9 Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
21 Februari 2022, 12:49
Pengusaha Sukses di Indonesia
BUKALAPAK
Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses di Indonesia tidak semuanya terlahir dari keluarga kaya raya. Sebagian dari mereka memiliki kisah inspiratif menjadi pengusaha sukses.

Kesuksesan yang diraih membutuhkan waktu, pengorbanan, dan biaya. Selain itu karakter tekun, ambisius, dan mau bekerja keras perlu dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses.

Pengusaha Sukses di Indonesia

Mengutip dari buku Biografi Tokoh-Tokoh Inspiratif (Para Pengusaha Terkaya di Indonesia), berikut daftar pengusaha muda sukses di Indonesia:

1. William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

William dan Leontinus merintis Tokopedia pada 6 Februari 2009. Tokopedia adalah toko online dari Indonesia yang kini banyak dipakai pengguna untuk transaksi jual beli. William termasuk pengusaha muda sukses di Indonesia lulusan Binus. Bersama Leontinus mereka mengembangkan Tokopedia membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan.

2. Achmad Zaky

Achmad Zaky adalah pendiri toko online Bukalapak. Selain pendiri, Achmad juga mantan CEO dari Bukalapak. Ketika SD Achmad sudah mulai mengenal teknologi dan tertarik dalam dunia pemrograman.

Setelah lulus ITM Ahmad Zaky menjadi konsultan IT untuk pengembangan website, aplikasi, dan pemasaran digital. Zaky bersama temannya Nugroho Herucahyono mkemudian mulai membangun Bukalapak di tahun 2010.

3. Andrew Darwis, Ronald, dan Budi

Kaskus menjadi forum diskusi dan komunitas di Indonesia. Kaskus singkatan dari Kasak Kusuk didirikan oleh 3 orang yaitu Andrew Darwis, Roland, dan Budi. Kaskus didirikan pada 6 November 1999 oleh Andrew, Ronald, dan Budi ketika kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Awalnya ketiga orang ini membuat Kaskus untuk memenuhi tugas kuliah. Kemudian Kaskus berkembang menjadi forum komunitas online besar di Indonesia. 

4. Nadiem Makarim, Gojek

Gojek adalah aplikasi digital untuk memesan kendaraan, membeli makanan, minuman, dan fitur menarik lainnya. Pendiri aplikasi Gojek adalah Nadiem Makarim.

Setelah lulus kuliah di Brown University, Amerika Nadiem memutuskan kembali ke Indonesia. Dia menciptakan ide untuk mendirikan Gojek aplikasi pesan gojek online.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...