10 Film Fantasi Disney, Petualangan Magis dalam Negeri Dongeng

Film fantasi Disney menyajikan kisah dalam negeri dongeng yang menarik dan cocok ditonton segala usia. Berikut rekomendasi film fantasi Disney beserta sinopsisnya.
Image title
30 September 2022, 06:06
Ilustrasi, adegan dalam film Mary Poppins Returns (2018), film fantasi Disney
Jay Maidment/IMDB
Ilustrasi, adegan dalam film Mary Poppins Returns (2018), film fantasi Disney

Film fantasi Disney adalah film yang mengangkat cerita fantasi dengan tema-tema magis, seperti sulap, peristiwa supernatural, mitologi, cerita rakyat, atau dunia fantasi yang fiktif. Menonton film fantasi dapat menjadi pelarian dari dunia nyata yang melelahkan ini.

Selain itu, film fantasi ternyata bermanfaat untuk perkembangan otak. Mengutip Parenting Science, menonton film fantasi dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan kosa kata, sehingga dapat mengembangkan keterampilan pengaturan diri, bahkan dapat juga meningkatkan kinerja memori.

Sebagai rekomendasi, simak pilihan film fantasi Disney berikut ini.

1. Mary Poppins Returns (2018)

Mary Poppins Returns merupakan kelanjutan kisah Marry Poppins. Dalam film fantasi Disney ini, Jane dan Michael Banks sudah dewasa dan menghadapi masa-masa sulit selama Depresi tahun 1930-an di seluruh dunia.

Advertisement

Tak disangka, Mary Poppins turun dari langit untuk membantu mereka lagi. Bersama dengan pemantik lampu yang ceria bernama Jack, keluarga Banks akan memulai petualangan ajaib dan dunia fantasi.

2. The Jungle Book (2016)

The Jungle Book layak menyandang predikat film adventure terbaik. Film fantasi Disney ini menyajikan petualangan epik tentang Mowgli, seorang anak laki-laki yang dibesarkan oleh keluarga serigala.

Mowgli menemukan bahwa dia tidak lagi diterima di hutan karena perintah harimau menakutkan bernama Shere Khan. Mowgli didesak untuk meninggalkan satu-satunya rumah yang pernah dikenalnya.

Mowgli memulai perjalanan penemuan diri yang dipandu oleh mentor macan kumbang Bagheera dan beruang berjiwa bebas Baloo. Sepanjang jalan, Mowgli bertemu makhluk hutan yang sebenarnya berniat jahat, termasuk Kaa, seekor ular piton dan Raja Louie.

Petualangan Mowgli mengantarkannya pada suatu rahasia yang disebut “Bunga Merah”. Mowgli segera menyadari bahwa bunga merah yang dimaksud adalah api. Melihat dahsyatnya kehancuran akibat api, Mowgli berencana menggunakannya untuk mengalahkan Shere Khan. Namun, rencana tak berjalan mulus sehingga seluruh hutan terbakar dan mengancam nyawa para satwa. Mampukah Mowgli menyelamatkan mereka?

3. Encanto (2021)

Encanto merupakan film animasi rilisan Disney yang memenangkan penghargaan Oscar tahun 2022. Film fantasi Disney ini mengisahkan keluarga Madrigals yang memiliki kekuatan magis dan hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia di tempat yang mempesona yang disebut Encanto.

Keluarga Madrigal dikaruniai sebuah lilin ajaib yang memberkati setiap anak dalam keluarga dengan hadiah unik. Saat cukup umur, setiap anak akan mendapatkan kekuatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Mirabel.

Mirabel merupakan satu-satunya anggota keluarga yang tidak diberkati dengan keajaiban. Ia merasa berbeda, hidupnya dihantui bayang-bayang anggota keluarga yang lain. Suatu hari, Mirabel merasakan sesuatu berbahaya mengancam keluarganya.

Untuk mencari jawaban, Mirabel mengulik masa lalu salah satu anggota keluarga, Bruno Madrigal. Tak diduga, rahasia yang diungkap Mirabel akan menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal.

4. Turning Red (2022)

Dalam film fantasi Disney berjudul Turning Red, Meilin adalah anak 13 tahun yang percaya diri dan norak. Ia mengalami dilema antara tetap menjadi anak yang berbakti kepada ibunya atau menikmati kekacauan masa remaja. Di sisi lain, ibunya yang protektif, Ming, tidak pernah jauh dari putrinya.

Tetapi, ada yang aneh pada Meilin. Setiap kali dia terlalu bersemangat, dia berubah menjadi panda merah raksasa.

5. Jungle Cruise (2021)

Jungle Cruise berlatar belakang pada tahun 1916. Dalam film Disney terbaru ini, Lily Houghton adalah seorang petualang yang mengumpulkan peta milik ayahnya dan berencana untuk melakukan perjalanan ke Amazon untuk menemukan Tears of The Moon, yaitu kelopak dari pohon Tree of Life, pohon mitos yang kelopaknya dapat menyembuhkan penyakit apa pun, luka apa pun, dan mengangkat kutukan apapun.

Dia dan saudara laki-lakinya yang sombong dan manja bernama MacGregor menyewa jasa Frank "Skipper" Wolff untuk membawa mereka ke tujuan mereka. Mereka bertiga melalui petualangan yang seru, menegangkan, dan menggelikan.

Lily, Frank dan MacGregor harus melewati musuh dan rintangan yang berbahaya serta menemukan berbagai fakta mengejutkan yang menumbuhkan persahabatan antara mereka bertiga.

6 The Book of Life (2014)

Dalam film fantasi Disney berjudul The Book of Life, Mary Beth adalah seorang pemandu wisata museum yang memandu sekelompok siswa sekolah dalam tur museum rahasia. Ia menceritakan kisah sebuah kota Meksiko bernama San Angel dari The Book of Life, yang menyimpan setiap kisah di dunia.

Pada perayaan Hari Orang Mati, La Muerte, penguasa Negeri yang Diingat, dan Xibalba, penguasa Negeri yang Terlupakan, melihat Manolo Sánchez dan Joaquín Mondragon bersaing memperebutkan María Posada.

Mereka bertaruh, jika María menikahi Manolo, Xibalba tidak akan lagi ikut campur dalam urusan fana, tetapi jika dia menikahi Joaquín, La Muerte dan Xibalba akan bertukar alam. Namun, Xibalba menipu dengan memberikan Joaquín sebuah benda yang disebut Medal of Everlasting Life yang memberikan pemakainya tak terkalahkan.

7. Raya and the Last Dragon (2021)

Raya and the Last Dragon merupakan film animasi Disney yang terinspirasi oleh kebudayaan dari Asia Tenggara. Dalam film ini, lima abad yang panjang setelah pengorbanan tanpa pamrih dari naga ajaib, tanah Kumandra yang dulu damai, kini menjadi berantakan dan terbagi menjadi lima negara. Tanah tersebut dihuni faksi yang bertikai, penuh ketidakpercayaan, dan ancaman.

Sementara itu, makhluk Druun muncul kembali dan hanya seekor naga terakhir yang dapat menghentikannya. Oleh sebab itu, seorang putri bernama Raya memulai pencarian sarat bahaya untuk melacak makhluk naga yang baik hati itu. Akankah Raya menemukan naga terakhir yang perkasa?

8. Onward (2020)

Di dunia fantasi pinggiran kota, dua saudara peri remaja bernama Ian dan Barley Lightfoot melakukan perjalanan untuk menemukan sedikit keajaiban yang tersisa di luar sana. Mereka berencana menggunakan sihir untuk menghabiskan satu hari terakhir bersama ayah mereka yang sudah meninggal.

Perjalanan Ian dan Barley dipenuhi dengan mantra sihir, peta samar, rintangan yang mustahil, dan penemuan yang tak terbayangkan. Ketika ibu mereka, Laurel, menyadari bahwa putranya hilang, dia bekerja sama dengan makhluk legendaris bernama The Manticore untuk menemukan mereka.

9. Frozen (2013)

Frozen adalah film fantasi Disney yang menceritakan Putri Anna yang optimis dan tanpa rasa takut saat ia bekerja sama dengan pria gunung yang tangguh bernama Kristoff dan rusa kutubnya yang setia, Sven, dalam perjalanan epik untuk menemukan saudara perempuannya, Ratu Elsa.

Ratu Elsa terlahir dengan kekuatan es yang kini mengakibatkan kerajaan Arendelle dilanda musim dingin yang abadi. Putri Anna dan Kristoff bertemu Ratu Elsa dan memintanya menghentikan musim dingin di Arendelle, tetapi ia tidak bisa.

Saat Ratu Elsa menyuruh Putri Anna pergi, ia tak sengaja melukai hati Putri Anna dengan sihir esnya. Kini, Putri Anna dan Kristoff harus mencari obat penyembuhnya sekaligus menyelamatkan Arendelle yang semakin terpuruk.

10. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Rekomendasi film fantasi Disney selanjutnya yaitu Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Dalam film Marvel ini, pada zaman kuno, seorang pria bernama Xu Wenwu menemukan sepuluh cincin mistis. Artefak ini memberinya keabadian dan kekuatan yang tak tertandingi. Dia menciptakan sindikat teroris bernama Ten Rings.

Untuk mencari lebih banyak kekuatan, Wenwu menjelajah hutan bambu magis dan bertemu seorang wanita bernama Ying Li yang kemudian menjadi istrinya. Mereka memiliki seorang putra bernama Shang-Chi.

Suatu hari, Ying Li terbunuh dan Wenwu mulai melatih Shang-Chi untuk menjadi seorang pembunuh. Tahun-tahun berlalu dan Shang-Chi sekarang tinggal di San Fransisco. Tiba-tiba, dia disergap.

Serangan itu membawanya kembali ke kampung halamannya di Cina. Shang-Chi menemukan kebenaran tentang cincin mistis dan sekarang dia harus menyelamatkan desa ibunya dari keserakahan ayahnya.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait