6 Vitamin Penting untuk Rambut agar Tumbuh Subur dan Sehat

Berikut daftar vitamin penting untuk rambut agar sehat dan tumbuh subur.
Image title
22 Oktober 2021, 08:19
Vitamin C salah satu vitamin penting untuk rambut
freestock.org
Vitamin C salah satu vitamin penting untuk rambut

Memiliki rambut panjang menjadi harapan dan cita-cita sebagian besar kaum hawa. Bahkan karena terlalu berambisi dengan rambut panjang, tak jarang terjadi malpraktik, akibat asal mencoba obat-obatan dan akhirnya merusak sel rambut itu sendiri.

Mengutip Hellosehat.com, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan serta menebalkan rambut. Salah satunya yaitu menggunakan vitamin, baik yang dimakan maupun dioleskan langsung.

Meski begitu, memenuhi kebutuhan vitamin melalui makanan maupun suplemen dipercaya lebih efektif dibandingkan vitamin yang dioleskan pada rambut.

Hal ini mungkin dikarenakan vitamin yang dikonsumsi akan langsung dicerna dan diserap ke dalam aliran darah, serta diantarkan ke folikel yaitu sebuah lubang kecil pada kulit tempat tumbuh rambut.

Advertisement

Di bawah ini beberapa jenis vitamin dan zat gizi lain yang bisa Anda konsumsi baik melalui makanan atau suplemen untuk memanjangkan rambut. Berikut vitamin penting untuk rambut agar tumbuh dengan subur dan sehat:

1. Vitamin A

Dalam setiap helai rambut terkandung berbagai macam vitamin dan kandungan zat penting lainnya. Salah satunya adalah Vitamin A.

Selain itu, vitamin A penting dalam membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum (minyak) yang melembapkan kulit kepala dan merawat rambut.

Sementara itu, kekurangan vitamin A ternyata bisa memicu kerontokan rambut. Itu sebabnya, vitamin A atau retinol diperlukan untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin A melalui makanan dan suplemen, seperti:

  • ubi jalar,
  • wortel,
  • labu,
  • bayam,
  • sumber protein hewani, seperti susu dan telur, serta
  • minyak hati ikan kod.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi turunan retinol ini ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Kenali dahulu berapa banyak kebutuhan harian vitamin A guna mencegah overdosis vitamin.

2. Vitamin B

Tidak cukup hanya dengan vitamin A. Beberapa jenis Vitamin B kompleks. Ternyata termasuk jenis vitamin yang penting untuk pertumbuhan rambut. Di bawah ini jenis vitamin B kompleks yang bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut.

Vitamin B7 (Biotin)

Banyak anggapan kekurangan Vitamin B7 (biotin) bisa membuat rambut rontok? Nyatanya, penelitian yang dimuat dalam International journal of trichology pada 541 wanita menemukan hubungan kekurangan biotin dan kerontokan rambut.

Sebanyak 38% peserta yang mengikuti studi ini mengalami kerontokan rambut. Mereka pun mendapatkan biotin tambahan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Meski begitu, belum ada cukup bukti yang mendukung penggunaan suplemen biotin untuk pertumbuhan rambut pada orang dengan kadar biotin yang normal.

Vitamin B12

Vitamin jenis atau yang memiliki nama lain kobalamin termasuk vitamin B yang diperlukan rambut. Kekurangan vitamin B12 dapat memicu kerontokan rambut yang kerap ditandai dengan kadar sel darah merah rendah, yang menjadi faktor penting untuk rambut yang sehat.

Bagaimana tidak, vitamin B12 membantu menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala dapat tetap sehat dan bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Walaupun demikian, para ahli tidak menyarankan Anda yang tidak mengalami defisiensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan suplemen vitamin B12.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks melalui berbagai makanan seperti daging, produk olahan susu, dan sumber protein hewani lainnya.

3. Vitamin C

Vitamin penting untuk rambut selanjutnya adalah vitamin C. Hal itu dikarenakan salah satu penyebab kerusakan rambut yang mungkin tidak Anda sadari yaitu paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas berlebih dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut rusak.

Untungnya, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan vitamin C untuk memanjangkan rambut. Vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bahkan, vitamin C berkhasiat dalam menghasilkan produksi kolagen yang penting untuk proses pertumbuhan kulit dan rambut. Anda bisa memperoleh vitamin C dari lemon dan jeruk, maupun stroberi, paprika, serta jambu biji.

4. Vitamin D

Sadarkah Anda bahwa kekurangan vitamin D ternyata bisa memicu kebotakan? Vitamin D dipercaya dapat membantu membuat folikel baru. Folikel yaitu pori-pori kecil di kulit kepala yang menjadi tempat pertumbuhan rambut baru.

Meski dianggap penting, peran utama vitamin D terhadap rambut sebenarnya masih belum jelas.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup guna memanjangkan rambut. Selain paparan sinar matahari, Anda bisa memperoleh vitamin dari:

  • ikan berlemak, seperti ikan salmon,
  • minyak ikan cod, serta
  • jamur-jamuran yang diperkaya vitamin D.

5. Vitamin E

Pada dasarnya, peran vitamin E untuk rambut tidak jauh berbeda dengan vitamin C, yaitu mencegah stres oksidatif. Bahkan, vitamin E juga disebut dapat digunakan untuk memanjangkan rambut.

Ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Tropical life sciences research. Penelitian ini memperlihatkan orang dengan rambut rontok mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 35,4%.

Hasil dalam penelitian tersebut terlihat setelah mereka diberikan suplemen vitamin E selama 8 bulan. Tak hanya suplemen, sumber vitamin E dalam makanan lainnya meliputi:

  • biji bunga matahari,
  • almond,
  • bayam, dan
  • alpukat.

6. Zinc

Berbagai vitamin di atas memang penting untuk pertumbuhan rambut, tetapi jangan lupakan berbagai mineral yang bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Salah satu yang digadang-gadangkan dapat memenuhi impian rambut panjang yakni zinc.

Mineral zinc (seng) berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Mineral ini bekerja dengan membantu menjaga sebum di sekitar folikel agar berfungsi dengan baik.

Anda bisa memperoleh zinc lewat suplemen atau makanan seperti:

  • daging sapi,
  • bayam,
  • labu, dan
  • lentil.

Demikianlah daftar vitamin penting untuk rambut yang bisa didapatkan di sekitar lingkungan dan bisa diolah dengan mudah. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait