Pengertian FOMO dalam Psikologis dan Cara Mengatasinya

Dwi Latifatul Fajri
23 Juni 2022, 19:30
Pengertian FOMO
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Ilustrasi FOMO Media Sosial

FOMO singkatan dari Fear of Missing Out, merupakan kata baru yang dipakai anak muda saat ini. Ternyata FOMO berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Hal ini karena pengaruh media sosial dan internet yang memunculkan sebuah tren.

Pengertian FOMO

Istilah FOMO ditambahkan ke Oxford English Dictionary tahun 2013. Arti FOMO adalah perasaan gugup dan cemas yang dialami seseorang, ketika dirinya tidak menghadiri acara sosial. Hal ini terjadi ketika mereka tidak dapat hadir, tidak diundang, atau tidak merasa ingin pergi.

Advertisement

Kemudian kata fomo semakin berkembang. FOMO menyebabkan orang berasumsi punya peringkat sosial rendah. Kemudian mereka mendapatkan kecemasan dan rendah diri.

FOMO berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya ketakutan karena merasa tertinggal, jika tidak mengikuti aktivitas tertentu. Beberapa orang merasa cemas dan takut yang timbul dari pikirannya sendiri.

Rasa cemas terjadi karena takut tertinggal sesuatu seperti berita, tren, dan hal lain. Istilah FOMO menjadi gambaran anak-anak muda yang merasa takut dan dicap tidak gaul. Beberapa orang menganggap jika orang lain bersenang-senang, mereka juga harus seperti itu. Contohnya saja pengguna media sosial yang ingin selalu update informasi baru.

Media sosial membuat beberapa orang terus melihat dan memperbarui informasi terbaru. Misalnya anda melihat unggahan teman tentang liburan, makan di restoran, atau bermain bersama temannya.

Beberapa orang merasa senang menunjukkan kesenangan di media sosial. Tidak jarang unggahan foto dan video yang menarik, membuat orang lain berpikir hal itu menyenangkan.

FOMO berhubungan erat dengan perasaan selalu ingin terlibat di segala hal yang menyenangkan. Beberapa orang akan mengunggah momen menyenangkan ini ke media sosial. Mereka ingin diakui dan mengejar eksistensi.

Cara Mengatasi FOMO

Berikut cara mengatasi FOMO yang berdampak pada psikologis:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement