Review Buku Sapiens, Mengungkap Sejarah Kehidupan Manusia

Destiara Anggita Putri
19 September 2022, 22:23
review buku sapiens
Unsplash

Sejarah adalah salah satu pelajaran yang sangat unik untuk dipelajari. Salah satu sejarah yang cukup diminati banyak orang adalah mengenai asal-usul manusia. Pada review buku Sapiens, Anda bisa mempelajari sejarah kehidupan manusia dari zaman ke zaman. 

Mempelajari sejarah dengan benar akan membantu Anda memiliki pemikiran yang terbuka dan adil ketika akan melakukan suatu perbuatan. Selain itu, belajar sejarah juga dapat memperluas pengetahuan Anda dan membantu Anda untuk memahami suatu peristiwa atau fenomena secara utuh.

Ada banyak sejarah yang bisa Anda pelajari, termasuk sejara tentang kehidupan manusia. Ada begitu banyak buku yang bisa Anda jadikan referensi. Namun, di antara semua buku itu, buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia adalah pilihan yang terbaik. 

Buku Sapiens: Riwayat SIngkat Umat Manusia merupakan tulisan karya Yuval Noah Harari.  Terbit pada tahun 2011 dalam bahasa Ibrani, buku ini telah memenangkan berbagai penghargaan internasional. Beberapa di antaranya  adalah berhasil menjadi best seller dalam  kategori buku sejarah dunia (non -fiksi),  best seller versi majalah New York Times, hingga memenangkan award pada event Wenjin Book Award di Cina pada 2015.

Buku ini telah dicetak hingga jutaan eksemplar dan bahkan  telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, buku ini pun juga menjadi bacaan favorit para tokoh dunia seperti Bill Gates dan Jared Diamond.

Secara garis besar, buku ini membahas mengenai riwayat singkat umat manusia yang dimulai sejak masa prasejarah hingga prediksi kapan berakhirnya kehidupan  umat manusia. Buku ini secara gamblang menjelaskan sejarah umat manusia mulai dari Homos Erectus, Homo Neanderthal, hingga Homo Sapiens.

Buku ini juga menceritakan tentang perilaku dan pendekatan historis dalam kajian ilmiah. Selain tu, terdapat pula penjelasan mengenai tiga revolusi penting yang dianggap membentuk jalannya sejarah dunia.

Adapun riga revolusi penting tersebut adalah Revolusi Kognitif yang terjadi 70 ribu tahun yang lalu, Revolusi Agrikultur yang tumbuh sejak 12 ributahun yang lalu,  dan terakhir Revolusi Saintifik yang tumbuh sejak 500 tahun lalu dan berpotensi besar akan mengakhiri  sejarah dan memulai sesuatu yang baru.

Melihat penjelasan di atas, buku ini jelas bukan bacaan yang ringan. Walau demikian, tidak ada salahnya untuk menjadikan buku ini sebagai salah satu bacaan Anda untuk memahami sejarah umat manusia. Berikut review buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia. 

Riwayat Singkat Umat Manusia

Review buku Sapiens menjelaskan bahwa pada 100 ribu tahun yang lalu, setidaknya ada enam spesies manusia yang tinggal di bumi. Namun, saat ini hanya tinggal satu spesies yang tersisa, yaitu Homo Sapiens. 

Melalui buku ini, Yuval mencoba menjelaskan seluruh sejarah manusia  termasuk menjelaskan tentang manusia pertama yang berjalan di bumi. Buku ini juga membahas terobosan radikal dan terkadang menghancurkan yaitu Revolusi Kognitif, Pertanian, dan Ilmiah. 

Mengacu pada wawasan biologi, antropologi, paleontologi, dan ekonomi, Yuval berusaha mengeksploitasi bagaimana sejarah telah membentuk manusia, hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar Anda , bahkan termasuk kepribadian Anda 

Dengan bahasa yang berani,  provokatif, dan juga luas jangkauannya, buku ini seolah hadir  untuk menantang para pembaca merenungi lebih dalam tentang segala hal yang telah mereka ketahui tentang menjadi manusia. Pikiran tentang manusia mulai dari pemikiran, tindakan, kekuatan, dan juga masa depan manusia itu sendiri. 

PERPUSTAKAAN BACA DI TEBET
PERPUSTAKAAN BACA DI TEBET (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.)

Kutipan Buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia 

Buku karya Yuval Noah Harari ini menceritakan tentang revolusi kognitif yang terjadi kira-kira 70 ribu tahun lalu. Merupakan salah satu buku yang patut dijadikan panduan utama untuk lebih mengenal lebih dalam sejarah kehidupan manusia karena penuh dengan pengetahuan dna kutipan-kutipan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa kutipan dari buku ini yang diambil dari versi bahasa Inggris: 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...