10 Cara Menjadi Kaya Tanpa Modal

Dwi Latifatul Fajri
17 Februari 2022, 16:32
Cara Menjadi Kaya
Ilustrator: Joshua Siringo Ringo | Katadata
Cara Agar Cepat Kaya

Sekarang ini banyak seminar, buku, video tutorial, dan konten memberikan cara menjadi kaya. Jutawan dan miliarder menjadi impian hampir semua orang. Orang kaya memiliki keuntungan untuk akses fasilitas dan kebutuhan lebih baik. Mereka memiliki modal kekayaan dan kesuksesan yang bisa diraih.

Orang kaya di dunia seperti Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, hingga Jack Ma menjadi inspirasi banyak orang. Mereka memulai untuk bisnis hingga mendapatkan banyak keuntungan.

Tetapi, tidak semua orang beruntung terlahir dari keluarga kaya. Mereka harus bekerja untuk mendapatkan pendapatan dan kekayaan. Penghasilan yang disisihkan dari bekerja dan bisnis ini bisa disimpan untuk dijadikan aset ke depan.

Ada berbagai cara untuk menyimpan uang bisa melalui investasi, membeli emas, menabung, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa cara menjadi kaya tanpa modal:

Cara Menjadi Kaya

1. Buat Rencana Keuangan

Cara menjadi kaya di usia muda adalah membuat rencana keuangan. Mempersiapkan rencana keuangan di usia muda agar makin menguntungkan di masa tua nanti.

Jika Anda mulai bekerja, cobalah untuk membuat rencana keuangan. Cara ini bisa dimulai dari nol. Anda bisa membuat rencana keuangan melalui buku, aplikasi catatan keuangan, atau membuat lembar di Excel komputer.

2. Mulai Tujuan Keuangan

Rencana keuangan dimulai dengan membuat tujuan. Ada baiknya Anda menetapkan tujuan untuk jangka panjang atau jangka pendek. Memilih tujuan jangka panjang pendek ini bisa dilakukan dengan membuat langkah-langkah kecil mudah untuk dicapai.

3. Menghitung Angka Keuangan

Salah satu cara menjadi kaya adalah menghitung rencana keuangan. Menghitung angka keuangan ini untuk mengetahui uang dan aset yang didapatkan dari tujuan. Pakai kalkulator untuk menghitung pengeluaran bulanan, tabungan, investasi, dan rencana impian.

4. Melunasi Hutang

Pinjaman pribadi, kartu kredit, dan hutang dibayar dengan bunga. Langkah awal menjadi kaya adalah melunasi utang, mengurangi cicilan, dan pinjaman. Hidup hemat dilakukan banyak orang sukses secara finansial untuk menjadi kaya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...