17 Film Fantasi Terbaik, Menarik dan Memukau

Image title
7 September 2022, 06:19
Ilustrasi, adegan dalam film fantasi The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005). Film fantasi biasanya mengangkat kisah dari mitologi, cerita rakyat, atau dunia fantasi yang fiktif. Simak pilihan film fantasi terbaik berikut ini
Phil Bray/Imdb
Ilustrasi, adegan dalam film fantasi The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)

Film fantasi adalah film yang mengangkat cerita fantasi dengan tema-tema fantastis, seperti sulap, peristiwa supernatural, mitologi, cerita rakyat, atau dunia fantasi yang fiktif. Menonton film fantasi dapat menjadi pelarian dari dunia nyata yang melelahkan ini.

Tak hanya itu, film fantasi ternyata bermanfaat untuk perkembangan otak. Mengutip Parenting Science, menonton film fantasi dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan kosa kata, sehingga dapat mengembangkan keterampilan pengaturan diri, bahkan meningkatkan kinerja memori.

Banyaknya film fantasi yang tersedia dapat membingungkan. Untuk itu, simak pilihan film fantasi terbaik berikut ini.

1. Pan's Labyrinth (2006)

Pan's Labyrinth termasuk film fantasi terbaik. Film ini berlatar waktu pada tahun 1944 pasca Perang Saudara di Spanyol, pemberontak masih berperang di pegunungan melawan pasukan Falang. Ofelia yang muda dan imajinatif bepergian dengan ibunya yang sedang hamil dan sakit, Carmen Vidal, ke pedesaan untuk bertemu dan tinggal bersama ayah tirinya, Kapten Vidal yang sadis dan kejam, di sebuah pabrik tua.

Pada malam hari, Ofelia bertemu peri dan bersama-sama mereka pergi ke lubang di tengah labirin di mana mereka bertemu dengan faun yang mengatakan bahwa dia adalah seorang putri dari kerajaan di bawah tanah. Dia juga mengatakan bahwa ayah Ofelia sedang menunggunya.

Tetapi, Ofelia harus menyelesaikan tiga tugas yang mengerikan, sulit, dan berbahaya terlebih dahulu. Sementara itu, Ofelia menjadi teman pelayan Mercedes yang merupakan saudara perempuan dari salah satu pemberontak. Dalam dunia yang gelap, keras, dan penuh kekerasan, Ofelia mencoba bertahan dan bertemu ayahnya.

2. Coraline (2009)

Ketika Coraline pindah ke sebuah rumah tua, dia merasa bosan dan diabaikan oleh orang tuanya. Coraline menemukan pintu tersembunyi yang tertutup batu bata. Pada malam hari, Coraline melintasi lorong dan menemukan dunia paralel di mana setiap orang memiliki kancing pada matanya.

Di dunia fantasi ini, orang tua Coraline sangat peduli dengannya dan semua mimpinya menjadi kenyataan. Ketika ibu dari dunia paralel mengundang Coraline untuk tinggal di dunianya selamanya, gadis itu menolak dan menemukan bahwa dunia indah ini hanyalah tipuan untuk memikatnya. 

3. Everything Everywhere All At Once (2022)

Evelyn Wang bekerja sebagai pengelola usaha cuci baju. Usahanya diambang bangkrut dan pernikahannya runyam, karena Evelyn Wang terlalu banyak bekerja untuk mengatasi segalanya, termasuk hubungan yang compang-camping dengan ayahnya.

Selain menghadapi krisis ekonomi dan paruh baya yang suram, Evelyn harus bersiap menghadapi pertemuan yang tidak menyenangkan dengan seorang birokrat impersonal: Deirdre, auditor IRS yang berpakaian lusuh.

Dalam cerita salah satu film fantasi terbaik ini, Evelyn mendapat alat yang bisa membuka gerbang menuju dunia lain. Dunia fantasi ini tidak dapat dijelaskan, dan menjadi eksplorasi realitas paralel yang membuka mata. Akankah Evelyn berpetualang ke dunia lain ini? Berapa banyak realita yang ada di alam semesta?

Bisakah Evelyn memahami kekuatan besar dan memanfaatkannya untuk mencegah entitas jahat menghancurkan dunia?

4. Scott Pilgrim vs. the World (2010)

Scott Pilgrim merupakan anggota band yang bercita-cita untuk sukses. Dia berkencan dengan Knives Chau, seorang gadis SMA yang lima tahun lebih muda. Di sisi lain, Scott belum bisa move on dari mantan pacarnya yang sekarang sukses dengan bandnya sendiri.

Ketika Scott jatuh cinta pada Ramona Flowers, dia mengalami kesulitan untuk putus dengan Knives dan mencoba menjalin asmara dengan Ramona. Seolah menyulap dua wanita tidak cukup, Ramona datang dengan beban berupa tujuh mantan kekasih. Scott harus melawan para mantan Ramona untuk mendapatkan hatinya.

5. Encanto (2021)

Encanto merupakan film animasi sekaligus salah satu film fantasi terbaik rilisan Disney. Film ini juga memenangkan penghargaan Oscar 2022. Encanto mengisahkan keluarga Madrigals yang memiliki kekuatan magis dan hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia di tempat yang mempesona yang disebut Encanto.

Keluarga Madrigal dikaruniai sebuah lilin ajaib yang memberkati setiap anak dalam keluarga dengan hadiah unik. Saat cukup umur, setiap anak akan mendapatkan kekuatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Mirabel.

Mirabel merupakan satu-satunya anggota keluarga yang tidak diberkati dengan keajaiban. Ia merasa berbeda, hidupnya dihantui bayang-bayang anggota keluarga yang lain. Suatu hari, Mirabel merasakan sesuatu berbahaya mengancam keluarganya.

Untuk mencari jawaban, Mirabel mengulik masa lalu salah satu anggota keluarga, Bruno Madrigal. Tak diduga, rahasia yang diungkap Mirabel akan menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal.

6. Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001)

Film pertama dari trilogi The Lord of the Rings termasuk film kolosal terbaik. Film ini mengawali kisah penemuan sebuah Cincin kuno yang dianggap hilang selama berabad-abad. Cincin ini diberikan kepada Hobbit kecil bernama Frodo.

Ketika Gandalf mengetahui bahwa Cincin itu sebenarnya adalah One Ring dari Pangeran Kegelapan Sauron, Frodo harus melakukan pencarian epik ke Cracks of Doom untuk menghancurkannya. Namun, dia tidak pergi sendiri. Dia bergabung dengan Gandalf, Legolas si peri, Gimli si Kurcaci, Aragorn, Boromir, dan tiga teman Hobbit-nya, Merry, Pippin, dan Samwise.

Melalui gunung, salju, kegelapan, hutan, sungai, dan dataran, mereka menghadapi kejahatan dan bahaya di setiap sudut. Pencarian mereka untuk menghancurkan One Ring merupakan satu-satunya harapan untuk mengakhiri pemerintahan Pangeran Kegelapan.

7. The Princess Bride (1987)

Seorang pria tua membacakan buku "The Princess Bride" untuk cucunya yang sakit. Cucu itu yakin dia tidak akan menyukai ceritanya, tetapi dia membiarkan kakek melanjutkan karena dia tidak ingin menyakiti perasaannya.

Cerita berpusat pada Buttercup, seorang mantan gadis petani yang telah dipilih sebagai pengantin bagi Pangeran Humperdinck dari Florian. Buttercup tidak mencintainya karena dia masih meratapi kematian cinta sejatinya, Westley, lima tahun lalu.

Westley adalah pekerja upahan di pertanian. Suatu hari, Buttercup diculik dan ditahan di luar kehendaknya untuk memulai perang. Westley harus menyelamatkannya. Dalam perjalanan, dia bertemu dengan seorang pencuri dan raksasa. Keduanya menjadi teman Westley dalam pencariannya.

8. Enchanted (2007)

Putri Giselle yang cantik dibuang oleh Ratu Narissa yang jahat dari negerinya yang ajaib dan penuh animasi musikal. Giselle terjatuh dalam lubang dan keluar di dunia nyata pada zaman modern.

Giselle terkejut oleh lingkungan baru yang aneh. Ia terombang-ambing dan kehilangan arah. Ketika mencari tempat berlindung, Giselle bertemu seorang pengacara yang menerimanya di rumah bersama anaknya.

Bersama-sama, mereka membantu Giselle menemukan jalan pulang karena ia harus menikahi cinta sejatinya. Tetapi, seiring berjalannya waktu Giselle mulai ragu bahwa selama ini cinta sejatinya sudah ada di hadapannya.

9. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Pada zaman kuno, seorang pria bernama Xu Wenwu menemukan sepuluh cincin mistis. Artefak ini memberinya keabadian dan kekuatan yang tak tertandingi. Dia menciptakan sindikat teroris bernama Ten Rings dalam cerita film fantasi terbaik ini. 

Untuk mencari lebih banyak kekuatan, Wenwu menjelajah hutan bambu magis dan bertemu seorang wanita bernama Ying Li yang kemudian menjadi istrinya. Mereka memiliki seorang putra bernama Shang-Chi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement