Cara Membuat Kulit Kebab dari Tepung Terigu

Dwi Latifatul Fajri
8 September 2022, 17:32
Cara Membuat Kulit Kebab
pixabay.com/ha11ok
Ilustrasi Kebab

Makanan kebab yang berisi daging sapi, termasuk hidangan populer di Indonesia. Kebab berasal dari Arab dan dikenal dengan nama Kabbeh. Selain itu, makanan ini dibungkus dengan adonan tipis dan dikenal sebagai kulit kebab. Cara membuat kulit kebab juga cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. 

Adapun untuk bahan utama kebab adalah daging kambing atau sapi yang digiling kasar, kemudian dipanggang di perapian. Sebelum dipanggang, daging diolah menggunakan bumbu rempah untuk menambah rasa.

Kebab sudah ada dari masa kejayaan Kekaisaran Ottoman (1299-1923 M). Mengutip dari buku Ensiklopedia Mini: Diandra Kreatif, kebab adalah daging panggang yang dibumbui dan dibakar diatas tungku. Cara memanggang daging menggunakan tusukan logam.

Awalnya daging kebab dibuat dari daging sapi atau kambing. Kini daging kebab menggunakan ayam, ikan, dan jenis kerang-kerangan laut. Isian daging kebab dan sayuran ini dilapisi roti jala atau roti pita (kulit kebab). Di Indonesia bahan dasar kulit kebab ini memakai tepung terigu. Kulit kebab sebagai lapisan luar teksturnya krispi dan renyah ketika dimakan.

Cara Membuat Kulit Kebab

Bahan Kulit Kebab

100 gram tepung terigu
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh ragi (fermipan)
Air hangat
Minyak goreng
Sedikit mentega atau minyak samin

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...