9 Buah yang Mengandung Vitamin B dan Baik untuk Tubuh

Image title
11 April 2022, 23:43
buah yang mengandung vitamin B,
Unsplash/Pineapple Supply Co.
Ilustrasi buah nanas sebagai buah yang mengandung vitamin B dan baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan badan

Aneka ragam buah dikenal sebagai salah satu sumber zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya vitamin C yang dicari dalam buah, Anda juga bisa menemukan buah yang mengandung vitamin B.

Dilansir dari peneliti Sara Ipatenco yang merupakan penulis senior kesehatan dan nutrisi di Livestrong.com, kandungan vitamin B dalam buah digunakan untuk membentuk energi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin B, dapat memperlancar Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Berikut referensi buah yang mengandung vitamin B, sebagaimana dilansir dari Buavita.co.id, dan SehatQ.com

1. Jeruk Limau Gedang

Serupa dengan buah anggur,  jeruk limau gedang atau dikenal dengan istilah grapefruit merupakan sejenis jeruk yang memiliki daging buah berwarna merah. Rasanya hampir mirip dengan jeruk Bali di Indonesia. Sebagain besar daging buahnya berupa air, sehingga sering dimanfaatkan sebagai aneka minuman buah. Adapun yang lebih penting, menurut Sara Ipatenco, grapefruit mengandung banyak Vitamin B-2 atau yang dinamakan Riboflavin. Vitamin ini berguna untuk menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh agar tetap stabil.

2. Nanas

Ada pula nanas yang banyak memiliki kandungan Vitamin B-1 atau Thiamin. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan daya pikir. Bila Anda tidak ingin mudah mengalami lupa, Anda bisa mengonsumsi nanas ini secara rutin. Bisa langsung dimakan atau dibuat rujak manis yang enak dan kaya zat gizi. Ujar Sara Ipatenco dalam laman Livestrong.

3. Peach

Kemudian ada buah persik atau yang kondang disebut peach. Buah persik memiliki daging buah berwarna kuning dan aroma yang harum. Buah ini juga memiliki biji tunggal yang keras. Sementara jika dilihat dari luar, buah ini mirip apel dengan kulit merah dan berambut halus. Untuk kandungannya, Sarah Ipatenco menjelaskan peach mengandung Vitamin B-3 atau Niasin. Vitamin ini memiliki fungsi menjaga saraf otak tetap bekerja dengan baik, sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan fokus saat bekerja.

4. Jeruk

Masih ada lagi, jeruk. Lebih lanjut, Sara Ipatenco memaparkan buah yang kaya vitamin C ini memiliki kandungan Vitamin B-5 yang juga melimpah. Vitamin B-5 juga memiliki nama lain Asam Pantothenik yang berfungsi memproduksi beragam hormon yang diperlukan oleh tubuh. Supaya tubuhmu tetap selalu sehat, nikmatilah buah jeruk ini secara rutin.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...