4 Teknik Dasar Pencak Silat bagi Pemula

Image title
6 Juni 2022, 22:40
Ilustrasi empat teknik dasar pencak silat bagi pemula yang memiliki arti gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani.
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/YU
Ilustrasi empat teknik dasar pencak silat bagi pemula yang memiliki arti gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani.

Pecinta komik Ko Ping Ho dan penyuka genre silat bisa mempelajari sebagian teknik dasar pencak silat dari sumber bacaan mereka. Apalagi pencak silat yang juga masuk ke dalam salah satu cabang olahraga ini memiliki beberapa versi. 

Istilah pencak silat terdiri dari dua kata yang memiliki makna. Pencak berarti gerak dasar bela diri yang memiliki peraturan. Sedangkan silat memiliki arti, gerakan bela diri yang paripurna dan bersumber dari rohani.

Dari sisi sejarah, olahraga pencak silat hampir mirip dengan olahraga renang. Dia ada lebih dulu sebelum dikonsep menjadi cabang olahraga. Mengapa demikian? Karena pencak silat dan renang merupakan satu aktivitas yang diperlukan untuk bertahan hidup dan menghadapi tantangan alam.

Kedua aktivitas tersebut diklaim hadir mengikuti insting manusia. Adapun pencak silat yang saat ini dikenal masyarakat banyak, merupakan pengembangan bela diri alami dari nenek moyang.

Atas dasar kebutuhan tersebut, tradisi pencak silat tersebar dari mulut ke mulut. Terlebih, setiap daerah memiliki pendekar-pendekar kebanggan, seperti Datuk Suri Diraja dari Sumatera Barat, Prabu Siliwangi di tanah Sunda, Hang Tuah yang menjadi Panglima Malaka, Gajah Mada yang merupakan mahapatih Kerajaan Majapahit, hingga si Pitung dari Betawi.

Tidak hanya itu, tersebarnya cerita-cerita heroik para pahlawan kemerdekaan yang mengangkat senjata melawan penjajah seperti Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Sultan Agung Hanyokrokusumo, Cut Nyak Dhien, Cut Meuthia, dan lainnya turut andil dalam mendorong rakyat Indonesia untuk mencari tahu tentang pencak silat. Hal ini mendorong pencak silat masuk ke dalam kurikulum pendidikan bela negara yang diajarkan ke rakyat Indonesia secara luas untuk melawan penjajah.

Teknik Dasar Pencak Silat

1. Teknik Kuda-kuda

Pada umumnya, teknik dasar yang pertama kali dalam olahraga pencak silat adalah teknik kuda-kuda. Teknik ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh untuk menyerang maupun bertahan. Caranya adalah menapakkan kaki ke tanah. Dinamakan kuda-kuda karena posisi kaki seorang dalam melakukan teknik ini bagaikan posisi kaki orang yang naik di atas kuda.

2. Teknik Pasang

Apabila dapat memasang posisi kuda-kuda dengan benar dan baik. Maka akan diajari cara teknik pasang. Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik kuda-kuda, posisi kaki, dan posisi tangan. Teknik ini memungkinkan posisi tubuh Anda lebih fleksibel untuk menyerang maupun bertahan.

3. Teknik Tendangan

a. Tendangan Lurus
Teknik tendangan ini dilakukan ke arah depan menuju sasaran yang menggunakan ujung kaki. Oh ya, pastikan tungkai kaki Anda lurus dan badan juga tegak ya. Badan menghadap ke lawan dan kaki yang digunakan mengenai lawan adalah bagian pangkal jari kaki.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...