10 Negara Terpanas di Dunia versi World Population Review

Siti Nur Aeni
28 Mei 2022, 12:43
10 Negara Terpanas di Dunia versi World Population Review
pixabay.com
Ilustrasi cuaca panas

Pemanasan global turut mempengaruhi perubahan cuaca di berbagai wilayah. Bahkan ada beberapa negara yang masuk dalam kelompok negara terpanas di dunia. Tak tanggung-tanggung, suhu terpanasnya bahkan mencapai 83,89 oF atau 28.83 oC.  Lantas, negara mana saja yang memiliki suhu terpanas di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Negara Terpanas di Dunia

Pada 2021 lalu, World Population Review merilis sejumlah nama negara dengan suhu terpanas di dunia. Berikut daftar lengkapnya.

1. Mali (28,83 oC)

Negara terpanas di dunia yang pertama yaitu Mali. Negara ini memiliki suhu sekitar 28,83 oC. Negara ini memiliki iklim panas dan kering. Tak hanya itu, curah hujan di Mali juga sangat sedikit. Negara di Afrika Barat ini memiliki daerah bagian tengah yang semi-kering, namun tetap panas dan kering sepanjang tahun.

2. Burkina Faso (28,71 oC)

Di posisi kedua ada Burkina Faso yang menjadi negara dengan suhu paling panas di dunia. Negara ini mempunyai iklim sabana tropis sedikit hangat sepanjang tahun. Selain itu, musim kemarau dan cuaca panas di negara ini juga sangat panjang dan musim hujan relatif singkat.

3. Senegal (28,65 oC)

Negara Senegal mempunyai iklim tropis dan suhu sangat panas sepanjang tahun. Walaupun demikian, curah hujan di negara ini termasuk tinggi, dengan profil tanah sebagian besar lembap.

4. Tuvalu (28,45 oC)

di posisi selanjutnya ada Tuvalu sebagai salah satu wilayah yang memiliki suhu panas di dunia. Tuvalu atau yang dahulu dikenal sebagai Kepulauan Ellice merupakan negara yang berada di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Negara ini memiliki iklim tropis, dengan curah hujan cukup teratur di pulau yang penuh air.

5. Djibouti (28,38 oC)

Djibouti merupakan negara yang berada di Benua Afrika. Negara ini juga masuk dalam daftar negara paling panas di dunia, suhunya bahkan mencapai 28,38 oC. Djibouti mempunyai iklim gurun yang panas dan gersang.

6. Mauritania (28,34 oC)

Mauritania merupakan negara di wilayah Maghreb, Afrika Barat. Negara ini berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik pada bagian barat, Maroko dan Sahara Barat di bagian Utara, Aljazair di rimu laur, Mali di bagian timur dan tenggara, serta Senegal di barat daya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...