7 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan Tubuh

Sorgum adalah tanaman yang mengandung serat, mineral dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat sorgum untuk kesehatan cukup beragam, selain menjadi bahan pangan utama.
Dwi Latifatul Fajri
18 Agustus 2022, 17:54
Manfaat Sorgum untuk kesehatan
pixabay.com/Bishnu Sarangi
Ilustrasi Sorgum

Manfaat sorgum sebagai tanaman yang tumbuh di Ethiopia, Afrika Timur sangat beragam, khususnya untuk kesehatan. Sorgum termasuk bahan pangan utama yang berada di urutan kelima setelah padi, jagung, gandum, dan barley. Meskipun begitu, pemanfaatan sorgum sebagai bahan pangan di Indonesia, cenderung masih terbatas.

Mengutip buku Pembangunan Pertanian, sorgum awalnya diproduksi untuk kebutuhan pangan masyarakat Indonesia pada 1970. Petani di Nusa Tenggara Timur, menanam sorgum sebagai tanaman prioritas kedua setelah jagung. Penyebabnya karena daerah yang memiliki musim hujan singkat, sistem irigasi terbatas, dan kondisi lahan kurang subur.

Sorgum termasuk varietas hibrida yang tahan terhadap hama. Manfaat sorgum cukup beragam, mengingat tanaman ini menghasilkan pati atau gula. Biji sorgum mengandung tepung atau pati tinggi, sedangkan batangnya memiliki kandungan nira. Biasanya nira dipakai untuk pembuatan gula dan bioetanol. Sehingga sorgum bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan seperti jagung, singkong, atau bahan biomassa.

Keunggulan Tanaman Sorgum

Salah satu keunggulan tanaman sorgum yaitu mudah dibudidaya, punya kemampuan adaptasi, tahan terhadap kekeringan, dan produktivitas tinggi. Selain itu sorgum punya keunggulan lebih dari tanaman tebu. Mengutip buku Peta Jalan Litbang Bahan Bakar Nabati, berikut keunggulan dan manfaat sorgum:

Advertisement
  • Produksi biji dan biomassa lebih besar dibanding tebu. Sorgum menghasilkan biji dan nira dari batang. Sedangkan tebu tidak menghasilkan biji.
  • Sorgum dapat ditanam di lahan yang kering, berbeda dengan tebu yang harus ditanam di lahan yang tingkat kesuburannya tinggi. Tanaman sorgum lebih tahan terhadap tanah kering, salinitas dan genangan air
  • Kebutuhan air dan pupuk sorgum lebih kecil dibanding tebu.
  • Proses fotosintesis sorgum lebih tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat sekitar tiga sampai empat bulan. Sedangkan tebu membutuhkan masa tanam lebih dari 10 bulan
  • Tanaman sorgum dapat dibudidaya melalui tunas batang

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Sorgum termasuk tanaman biji-bijian untuk kebutuhan pangan. Dari penjelasan diatas, sorgum mengandung pati dan nira yang baik untuk tubuh. Selain itu sorgum mengandung kalori (163), protein (5gr), serat (3gr), karbohidrat (36gr), dan lemak (2gr).

Mengutip dari Webmd.com, sorgum mengandung zat besi sekitar 12 % kebutuhan harian. Zat besi yang terkandung yaitu fosfor, mangan, magnesium, kalium, vitamin B6, dan tiamin. Beberapa penelitian menemukan manfaat sorgum untuk tubuh, berikut daftar manfaatnya:

1. Menurunkan Berat Badan

Sorgum mengandung pati dalam bijinya. Sehingga sorgum membantu memberikan rasa kenyang untuk tubuh. Sorgum termasuk makanan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga kalori.

2. Bebas Gluten

Manfaat sorgum selanjutnya adalah bebas gluten. Protein gluten ditemukan dalam gandum dan barley yang menyebabkan masalah pencernaan. Umumnya orang-orang yang alergi gluten mengalami kembung, rasa sakit, dan kram karena konsumsi gluten. Sehingga sorgum bisa menjadi pengganti gandum dan baik untuk mengatasi alergi gluten.

3. Kaya Serat

Mengutip dari Energy-future.com, sorgum memiliki serat lebih tinggi dan bebas gluten. Konsumsi serat setiap hari dapat mencegah obesitas, stroke, dan diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Tanaman ini mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan tulang. Contohnya kandungan magnesium membantu kadar kalsium untuk diserap tubuh. Kandungan zat besi dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Biji-bijian biasanya mengandung serat dan mineral. Kandungan ini dapat mengurangi masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit.

6. Mengurangi Radikal Bebas

Tanaman ini mengandung tanin, antosianin, phytosterol, policosanol, dan asam fenolik tinggi. Kandungan tersebut baik untuk tubuh. Tanaman ini dapat melindungi kulit dan mengurangi radikal bebas. Selain itu antioksidan penting untuk regenerasi sel-sel yang rusak.

7. Anti Peradangan

Manfaat sorgum terakhir sebagai panganan untuk mencegah peradangan. Ini karena, sorgum mengandung senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait