Cara Membuat Tahu Beserta Prosesnya Secara Singkat

Dwi Latifatul Fajri
26 September 2022, 14:48
Cara Membuat Tahu Singkat
pixabay.com
Tahu sebagai sumber protein nabati memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Tahu dan tempe adalah makanan tradisional dari dasar kedelai. Tahu terbuat dari bubur kedelai yang disaring. Makanan ini kaya akan protein, kalsium, dan zat besi. Tahu baik dikonsumsi karena kandungan lemak jenuh rendah.

Konsumsi tahu baik untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Tahu mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Supaya kandungan tetap terjaga, tahu bisa diolah melalui proses pengukusan, tumis, rebus, atau dibuat sup.

Anda bisa membuat tahu sendiri di rumah. Tetapi proses pembuatan tahu membutuhkan waktu lama. Contohnya proses perendaman kacang kedelai membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam. Ada juga proses penggilingan, penyaringan, dan penggumpalan. Berikut cara membuat tahu putih.

Cara Membuat Tahu Singkat

1. Perendaman

Langkah pertama membuat tahu yaitu proses perendaman. Kedelai direndam dalam air bersih sekitar delapan jam. Air yang dipakai paling sedikit tiga liter untuk satu kilogram kedelai. Selama proses tersebut, biji kedelai mengembang ketika direndam.

Proses perendaman berlangsung selama 8-12 jam. Jika menggunakan air panas perendaman selama 1-2 jam. Setelah direndam kemudian biji kedelai dicuci dan ditiriskan. Proses pembersihan ini dilakukan berkali-kali menggunakan air bersih. Jika pencucian kurang bersih, berdampak pada tahu yang cepat menjadi asam.

2. Penggilingan

Proses pembuatan tahu kedua yaitu penggilingan. Kedelai digiling dan ditambahkan air hangat sedikit-demi sedikit. Penggunaan air hangat ini supaya bau khas kedelai tidak hilang. Proses penggilingan ini membuat kedelai menjadi bubur halus.

Ketika mesin giling dinyalakan, tambahkan air sedikit demi sedikit dalam mesin. Kemudian masukkan kedelai dalam mesin. Sediakan wadah untuk bubur halus kedelai. Kemudian bubur didihkan selama 10-15 menit. Proses pemasakan bubur kedelai selesai setelah muncul gelembung kecil.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...