12 Cara Menjadi Kaya dengan Sederhana di Usia Muda

Dwi Latifatul Fajri
17 Februari 2022, 23:52
Cara Menjadi Kaya
pixabay.com/Megan_Rexazin
Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi jutawan di usia muda adalah banyak orang. Anakmuda berharap suatu saat nanti mencapai kebebasan finansial di usia tua. Mulailah dari awal seperti mencoba hal-hal baru dan berani mengambil risiko untuk keuangan.

Keinginan membangun pundi-pundi kekayaan ini memudahkan kehidupan di tua nanti. Generasi muda memiliki potensi untuk mengumpulkan kekayaan lebih lama.

Usia 20-an dan 30-an menjadi tantangan tersendiri. Saat ini berbagai kemudahan dalam belanja, karir, hutang, dan kredit menjadi hambatan.

Ada berbagai cara untuk meraih kebebasan finansial dan membangun kekayaan di usia muda. Cara cepat kaya ini bisa dilakukan melalui langkah-langkah sederhana.

Cara Menjadi Kaya

1. Berhenti Menunda-nunda

Generasi muda sekarang ini bisa melakukan penundaan karena berbagai distraksi. Waktu yang terbuang percuma ini akan berdampak pada kegiatan dan kebebasan finansial.

Generasi muda perlu membangun kesibukan, tepat waktu, dan serius melakukan perencanaan keuangan. Mulailah langkah sederhana seperti menyisihkan uang kuliah, tabungan, melakukan investasi untuk pemula, dan mencari pekerjaan sampingan.

2. Memulai Tujuan Keuangan

Jika Anda ingin menjadi kaya tanpa modal, buatlah tujuan sederhana tentang rencana keuangan. Tujuan ini bisa mengarahkan Anda untuk hasil belanja, investasi, menabung, dan menghabiskan uang lebih bijak.

3. Carilah Investasi untuk Pemula

Salah satu tujuan keuangan adalah memulai investasi sejak dini. Anda bisa menabung untuk dikumpulkan membeli emas atau menyisihkan sedikit penghasilan untuk mulai investasi.

Informasi mengenai investasi untuk pemula bisa ditemukan melalui internet. Anda bisa menghabiskan waktu untuk mencari informasi seputar investasi. Informasi dan pengetahuan ini dapat membantu Anda untuk memulai investasi.

4. Menambah Keterampilan

Cara agar kaya adalah menambah ketrampilan di bidang lain. Sumber penghasilan tambahan bisa membantu Anda untuk menyimpan uang lebih banyak.

Menambah ketrampilan bisa dilakukan melalui internet, kursus online, dan buku. Anda bisa bergabung di komunitas online dan membangun relasi. Membangun jaringan relasi dapat membantu Anda mendapatkan informasi lebih terkait keuangan.

5. Membuat Anggaran Keuangan

Cara menjadi kaya selanjutnya adalah, membuat anggaran. Cobalah untuk membuat anggaran pendapatan, pengeluaran, dan rincian untuk tabungan.

Cermati beberapa hal untuk menyempurnakan anggaran. Cobalah menghitung jumlah pengeluaran dan pendapatan yang sesuai. Sisanya untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan amal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...