5 Jenis Usaha Perdagangan di Lingkungan Sekitar

Jenis usaha bisa dimulai dari modal kecil hingga modal besar. Contoh jenis usaha perdagangan yang ada di lingkungan sekitar yaitu toko sembako, toko pakaian, hingga toko pertanian.
Dwi Latifatul Fajri
4 Maret 2022, 18:18
Jenis Usaha Masyarakat Indonesia
pixabay.com/Tumisu
Jenis Usaha

Jenis usaha masyarakat Indonesia ada beragam. Contoh jenis-jenis usaha di lingkungan sekitar yaitu membuka toko kelontong, reseller, menjual online, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis usaha kecil bisa dimulai dari individu, contohnya usaha perseorangan. Pengertian usaha perseorangan yaitu badan usaha yang hanya dimiliki oleh satu orang. Jenis usaha ini bebas tidak berkaitan dengan campur tangan dari pihak lain.

Contoh usaha perseorangan yaitu badan usaha berskala kecil (UMK). Jenis usaha kecil ini bisa menggunakan alat produksi yang sederhana. Modal untuk usaha kecil ini cenderung sedikit.

Jenis-jenis Usaha Kecil

Usaha kecil bisa dilakukan oleh siapapun seperti ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa. Usaha kecil ini bisa melatih seseorang untuk mendapatkan keuntungan dan tambahan uang saku.

Advertisement

Berikut jenis-jenis usaha kecil:

1. Membuka Toko Online atau Dropship

Kemudahan teknologi memudahkan seseorang untuk membuka toko online. Melalui marketplace Anda bisa menjual barang secara online.

Sistem dropship termasuk fitur jual beli online. Anda bisa menjadi perantara untuk menjual produk ke pembeli, tanpa stok barang. Modal dari dropship ini tergantung jenis bisnis online yang ingin dijual.

2. Bisnis Pulsa

Salah satu usaha dengan modal sedikit adalah bisnis pulsa dan paket internet. Anda bisa menjual pulsa dan paket internet pada teman-teman Anda.

3. Bisnis Kuliner

Keahlian memasak dan mengolah makanan bisa menjadi bisnis. Contoh bisnis kuliner yaitu menjual puding, sambal, bakso, kue, dan masih banyak lagi.

Memulai bisnis kuliner rumahan bisa dilakukan memakai peralatan di rumah. Setelah itu Anda bisa menjual dan mempromosikan usaha secara online atau dari rumah.

4. Usaha Laundry

Usaha laundry kiloan termasuk peluang usaha kecil. Anda membutuhkan modal untuk membeli peralatan laundry. Adanya laundry kiloan ini membantu orang yang sibuk dan membutuhkan waktu cepat untuk membersihkan pakaiannya.

5. Usaha Souvenir

Usaha souvenir untuk mahar, pernikahan, wisuda termasuk peluang usaha menjanjikan. Usaha ini cocok untuk seseorang yang memiliki ide kreatif, tekun, dan Andai membuat karya.

Jenis Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan termasuk jenis usaha untuk mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi. Tujuan dari usaha ini untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan yang didapat dihitung dari biaya operasional dan distribusi.

Usaha di bidang perdagangan di lingkungan sekitar contohnya membuka toko, supermarket, dan kios.

1. Toko Sembako

Toko sembako termasuk jenis usaha di bidang perdagangan. Anda bisa memulai membuka toko sembako dari rumah yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

2. Usaha Kuliner

Bisnis kuliner termasuk jenis usaha perdagangan. Seseorang memulai usaha ini dari menjual makanan berat dan ringan sesuai pangsa pasar.

Pelaku usaha membutuhkan ketekunan dan manajemen keuangan yang baik. Makanan yang memiliki rasa enak menjadi kunci utama memulai usaha kuliner untuk pemula.

3. Usaha Barang Elektronik

Berkembanganya teknologi bisa jadi ide untuk bisnis gadget dan elektronik. Mengutip dari Jurnal.id, membuka toko elektronik membutuhkan modal besar. Membuka toko elektronik membutuhkan biaya tunai atau kredit untuk memenuhi kebutuhan modal usaha.

4. Usaha Pakaian

Salah satu usaha dagang yang populer adalah menjual pakaian. Anda bisa membuka toko, butik, hingga toko online untuk menjual pakaian.

Lokasi toko pakaian yang strategis dapat menarik pengunjung untuk membeli produk. Anda juga bisa menjadi reseller toko online dari rumah.

5. Usaha Pertanian

Jika Anda memiliki lahan untuk mengelola tanaman, usaha di bidang pertanian bisa jadi peluang. Pemilik dapat menjual kembali hasil tanaman pada konsumen.

Contoh usaha di bidang pertanian seperti menjual peralatan tanaman, menjual tanaman hias, rempah, dan menjual bibit tanaman.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait