7 Cara Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Dwi Latifatul Fajri
11 April 2022, 14:49
Cara Agar Puasa Tidak Lemas
Dreamstime
Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Beberapa orang seringkali merasakan badan lemas dan mengantuk ketika puasa. Ada juga yang mengalami penurunan gula darah, perubahan pola tidur, dan sakit kepala selama puasa. Hal ini wajar karena selama puasa, kebiasaan pola makan berubah.

Menurut ahli kesehatan lemas dan ngantuk ini bisa dihindari atau dikendalikan. Di mana ada beberapa cara agar puasa tidak lemas dan juga mengantuk.

Badan lemas biasanya terjadi setelah berbuka puasa. Penyebab badan lemas setelah berbuka puasa disebabkan karena makan berlebihan dan banyak mengonsumsi MSG.

Mengutip dari Halodoc.com, penyebab lemas setelah berbuka puasa karena memiliki penyakit seperti kadar gula darah rendah (hipoglikemia), radang lambung (gastritis), dehidrasi, stress, dan tekanan darah rendah.

Penyebab di atas bisa dihindari supaya tubuh tidak lemas setelah berbuka puasa. Anda bisa memeriksa kadar gula darah, kadar elektrolit, dan tekanan darah.

Selain itu ada cara mengatasi badan lemas saat puasa. Cara ini dimulai dengan menghindari makanan dan minuman tertentu. Berikut tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk.

Cara Agar Puasa Tidak Lemas

1. Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Berlebihan

Buka puasa terasa nikmat ketika konsumsi makanan dan minuman manis. Ada berbagai minuman dingin menyegarkan untuk meredakan rasa haus, setelah seharian berpuasa.

Tetapi makanan dan minuman manis berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah berlebih. Contohnya makanan berbahan tepung dan minuman manis memakai gula tambahan.

Berlebihan konsumsi makanan dan minuman tersebut membuat tubuh lemas setelah berbuka. Usahakan ketika berbuka puasa konsumsi makanan segar seperti sayur dan buah.

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk yaitu konsumsi makanan dalam jumlah kecil tiap 3 jam sekali. Misalnya ketika berbuka puasa, makan buah dan sayuran sesuai porsi. Kemudian dilanjutkan makan setelah shalat tarawih.

2. Minum Air Putih

Cara mengatasi badan lemas saat puasa yaitu konsumsi air putih. Cairan dalam tubuh perlu diisi untuk energi dan mencegah dehidrasi.

Anda bisa mencoba pola 2-4-2 dua gelas ketika berbuka puasa. Mengutip dari hellosehat.com, minum 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas ketika sahur. Anda bsa konsumsi buah-buahan dan yogurt untuk menambah asupan cairan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...