa digunakan untuk berkomunikasi antara satu individu dengan individu lain. Untuk sebagian orang, mempelajari banyak bahasa menjadi kesenangan tersendiri. Tentu saja belajar bahasa negara tidaklah mudah, karena ada beberapa bahasa paling sulit di dunia.

Apa sajakah bahasa yang dianggap paling sulit untuk dipelajari? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

Urutan Bahasa Tersulit di Dunia

1. Bahasa Mandarin

Bahasa paling sulit di dunia yang pertama yaitu Bahasa Mandarin. Bahasa ini sulit untuk dipelajari karena memiliki penulisan dan pelafalan yang tidak mudah. tidak hanya itu, bahasa dari negara Tiongkok ini juga mempunyai banyak idiom dan sifat yang termasuk bahasa tonal (tiap pelafalan katanya memiliki makna yang berbeda).

Apabila melafalkan bahasa keliru, maka maknanya menjadi berubah. Maka dari itu, mempelajari Bahasa Mandarin membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Advertisement

2. Bahasa Arab

Bahasa paling sulit di dunia lainnya yang berat untuk dipelajari yaitu Bahasa Arab. Bahasa ini sulit dipelajari karena aksara yang digunakan memiliki empat bentuk yang berbeda. Bentuk aksara tersebut tergantung pada penempatannya dalam sebuah kata.

Dialek Bahasa Arab juga relatif lebih sulit dibandingkan bahasa lain. Tata bahasanya diisi dengan kata kerja yang tidak beraturan yang menjadikannya semakin sulit dipahami. Tak hanya itu, membaca tulisan Arab juga dimulai dari kanan ke kiri sehingga banyak orang merasa tidak terbiasa dalam melafalkannya.

3. Bahasa Navajo

Bahasa yang sulit dipelajari lainnya yaitu Bahasa Navajo. Bahasa ini berasal dari Amerika Utara. Bahasa ini menjadi sulit dipahami karena bahasa ini bertumpu pada penggunaan kata kerja. Jadi untuk mendeskripsikan sesuatu memerlukan kata kerja.

Bahasa Navago semakin sulit dipahami karena kata sifat dalam Bahasa Inggris tidak ada terjemahan langsung ke dalam Bahasa Navago. Pelafalan kata-katanya juga sangat sulit, karena banyak kata yang belum pernah digunakan dalam Bahasa Inggris.

4. Bahasa Islandia

Bahasa Islandia juga termasuk bahasa paling sulit di dunia. Pasalnya, bahasa ini sudah ada sejak abad ke sembilan atau sepuluh. Tak hanya itu, bahasa ini juga jarang mengalami perubahan bahasa.

Diketahui kata dalam Bahasa Islandia sangat panjang. Hal ini yang membuat banyak orang sulit menerjemahkannya. Jika salah mendengar, maka artinya bisa berubah.

Masyarakat Islandia juga sering membuat kata baru untuk objek atau benda yang dijumpai. Namun, pembuatan kata tersebut tidak mengacu pada bahasa lain, seperti Bahasa Inggris melainkan langsung menggunakan Bahasa Islandia. Oleh sebab itu, Bahasa Islandia sulit untuk dipelajari.

5. Bahasa Finlandia

Bahasa Finlandia juga sulit untuk dipelajari, karena kata benda dalam bahasa ini diklasifikasikan ke banyak kelompok, bahkan bisa mencapai 15 kelompok kata. Pengelompokan tersebut berbeda dengan pengelompokan dalam Bahasa Inggris yang hanya memiliki tiga kelompok saja.

Cara pelafalannya juga terbagi menjadi dua pelafalan. Yaitu pelafalan Bahasa Finlandia Klasik dan Bahasa Finlandia Kontemporer. Bahasa Finlandia masuk dalam rumpun bahasa Finno-Ugrik (pengelompokan tradisional khusus bahasa). Jadi, walaupun Anda sudah menguasai Bahasa Latin atau Jerman, kita akan tetap kesulitan untuk menebak makna kata atau kalimat dalam Bahasa Finlandia.

6. Bahasa Jepang

Sekilas aksara Bahasa Jepang mirip dengan Bahasa Mandarin, padahal keduanya berbeda satu dengan lainnya. Bahasa Jepang memiliki tiga sistem penulisan yang berbeda yaitu hiragana, katakana, dan kanji.

Sistem penulisan tersebut mempunyai alfabet dan karakter yang sangat banyak. Tiga cara penulisan tersebut harus dipahami terlebih dahulu sebelum belajar menulis Bahasa Jepang.

7. Bahasa Hungaria

Bahasa paling sulit di dunia yaitu Bahasa Hungaria. Bahasa ini diketahui mempunyai 26 kelompok kata yang berbeda dan sufiks yang juga berbeda. Bahasa Hungaria juga termasuk rumpun bahasa kecil seperti Bahasa Finlandia. Hal yang menjadikan bahasa satu ini semakin sulit, yaitu karena tiap pelafalan dan makna setiap katanya berbeda.

8. Bahasa Polandia

Bahasa Polandia juga termasuk bahasa yang sulit dipelajari. Bahasa ini menggunakan penulisan latin dan mempunyai tujuh kasus tata bahasa seperti nominatif, gender, datif, akusatif, instrumental, lokatif, dan vokatif. Kata-kata dalam Bahasa Polandia juga banyak disisipi konsonan, sehingga sulit untuk dibaca.

9. Bahasa Rusia

Bahasa tersulit di dunia lainnya yaitu Bahasa Rusia. Bahasa ini memiliki alfabet sendiri yang disebut sebagai alfabet kiril atau cyrilic. Alfabet ini terdiri atas huruf latin, dengan pelafalan yang berbeda dengan huruf latin pada umumnya.

Tak hanya itu, hal lain yang membuat bahasa ini sulit dipelajari karena kata-katanya banyak memiliki konsonan sebagaimana Bahasa Polandia.

10. Bahasa Turki

Bahasa Turki juga ternyata termasuk dalam kelompok bahasa paling sulit di dunia. Kesulitan dari belajar bahasa ini yaitu karena Bahasa Turki mempunyai harmonisasi vokal. Huruf vokal dalam satu kata bisa diubah atau satu kara diakhiri dengan huruf vokal untuk membuatnya terdengar seperti kalimat yang mengalir.

Namun jika Anda telah menguasai Bahasa Arab, mempelajari Bahasa Turki semakin mudah. Sebab sebagian besar kata-kata dalam Bahasa Turki diserap dari Bahasa Arab.

Itulah beberapa bahasa paling sulit di dunia. Setiap orang mungkin akan menilai kesulitan bahasa yang berbeda-beda. Namun yang perlu dipahami, jika kita tekun dalam mempelajari bahasa tersebut maka kita juga bisa menguasai bahasa tersebut.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait