8 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Tips Sebelum Mencoba

Manfaat es batu untuk wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah hingga mengatasi peradangan. Namun, perawatan satu ini tetap perlu dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan.
Image title
10 Mei 2022, 15:37
Ilustrasi manfaat es batu untuk wajah.
Pexels.com/Pixabay
Ilustrasi manfaat es batu untuk wajah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam perawatan kulit wajah, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dari sekian banyak langkah yang bisa dilakukan, Anda bisa memanfaatkan es batu untuk merawat wajah Anda. 

Tak tanggung-tanggung, selain tidak memerlukan biaya banyak, Anda juga bisa memperoleh berbagai manfaat es batu untuk wajah. Mengutip Stylecraze, dengan mengoleskan es batu ke seluruh leher dan area wajah sekali dalam sehari akan meningkatkan efektifitas produk perawatan kulit yang sedang digunakan. Dengan begitu, produk perawatan kulit yang digunakan akan memberikan hasil lebih cepat dan efisien.

Manfaat es batu untuk wajah lainnya adalah menyegarkan kulit wajah. Caranya mudah, cukup dengan menggosokkan es ke area wajah usai menghadapi hari yang sibuk. Es dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah dan membuat wajah tampak bercahaya.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Untuk mendapat hasil yang maksimal, mengutip Healthline, para ahli kecantikan menyarankan untuk menggulung empat atau lima es batu dengan kain katun lembut. Kemudian, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama satu atau dua menit.

Advertisement

Pijatan melingkar tersebut dapat dilakukan beberapa kali sehari pada area wajah, seperti dagu, garis rahang, bibir, hidung, pipi, dan dahi. Jika dilakukan secara rutin, menggosok es batu pada wajah dapat memberi manfaat di antaranya:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Awalnya, kulit membutuhkan beberapa menit untuk beradaptasi dengan suhu es yang rendah. Oleh karena itu, selama waktu ini, aliran darah ke kapiler berkurang. Namun, begitu kulit mengenal baik suhu es, bagian tubuh, misalnya wajah, akan merespons rangsangan kemudian mengangkut dan meningkatkan aliran darah hangat ke wajah, pada gilirannya, meningkatkan sirkulasi darah di daerah itu.

Peningkatan sirkulasi darah membantu membuang racun dan membuat kulit lebih cerah serta mengurangi kulit kusam. Selain itu, ketika sirkulasi darah dalam tubuh ditingkatkan, maka dapat membantu membersihkan saluran di pembuluh darah, dan menambahkan warna yang lebih baik pada kulit.

Untuk hasil terbaik, bersihkan wajah dan keringkan sebelum mengoleskan es ke wajah. Kemudian, gosok perlahan es batu yang dibungkus kain lembut di wajah dan leher menggunakan gerakan seperti pijatan, hanya mengikuti satu arah gerakan.

2. Mengurangi Kantung Mata

The Mayo Clinic menyarankan untuk mengoleskan kompres dingin ke area mata dengan tekanan ringan selama beberapa menit untuk mengurangi kantung di bawah mata. Pendukung ice facial menyarankan untuk menggunakan es batu yang terbuat dari air atau minuman berkafein seperti teh atau kopi.

Menurut penelitian dari tahun 2013 berjudul Caffeine’s Mechanisms of Action and Its Cosmetic Use, yang dikutip dari laman Kerger.com, kafein dapat menembus kulit dan meningkatkan sirkulasi.

3. Mengurangi Tanda Penuaan

Menurut Dokter Geetika Mittal Gupta, pendiri dan direktur medis ISAAC Luxe, sebuah klinik perawatan kulit yang berbasis di Delhi, dinginnya es dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit dan membatasi munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus, membuat kulit terlihat lebih kencang dan lebih muda.

4. Kulit Bercahaya

Aplikasi es di wajah meningkatkan sirkulasi darah ke kulit wajah dan membuatnya tampak lebih cerah. Ini juga meningkatkan tingkat oksigen di kulit dan memasok nutrisi penting seperti vitamin.

Selain itu, menggosokkan es batu pada wajah dapat membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit karena pembatasan pembuluh darah kapiler.

5. Menghilangkan Lingkaran Hitam

Menerapkan es ke wajah secara teratur dapat membantu mengatasi lingkaran hitam yang membandel. Yang perlu dilakukan adalah merebus air mawar dan mencampur jus mentimun di dalamnya. Bekukan campuran ini lalu oleskan es batu ke area mata Anda.

Tapi, karena bekerja lambat, Anda perlu mengulangi prosedur ini selama beberapa hari untuk memeroleh hasil yang maksimal.

6. Bebas Minyak

Kulit berminyak sering rentan terhadap wabah. Menerapkan es batu di wajah Anda dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Ini karena menggosok kompres es mengecilkan pori-pori penghasil minyak, sehingga mengurangi sifat berminyak yang berlebihan.

7. Mengatasi Peradangan

Jika kulit Anda terasa kasar, gatal, dan meradang karena paparan sinar matahari yang berlebihan, alergi, ruam, atau bahkan jerawat kistik yang menetap, menggosokkan es batu pada area yang terkena dapat menenangkan kulit Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menyempitkan pembuluh darah dan meredakan peradangan dan ketidaknyamanan dalam waktu singkat.

8. Eksfoliasi Kulit

Manfaat es batu untuk wajah lainnya, yakni membuat eksfoliator organik hebat yang dapat memberi hasil secara instan. Anda bisa menggosok wajah dengan es batu susu. Susu mengandung asam laktat yang membantu membersihkan semua sel kulit mati, dan es batu meningkatkan  cahaya alami kulit Anda.

Tips Facial Es

Sebelum mencoba facial es, diskusikan dengan dokter atau dokter kulit Anda. Mereka mungkin memiliki beberapa kekhawatiran atau saran untuk kondisi kulit Anda, obat-obatan yang mungkin Anda pakai, dan status kesehatan saat ini.

Jika memeroleh lampu hijau dari penyedia layanan kesehatan Anda, berikut adalah beberapa tips yang disarankan untuk diikuti:

  • Gunakan baki es khusus untuk kubus yang akan Anda gunakan untuk wajah Anda. Bersihkan setiap kali selesai digunakan.
  • Selalu cuci muka Anda sebelum icing.
  • Siapkan lap atau tisu bersih untuk menyeka kelebihan cairan yang mungkin menetes dari wajah Anda.
  • Gunakan kain atau penghalang lain antara es dan kulit Anda. Ini akan melindungi tangan dan wajah Anda.
  • Hindari memegang es di kulit Anda terlalu lama.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait