Menyusuri Keindahan Pantai Duta Wisata dengan Hutan Mangrovenya

Tifani
Oleh Tifani
12 September 2022, 16:23
Ilustrasi Hutan Mangrove di Pantai Duta Wisata di Bandar Lampung
Katadata
Ilustrasi Hutan Mangrove di Pantai Duta Wisata di Bandar Lampung

Bandar Lampung memiliki banyak garis pantai, salah satunya ialah Pantai Duta Wisata. Pantai yang terletak di Jalan Laksamana R.E. Martadinata ini berjarak sekitar 5 km di sisi barat Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Pengunjung membutuhkan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Bandar Lampung untuk sampai di pantai ini. Pantai ini cukup layak untuk dikunjungi wisatawan, sudah banyak fasilitas penunjang yang dibangun agar wisatawan semakin nyaman.

Pantai Duta Wisata termasuk memiliki tepian berkarang, sehingga hanya cocok untuk melakukan aktivitas olahraga air atau tidak bisa digunakan untuk berenang. Saat akhir pekan tiba, wisatawan dapat mencoba berbagai wahana air, mulai dari jetski, banana boat, sepeda air, kano, dan masih banyak lagi. Selain itu di dekat pantai ini terdapat sebuah danau yang berfungsi sebagai resapan air laut. Danau di Pantai Duta Wisata dikelilingi pondok yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai bersama keluarga maupun teman.

Kawasan Pantai Duta Wisata juga memiliki area hutan mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat berjalan menyusuri area hutan mangrove diatas jembatan kayu yang sudah disediakan. Tidak perlu khawatir sebab jembatan ini dijamin kuat untuk dilewati wisatawan. Jembatan kayu ini berbentuk memanjang dan membelah kawasan hutan mangrove, sehingga dapat digunakan wisatawan untuk berfoto.

Apabila pengunjung beruntung dapat menjumpai aneka satwa liar yang menghuni kawasan hutan mangrove tersebut. Beberapa satwa yang dapat dijumpai yakni aneka burung, seperti Bangau dan Cekakak Sungai. Kawasan Hutan Mangrove di Pantai Duta Wisata ini dapat menjadi pilihan wahan edukasi bagi anak-anak. Sedangkan ujung dari jembatan itu adalah tangga naik menuju ke bangunan gardu pandang.

Wisatawan dapat melihat hamparan hutang mangrove dan bibir Pantai Duta Wisata dari atas gardu pandang. Selain itu, apabila cuaca di sana sedang cerah, maka juga akan tampak pemandangan dari Gunung Argopuro. Pantai Duta Wisata ini juga menjadi salah satu titik pemancingan ikan laut, sehingga bagi wisatawan yang gemar menarik kail dapat membawa alat pancing ke pantai ini. Tidak perlu khawatir akan terganggu wisatawan lain, sebab tempat untuk memancing telah disediakan khusus.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement