Ukuran Lapangan Futsal serta Sejarah Permainannya

Image title
6 Juni 2022, 14:50
ukuran lapangan futsal
ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.
Ilustrasi, lartihan futsal.

Futsal awalnya dimainkan sebagai olahraga rekreasi. Olahraga ini hadir sebagai jawaban dari minimnya sarana lapangan sepak bola yang memadai. Namun, lambat laun futsal mulai banyak digemari. Bahkan, FIFA, federasi sepak bola dunia, pun melirik dan telah menentukan Laws of the Game dari permainan ini.

Di antara aturan tersebut, FIFA menentukan aturan ukuran standar lapangan futsal. Meski mirip, ukuran lapangan futsal dengan sepak bola memiliki perbedaan mencolok. Perbedaan tersebut dapat segera diketahui lewat ukuran lapangan masing-masing cabang olahraga.

Ukuran Lapangan Futsal

Laws of the Game FIFA telah menentukan aturan terkait ukuran lapangan futsal ke dalam dua kategori, yakni kategori internasional dan non-internasional. Untuk pertandingan internasional, panjangnya berkisar minimal 38 meter dan maksimal 42 meter. Sedangkan lebarnya minimal 20 meter dan maksimal 25 meter.

Sementara itu, untuk lapangan futsal non-internasional, panjang lapangan minimal 25 meter dan maksimal 42 meter dengan lebar minimal 16 meter dan maksimal 25 meter. Pitch harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis.

Panjang garis sentuh (dua garis batas yang lebih panjang) harus lebih besar dari panjang garis gawang (dua garis yang lebih pendek) dan semua garis harus memiliki lebar 8 cm.

Selain itu, FIFA turut mengatur ukuran tiang gawang futsal. Dalam hal ini, baik kategori internasional maupun non-internasional harus memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Lingkaran tengah lapangan juga harus memiliki jari-jari tak lebih dari 3 meter.

Untuk material dasar lapangan futsal dapat disesuaikan, baik rumput sintetis ataupun polypropylene. Selain itu, lapangan bisa memakai bahan vinyl atau rubber yang terbuat dari bahan karet sehingga permukaannya empuk dan halus.

Aturan Lainnya

Area penalti dalam permainan futsal membentuk garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Untuk penalti, terdapat dua titik penalti, yakni titik terdekat dan titik terjauh dari gawang. Titik pertama berjarak 6 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang. Sedangkan titik kedua berjarak 10 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang.

Bola dalam permain futsal harus berbentuk bulatan sempurna yang terbuat dair kulit atau bahan lainnya yang layak. Keliling bola tidak kurang dari 62 cm dan tidak lebih dari 64 cm.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...