9 Buah yang Mengandung Vitamin B dan Baik untuk Tubuh

Rekomendasi buah yang mengandung vitamin B dan baik untuk menjaga kesehatan badan.
Image title
11 April 2022, 23:43
buah yang mengandung vitamin B,
Unsplash/Pineapple Supply Co.
Ilustrasi buah nanas sebagai buah yang mengandung vitamin B dan baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan badan

Aneka ragam buah dikenal sebagai salah satu sumber zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya vitamin C yang dicari dalam buah, Anda juga bisa menemukan buah yang mengandung vitamin B.

Dilansir dari peneliti Sara Ipatenco yang merupakan penulis senior kesehatan dan nutrisi di Livestrong.com, kandungan vitamin B dalam buah digunakan untuk membentuk energi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin B, dapat memperlancar Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Berikut referensi buah yang mengandung vitamin B, sebagaimana dilansir dari Buavita.co.id, dan SehatQ.com

1. Jeruk Limau Gedang

Serupa dengan buah anggur,  jeruk limau gedang atau dikenal dengan istilah grapefruit merupakan sejenis jeruk yang memiliki daging buah berwarna merah. Rasanya hampir mirip dengan jeruk Bali di Indonesia. Sebagain besar daging buahnya berupa air, sehingga sering dimanfaatkan sebagai aneka minuman buah. Adapun yang lebih penting, menurut Sara Ipatenco, grapefruit mengandung banyak Vitamin B-2 atau yang dinamakan Riboflavin. Vitamin ini berguna untuk menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh agar tetap stabil.

Advertisement

2. Nanas

Ada pula nanas yang banyak memiliki kandungan Vitamin B-1 atau Thiamin. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan daya pikir. Bila Anda tidak ingin mudah mengalami lupa, Anda bisa mengonsumsi nanas ini secara rutin. Bisa langsung dimakan atau dibuat rujak manis yang enak dan kaya zat gizi. Ujar Sara Ipatenco dalam laman Livestrong.

3. Peach

Kemudian ada buah persik atau yang kondang disebut peach. Buah persik memiliki daging buah berwarna kuning dan aroma yang harum. Buah ini juga memiliki biji tunggal yang keras. Sementara jika dilihat dari luar, buah ini mirip apel dengan kulit merah dan berambut halus. Untuk kandungannya, Sarah Ipatenco menjelaskan peach mengandung Vitamin B-3 atau Niasin. Vitamin ini memiliki fungsi menjaga saraf otak tetap bekerja dengan baik, sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan fokus saat bekerja.

4. Jeruk

Masih ada lagi, jeruk. Lebih lanjut, Sara Ipatenco memaparkan buah yang kaya vitamin C ini memiliki kandungan Vitamin B-5 yang juga melimpah. Vitamin B-5 juga memiliki nama lain Asam Pantothenik yang berfungsi memproduksi beragam hormon yang diperlukan oleh tubuh. Supaya tubuhmu tetap selalu sehat, nikmatilah buah jeruk ini secara rutin.

5. Semangka

Saat cuaca sedang panas-panasnya, sepotong semangka dingin terasa begitu menyegarkan bukan? Ternyata tidak hanya itu saja, menurut Sara Ipatenco, buah semangka juga mengandung Vitamin B-6 yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan otak dan kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Tidak jauh beda dengan Vitamin B lainnya, vitamin ini juga memiliki sebutan Pyridoxin.

6. Stroberi

Selain memiliki rasa yang asam, kecut, dan segar, buah ini juga kaya vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin yang memiliki nama lain asam askorbat ini memiliki peran meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi stroberi yang cukup secara rutin dapat membantu Anda tampil bugar dan terjauh dari penyakit. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah ini dalam Buavita strawberry juga lho.

7. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu pisang juga mampu dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terkena penyakit jantung.

8. Melon

Melon juga memiliki kandungan vitamin B yang lengkap. Kandungan tersebut akan membantu sistem kerja jantung dan mencegah terkena risiko serangan jantung. Selain itu, melon adalah jenis buah yang dapat memberi efek segar dan mampu membantu dalam mencegah Stress serta melancarkan pasokan oksigen menuju otak.

9. Apel

Kandungan dari berbagai jenis vitamin B yang terkandung di dalam apel, dapat memberi reaksi neurotransmitter pada otak. Reaksi tersebut akan membantu untuk meningkatkan fungsi memori. Lalu, apel juga memiliki kandungan flavonoid yang memiliki fungsi dalam mencegah radikal bebas.

Kebutuhan Vitamin B per Hari

Vitamin B terbagi ke dalam delapan jenis, di mana masing-masing vitamin memiliki manfaat berbeda. Jika digabungkan, ke delapan zat itu disebut sebagai vitamin B kompleks dan bermanfaat untuk memaksimalkan kesehatan tubuh. Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, setiap harinya tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin B, di antaranya:

  • Vitamin B1 sebanyak 0,8 mg untuk wanita, dan 1 mg untuk pria.
  • Vitamin B2 yang disarankan adalah 1,1 mg untuk wanita, dan 1,3 mg untuk pria.
  • Vitamin B3 yang disarankan adalah 13 mg untuk wanita, dan 17 mg untuk pria.
  • Vitamin B5 yang disarankan adalah 5 mg untuk wanita, dan 5 mg untuk pria.
  • Vitamin B6 yang disarankan adalah 1,2 mg untuk wanita, dan 1,4 mg untuk pria.
  • Vitamin B7 yang disarankan adalah 25 mcg hingga 30 mcg untuk orang dewasa.
  • Vitamin B9 yang dibutuhkan adalah 0,2 mg per hari.

Untuk ibu hamil atau berencana hamil, Anda disarankan mengonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Namun, jika ada anggota keluarga yang pernah terkena spina bifida, Anda disarankan untuk mengonsumsi 5 mg setiap hari. Adapun untuk vitamin B12 yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1,5 mcg per hari.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait