5 Jenis Usaha Perdagangan di Lingkungan Sekitar

Dwi Latifatul Fajri
4 Maret 2022, 18:18
Jenis Usaha Masyarakat Indonesia
pixabay.com/Tumisu
Jenis Usaha

Jenis usaha masyarakat Indonesia ada beragam. Contoh jenis-jenis usaha di lingkungan sekitar yaitu membuka toko kelontong, reseller, menjual online, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis usaha kecil bisa dimulai dari individu, contohnya usaha perseorangan. Pengertian usaha perseorangan yaitu badan usaha yang hanya dimiliki oleh satu orang. Jenis usaha ini bebas tidak berkaitan dengan campur tangan dari pihak lain.

Contoh usaha perseorangan yaitu badan usaha berskala kecil (UMK). Jenis usaha kecil ini bisa menggunakan alat produksi yang sederhana. Modal untuk usaha kecil ini cenderung sedikit.

Jenis-jenis Usaha Kecil

Usaha kecil bisa dilakukan oleh siapapun seperti ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa. Usaha kecil ini bisa melatih seseorang untuk mendapatkan keuntungan dan tambahan uang saku.

Berikut jenis-jenis usaha kecil:

1. Membuka Toko Online atau Dropship

Kemudahan teknologi memudahkan seseorang untuk membuka toko online. Melalui marketplace Anda bisa menjual barang secara online.

Sistem dropship termasuk fitur jual beli online. Anda bisa menjadi perantara untuk menjual produk ke pembeli, tanpa stok barang. Modal dari dropship ini tergantung jenis bisnis online yang ingin dijual.

2. Bisnis Pulsa

Salah satu usaha dengan modal sedikit adalah bisnis pulsa dan paket internet. Anda bisa menjual pulsa dan paket internet pada teman-teman Anda.

3. Bisnis Kuliner

Keahlian memasak dan mengolah makanan bisa menjadi bisnis. Contoh bisnis kuliner yaitu menjual puding, sambal, bakso, kue, dan masih banyak lagi.

Memulai bisnis kuliner rumahan bisa dilakukan memakai peralatan di rumah. Setelah itu Anda bisa menjual dan mempromosikan usaha secara online atau dari rumah.

4. Usaha Laundry

Usaha laundry kiloan termasuk peluang usaha kecil. Anda membutuhkan modal untuk membeli peralatan laundry. Adanya laundry kiloan ini membantu orang yang sibuk dan membutuhkan waktu cepat untuk membersihkan pakaiannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...