8 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Tips Sebelum Mencoba

Image title
10 Mei 2022, 15:37
Ilustrasi manfaat es batu untuk wajah.
Pexels.com/Pixabay
Ilustrasi manfaat es batu untuk wajah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam perawatan kulit wajah, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dari sekian banyak langkah yang bisa dilakukan, Anda bisa memanfaatkan es batu untuk merawat wajah Anda. 

Tak tanggung-tanggung, selain tidak memerlukan biaya banyak, Anda juga bisa memperoleh berbagai manfaat es batu untuk wajah. Mengutip Stylecraze, dengan mengoleskan es batu ke seluruh leher dan area wajah sekali dalam sehari akan meningkatkan efektifitas produk perawatan kulit yang sedang digunakan. Dengan begitu, produk perawatan kulit yang digunakan akan memberikan hasil lebih cepat dan efisien.

Advertisement

Manfaat es batu untuk wajah lainnya adalah menyegarkan kulit wajah. Caranya mudah, cukup dengan menggosokkan es ke area wajah usai menghadapi hari yang sibuk. Es dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah dan membuat wajah tampak bercahaya.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Untuk mendapat hasil yang maksimal, mengutip Healthline, para ahli kecantikan menyarankan untuk menggulung empat atau lima es batu dengan kain katun lembut. Kemudian, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama satu atau dua menit.

Pijatan melingkar tersebut dapat dilakukan beberapa kali sehari pada area wajah, seperti dagu, garis rahang, bibir, hidung, pipi, dan dahi. Jika dilakukan secara rutin, menggosok es batu pada wajah dapat memberi manfaat di antaranya:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Awalnya, kulit membutuhkan beberapa menit untuk beradaptasi dengan suhu es yang rendah. Oleh karena itu, selama waktu ini, aliran darah ke kapiler berkurang. Namun, begitu kulit mengenal baik suhu es, bagian tubuh, misalnya wajah, akan merespons rangsangan kemudian mengangkut dan meningkatkan aliran darah hangat ke wajah, pada gilirannya, meningkatkan sirkulasi darah di daerah itu.

Peningkatan sirkulasi darah membantu membuang racun dan membuat kulit lebih cerah serta mengurangi kulit kusam. Selain itu, ketika sirkulasi darah dalam tubuh ditingkatkan, maka dapat membantu membersihkan saluran di pembuluh darah, dan menambahkan warna yang lebih baik pada kulit.

Untuk hasil terbaik, bersihkan wajah dan keringkan sebelum mengoleskan es ke wajah. Kemudian, gosok perlahan es batu yang dibungkus kain lembut di wajah dan leher menggunakan gerakan seperti pijatan, hanya mengikuti satu arah gerakan.

2. Mengurangi Kantung Mata

The Mayo Clinic menyarankan untuk mengoleskan kompres dingin ke area mata dengan tekanan ringan selama beberapa menit untuk mengurangi kantung di bawah mata. Pendukung ice facial menyarankan untuk menggunakan es batu yang terbuat dari air atau minuman berkafein seperti teh atau kopi.

Menurut penelitian dari tahun 2013 berjudul Caffeine’s Mechanisms of Action and Its Cosmetic Use, yang dikutip dari laman Kerger.com, kafein dapat menembus kulit dan meningkatkan sirkulasi.

3. Mengurangi Tanda Penuaan

Menurut Dokter Geetika Mittal Gupta, pendiri dan direktur medis ISAAC Luxe, sebuah klinik perawatan kulit yang berbasis di Delhi, dinginnya es dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit dan membatasi munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus, membuat kulit terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement