SDLC adalah Sistem Perangkat Lunak, Ini Fungsi dan Jenis Modelnya

Dwi Latifatul Fajri
27 September 2022, 20:56
SDLC adalah siklus pengembangan perangkat lunak
pixabay.com/StartupStockPhotos
Ilustrasi komputer

SDLC singkatan dari Software Development Life Cycle artinya siklus pengambangan perangkat lunak. Dalam bahasa Indonesia SDLC adalah metode pengembangan sistem yang dipakai perusahaan atau organisasi. SDLC berfungsi memberi gambaran untuk tim pengembang untuk menyelesaikan proyek, tanpa mengalami risiko pengulangan.

Pengembangan aplikasi atau software dapat mengalami kegagalan yang disebut software crisis. untuk menghindari krisis, ada beberapa metode pengembangan perangkat lunak seperti SDLC. Selain mencegah risiko pengulangan, fungsi lain SDLC yaitu menyediakan alat bantu untuk keberhasilan sistem.

Advertisement

Mengenal SDLC

SDLC adalah siklus pengembangan perangkat lunak yang bertujuan menghasilkan sistem berkualitas. Konsep SDLC ini mendasari banyak metode pengembangan perangkat lunak. Contoh siklus hidup sistem yaitu SDLC tradisional, SDLC prototyping, dan SDLC orientasi pada objek.

SDLC dapat dipakai sebagai sarana komunikasi antara tim pengembang dan pelanggan. Tim pengembang memberikan analisis, desain, dan manajer proyek. Tim pengembang ini bertanggung jawab untuk tahapan pembuatan sistem.

Model SDLC

Model SDLC adalah pengembangan perangkat lunak yang memiliki jenis model dan metode berbeda. Berikut jenis model perangkat lunak berdasarkan tingkat penggunaan:

1. Model Waterfall

Model waterfall adalah model siklus hidup klasik. Waterfall menggambarkan pendekatan sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Penggunaan model waterfall terorganisir karena ada proses dan dokumen untuk kebutuhan pengguna.

Penerapan metode waterfall biasanya untuk pengembangan software skala kecil hingga menengah. Selain itu estimasi waktu dan sumber daya membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar.

2. Model V

Model V adalah variasi model waterfall. Kata V singkatan dari validasi atau verifikasi model. Model V ini menggambarkan hubungan antara penjaminan mutu dengan komunikasi, pemodelan, dan konstruksi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement