8 Kereta Tercepat di Dunia, Shinkansen Seri L0 Jepang Posisi Pertama

Shinkansen Seri L0 merupakan kereta tercepat di dunia asal Jepang, dengan rekor kecepatan 602 km/jam. Panjang kereta 299 meter dan sanggup menampung 728 penumpang.
Image title
4 Agustus 2022, 11:06
Shinkansen Seri L0, kereta tercepat di dunia
WIKIPEDIA
Shinkansen Seri L0, kereta tercepat di dunia

Perkembangan teknologi dalam industri kereta berkontribusi menciptakan berbagai inovasi, termasuk mengembangkan kereta dengan kecepatan tinggi. Transportasi berkecepatan tinggi satu ini, atau high-speed rail adalah jenis kereta penumpang yang beroperasi  lebih cepat dari kereta konvensional.

Kereta berkecepatan tinggi dapat mengantarkan orang dari satu tempat ke tempat lainnya, sampai-sampai ada beberapa kereta yang mendapat julukan kereta tercepat di dunia. Menurut International Union of Railways (UIC), kereta berkecepatan tinggi empat kali lebih hemat energi daripada mengemudi mobil, dan hampir sembilan kali lebih efisien daripada transportasi udara.

Teknologi kereta berkecepatan tinggi telah diterapkan di berbagai negara, termasuk Cina, Jepang,  Prancis, dan Korea Selatan. Mengutip Environmental and Energy Study Institute (EESI), sistem kereta berkecepatan tinggi pertama beroperasi di Jepang pada 1964, dan dikenal sebagai Shinkansen, atau "kereta peluru".

Advertisement

Daftar Kereta Tercepat di Dunia

Adapun daftar kereta tercepat di dunia berdasarkan data Statista adalah sebagai berikut:

1. Shinkansen Seri L0

Shinkansen Seri L0 merupakan kereta tercepat di dunia yang berasal dari Jepang dengan rekor kecepatan 602 kilometer per jam (km/jam). Seri L0 adalah kereta maglev yang dikembangkan oleh Central Japan Railway Company dan dirilis pada November 2012.

Dari data Maglev.net, Shinkansen Seri L0 memiliki panjang 28 meter untuk gerbong akhir  termasuk pada bagian ujung yang memiliki panjang 15 meter. Kecepatan operasionalnya 505 km/j yang dapat membawa 24 penumpang. Sedangkan gerbong tengah memiliki panjang 24,3 meter dan masing-masing berkapasitas 68 penumpang.

Gerbong Shinkansen Seri L0 berwarna putih dan biru. Total panjang kereta tercepat di dunia ini mencapai 299 m dan berkapasitas 728 penumpang. Kereta ini beroperasi dari Tokyo ke Nagoya dalam 40 menit dan dari Tokyo ke Osaka dalam satu jam tujuh menit.

Bagian ujung kereta yang panjang dan ramping dirancang untuk aerodinamis yang lebih baik dan mengurangi kebisingan di terowongan. Shinkansen Seri L0 tidak memerlukan pengemudi. Tetapi, ada kamera di depan kedua ujung gerbong untuk memungkinkan operasi jarak jauh, jika sistem otomatis gagal.

Saat ini, ada 14 kereta pra-produksi yang diharapkan selesai pada 2027. kereta tercepat ini beroperasi menggunakan sistem SCMaglev yang didesain oleh Jepang. Perusahaan Mitsubishi Heavy Industries, Mitsubishi Electric, Nippon Sharyo, dan Toshiba turut berpartisipasi dalam pembangunan kereta dan jalurnya.

2. CRRC 600 Qingdao Sifang Maglev

CRRC 600 Qingdao Sifang Maglev menempati posisi kedua kereta tercepat di dunia dengan kecepatan 600 km/jam. Kereta ini berada di Qingdao, Provinsi Shandong, Cina dan dapat menempuh jarak antara Shenzhen, China Selatan ke Shanghai dalam waktu sekitar 2,5 jam. Kereta tercepat kedua di dunia ini diproduksi oleh perusahaan manufaktur CRRC Qingdao Sifang Co., Ltd.

Pengujian prototipe CRRC 600 dimulai pada 2020 di Universitas Tongji di Shanghai dan produksi komersial dimulai pada 2021. CRRC 600 dapat membawa dua hingga 10 gerbong dengan masing-masing menampung lebih dari 100 penumpang. Kereta ini diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025.

3. TGV POS

Menempati posisi ketiga, TGV POS dari Prancis dapat melaju hingga kecepatan 575 km/jam. Kereta ini diproduksi oleh perusahaan manufaktur Alstom dan dikelola oleh French State Railways (SNCF). Nama “POS” merupakan akronim dari Paris-Ostfrankreich-Süddeutschland, yaitu bahasa Jerman yang artinya "Paris, Prancis Timur, Jerman Selatan".

Sesuai namanya, kereta TGV POS menghubungkan Paris, Prancis Timur (Strasbourg), dan Jerman Selatan. Kereta ini juga menghubungkan Prancis dengan Belgia, Luksemburg, Italia, dan Spanyol. Ada juga layanan antara Prancis dan Swiss yang dioperasikan oleh TGV Lyria. Panjang kereta TGV POSS mencapai 200,19 meter dan tersedia 19 unit yang beroperasi dengan total kapasitas 360 penumpang.

4. CRH380A Hexie

CRH380A Hexie adalah kereta listrik berkecepatan tinggi asal Cina yang dikembangkan oleh CSR Corporation Limited dan saat ini diproduksi oleh CSR Qingdao Sifang Locomotive & Rolling Stock Co., Ltd. Kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 486 km/jam dan panjang kereta 200,84 meter.

Prototipe CRH380A Hexie dirilis pada 2010 dan diuji di China Academy of Railway Science. Pada 26 Oktober 2010, kereta ini dapat digunakan publik dengan layanan di jalur Shanghai-Hangzhou dan Shanghai-Nanjing. Kecepatan operasionalnya 355 km/jam sehingga dapat menghubungkan Shanghai dan Hangzhou dalam 45 menit serta Nanjing dan Hangzhou dalam 2 jam 4 menit.

5. Shanghai Maglev

Kereta maglev Shanghai atau Shanghai Transrapid adalah kereta levitasi magnetik yang beroperasi di Shanghai, Cina. Kerata ini merupakan maglev komersial tertua yang masih beroperasi, dan maglev komersial berkecepatan tinggi pertama dengan kecepatan 431 km/jam. Ini juga merupakan kereta listrik komersil tercepat di dunia.

Jalur kereta Shanghai Maglev menghubungkan Bandara Internasional Pudong Shanghai dan Stasiun Longyang Road dimana penumpang dapat berpindah ke Metro Shanghai untuk melanjutkan perjalanan mereka ke pusat kota. Dengan kecepatan penuh, perjalanan membutuhkan waktu 7 menit 20 detik untuk menempuh jarak 30 km.

6. HEMU-430X

HEMU-430X adalah kereta cepat asal Korea Selatan yang ditujukan untuk kecepatan maksimum 430 km/jam. Pada 31 Maret 2013, kereta ini mencapai 421,4 km/jam dalam uji coba, menjadikan Korea Selatan sebagai negara keempat di dunia setelah Prancis, Jepang, dan Cina yang mengembangkan kereta berkecepatan tinggi dengan kecepatan di atas 420 km/jam.

Kereta tercepat kelima di dunia ini diproduksi oleh Hyundai Rotem dan dikelola oleh Korea Railroad Corporation. Dengan kecepatan operasional 350 km/jam, HEMU-430X dapat mengantarkan penumpang dalam waktu perjalanan di bawah dua jam antara Seoul di barat laut dan Busan di tenggara Korea Selatan.

7. Fuxing Hao CR400AF

Fuxing Hao CR400AF merupakan kereta cepat dari Cina yang diproduksi oleh perusahaan CRRC Corporation Limited. Kereta ini mampu mencapai kecepatan maksimum 418 km/jam dengan kecepatan operasional 350 km/h. Panjangnya 209 meter dengan kapasitas 556 penumpang dan beroperasi di jalur Beijing–Shanghai.

Fuxing Hao CR400AF juga menjadi bagian dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Kereta ini mendapat julukan “Komodo Merah”. Nantinya, Komodo Merah akan menempuh jarak 142,3 kilometer untuk jalur Jakarta-Bandung dalam 36 menit untuk perjalanan langsung. Jika perjalanan berhenti di setiap stasiun, waktu tempuhnya menjadi 46 menit.

8. Frecciarossa 1000

Frecciarossa 1000, diklasifikasikan sebagai ETR 1000, adalah salah satu dari beberapa kereta tercepat di dunia yang dioperasikan operator kereta negara bagian Italia, Trenitalia. Kereta ini mencapai kecepatan maksimum 394 m/jam dan dikembangkan oleh produsen kereta Italia Hitachi Rail Italy dan perusahaan manufaktur Alstom.

Kereta Frecciarossa beroperasi di jalur Turin/Brescia - Milan - Reggio Emilia AV - Bologna - Florence - Roma - Napoli - Salerno. Turin - Milan - Brescia - Verona - Vicenza - Padua - Venesia - Monfalcone - Trieste. Kereta ini memiliki panjang 202 meter dan mampu menampung 457 penumpang yang terdiri dari kelas eksekutif, bisnis, premium, standar, dan khusus pengguna kursi roda.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait