6 Vitamin Penting untuk Rambut agar Tumbuh Subur dan Sehat

Image title
22 Oktober 2021, 08:19
Vitamin C salah satu vitamin penting untuk rambut
freestock.org
Vitamin C salah satu vitamin penting untuk rambut

Memiliki rambut panjang menjadi harapan dan cita-cita sebagian besar kaum hawa. Bahkan karena terlalu berambisi dengan rambut panjang, tak jarang terjadi malpraktik, akibat asal mencoba obat-obatan dan akhirnya merusak sel rambut itu sendiri.

Mengutip Hellosehat.com, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan serta menebalkan rambut. Salah satunya yaitu menggunakan vitamin, baik yang dimakan maupun dioleskan langsung.

Meski begitu, memenuhi kebutuhan vitamin melalui makanan maupun suplemen dipercaya lebih efektif dibandingkan vitamin yang dioleskan pada rambut.

Hal ini mungkin dikarenakan vitamin yang dikonsumsi akan langsung dicerna dan diserap ke dalam aliran darah, serta diantarkan ke folikel yaitu sebuah lubang kecil pada kulit tempat tumbuh rambut.

Di bawah ini beberapa jenis vitamin dan zat gizi lain yang bisa Anda konsumsi baik melalui makanan atau suplemen untuk memanjangkan rambut. Berikut vitamin penting untuk rambut agar tumbuh dengan subur dan sehat:

1. Vitamin A

Dalam setiap helai rambut terkandung berbagai macam vitamin dan kandungan zat penting lainnya. Salah satunya adalah Vitamin A.

Selain itu, vitamin A penting dalam membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum (minyak) yang melembapkan kulit kepala dan merawat rambut.

Sementara itu, kekurangan vitamin A ternyata bisa memicu kerontokan rambut. Itu sebabnya, vitamin A atau retinol diperlukan untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin A melalui makanan dan suplemen, seperti:

  • ubi jalar,
  • wortel,
  • labu,
  • bayam,
  • sumber protein hewani, seperti susu dan telur, serta
  • minyak hati ikan kod.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi turunan retinol ini ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Kenali dahulu berapa banyak kebutuhan harian vitamin A guna mencegah overdosis vitamin.

2. Vitamin B

Tidak cukup hanya dengan vitamin A. Beberapa jenis Vitamin B kompleks. Ternyata termasuk jenis vitamin yang penting untuk pertumbuhan rambut. Di bawah ini jenis vitamin B kompleks yang bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut.

Vitamin B7 (Biotin)

Banyak anggapan kekurangan Vitamin B7 (biotin) bisa membuat rambut rontok? Nyatanya, penelitian yang dimuat dalam International journal of trichology pada 541 wanita menemukan hubungan kekurangan biotin dan kerontokan rambut.

Sebanyak 38% peserta yang mengikuti studi ini mengalami kerontokan rambut. Mereka pun mendapatkan biotin tambahan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Meski begitu, belum ada cukup bukti yang mendukung penggunaan suplemen biotin untuk pertumbuhan rambut pada orang dengan kadar biotin yang normal.

Vitamin B12

Vitamin jenis atau yang memiliki nama lain kobalamin termasuk vitamin B yang diperlukan rambut. Kekurangan vitamin B12 dapat memicu kerontokan rambut yang kerap ditandai dengan kadar sel darah merah rendah, yang menjadi faktor penting untuk rambut yang sehat.

Bagaimana tidak, vitamin B12 membantu menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala dapat tetap sehat dan bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...