10 Film Psikopat Terbaik dan Menegangkan Beserta Sinopsisnya

Image title
7 September 2022, 06:00
Ilustrasi, karakter psikopat Hannibal Lecter dalam film The Silence of the Lambs (1991). Karakter psikopat dalam film memiliki daya tarik tersendiri karena perilaku kriminal mereka. Berikut pilihan film psikopat terbaik yang dapat disaksikan.
imdb.com
Ilustrasi, karakter psikopat Hannibal Lecter dalam film The Silence of the Lambs (1991)

Istilah psikopat mungkin sudah tidak asing terdengar, baik dalam film maupun kehidupan nyata. Sebenarnya, apa yang dimaksud psikopat? Menurut publikasi tahun 2009, dalam jurnal International Review of Psychiatry, psikopat digambarkan sebagai seseorang dengan perilaku amoral dan anti-sosial kronis, piawai dalam berbohong, serta mampu menipu tanpa merasa bersalah atau tidak nyaman.

Karakter psikopat juga bisa Anda pelajari dan kenali dengan menonton film psikopat terbaik. Kisah psikopat sudah sering diadaptasi dalam film. Penggambaran psikopat yang paling umum dalam film yaitu karakter yang tidak berperasaan, penuh perhitungan, dan agresif. Psikopat adalah salah satu kondisi yang paling banyak dipelajari dan berhubungan erat dengan tindak kriminal.

Menonton film psikopat dapat memahami sekilas tentang perilaku psikopat sesungguhnya. Bahkan, beberapa film psikopat diadaptasi dari kisah nyata. Dalam film, psikopat kriminal atau antisosial mungkin merupakan jenis psikopat yang paling umum.

Sebagai rekomendasi, berikut pilihan film psikopat terbaik yang dapat disaksikan.

1. Psycho (1960)

Psycho layak mendapat gelar film psikopat terbaik. Film ini menceritakan Marion Crane yang bekerja selama sepuluh tahun sebagai asisten agen real estat. Marion menyesali kenyataan bahwa dia dan pacarnya tidak dapat menikah karena masalah uang.

Marion mengambil kesempatan ketika salah satu klien membayarnya dengan uang tunai sebesar US$40 ribu. Saat akhir minggu, Marion menyelinap keluar kota dengan uang itu untuk menemui pacarnya di Fairvale, California.

Dalam perjalanannya, Marion singgah di Bates Motel. Penginapan ini terpencil dan dikelola oleh Norman Bates yang tinggal bersama ibunya yang cacat di rumah tua besar di atas bukit yang menghadap ke motel.

Meskipun dia tidak bertemu Ny. Bates, Marion tahu bahwa dia adalah wanita yang pemarah dan suka mengontrol berdasarkan pertengkarannya dengan Norman. Malam itu, Marion berubah pikiran dan berencana kembali ke Phoenix untuk mengembalikan uang itu.

Anehnya, Marion tidak ditemukan di Phoenix atau Fairvale. Karena itu, beberapa orang datang mencarinya, termasuk pacarnya yang dicurigai bersekongkol dengan Marion dalam mencuri uang.

Saudara perempuan Marion, Lila Crane, meyakinkan perusahaan Marion untuk tidak mengajukan tuntutan jika Marion mengembalikan uang itu. Sementara itu, seorang detektif swasta bernama Arbogast disewa oleh perusahaan.

Pencarian terhadap Marion berujung petaka dan berlumur darah ketika satu per satu dari mereka dibunuh oleh psikopat Norman Bates.

2. A Clockwork Orange (1971)

Film A Clockwork Orange mengisahkan psikopat Alex Delarge dan kekejamannya. Berlatar tempat futuristik, Alex DeLarge adalah pemimpin geng preman yang senang melakukan kekerasan, seringkali dengan aspek seksual tanpa memedulikan korbannya.

Perilaku Alex sebagian besar didorong oleh penggunaan narkoba. Selain itu, Alex adalah pecinta musik, terutama musik Ludwig van Beethoven. Ia senang mendengarkannya selama melakukan kekerasan karena meningkatkan kesenangan dan menginspirasinya.

Meskipun pihak berwenang mengetahui tindakan Alex, mereka tidak dapat menangkapnya dalam tindakan kejahatannya. Hingga suatu malam Alex melakukan serangan seksual terhadap seorang wanita.

Alex didakwa, dihukum, dan dipenjara. Setelah dua tahun, Alex diberi kesempatan untuk bebas dengan berpartisipasi dalam program eksperimental dari pemerintah. Eksperimen itu bertujuan untuk membersihkan niat jahat dari pikiran Alex.

3. The Silence of the Lambs (1991)

Agen FBI, Clarice Starling diberi tugas untuk menginterogasi Dr. Hannibal Lecter, seorang psikiater yang dipenjara selama delapan tahun dalam isolasi keamanan maksimum. Ia terlibat dalam pembunuhan berantai yang memakan daging korbannya pada salah satu film psikopat terbaik, The Silence of the Lambs ini.

Clarice perlu bantuan Hannibal untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai lainnya bernama Buffalo Bill yang telah membunuh lima korban. Para korban memiliki ciri sama, yaitu wanita muda yang sedikit kelebihan berat badan. Buffalo Bill membunuh dan menguliti para korban.

Setelah berbicara dengan Hannibal untuk pertama kalinya, Claire menyadari bahwa segala sesuatu yang ia katakan merupakan permainan psikologis bagi Hannibal. Claire harus berhati-hati dalam menafsir pertanyaan Hannibal.

Kasus ini berubah menjadi mengerikan ketika korban keenam ditemukan. FBI menerka korban selanjutnya adalah Catherine Martin, putri dari Senator Ruth Martin. Mereka harus segera menemukan Buffalo Bil sebelum ia membunuh Catherine.

Didesak oleh waktu, Claire berhasil meyakinkan Hannibal untuk membantunya. Namun, semua itu harus dibayar nyawa. Hannibal kabur dan membunuh beberapa polisi dengan keji. Di sisi lain, Claire mengetahui keberadaan Buffalo Bill dan berusaha menyelamatkan Catherine.

4. American Psycho (2000)

Pada akhir tahun 1980-an, Patrick Bateman yang berusia 27 tahun menyembunyikan ego psikopat alternatifnya dari rekan kerja dan teman-temannya, saat ia menggali lebih dalam tentang fantasi kekerasan dan hedonistiknya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement