Fauna Tipe Peralihan adalah Hewan di Garis Wallace, Ini Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
4 Oktober 2022, 15:45
Fauna tipe peralihan adalah jenis hewan yang ada di bagian tengah
http://ksdasulsel.menlhk.go.id/
Ilustrasi Kus Kus Beruang

Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu fauna Asiatis, peralihan, dan Australis. Setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda. Misalnya fauna peralihan di bagian tengah.

Fauna tipe peralihan adalah hewan yang umumnya ditemukan di bagian tengah Indonesia. Beberapa hewan termasuk endemik karena tinggal di wilayah tertentu saja. Berikut penjelasan tentang fauna tipe peralihan.

Pengertian Fauna Tipe Peralihan

Fauna tipe peralihan adalah hewan campuran Indonesia bagian barat dan timur. Fauna peralihan ini disebut zona Wallacea. Jenis fauna terbentang dari garis Wallace sebelah barat dan garis Weber sebelah timur.

Persebaran fauna peralihan ada di pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Beberapa hewan memiliki kemiripan dengan fauna Asiatis, contohnya kera dan tapir. ada juga fauna peralihan kuskus dan kakatua yang mirip fauna Australia.

Fauna endemik yang terdapat di daerah tertentu yaitu anoa, burung maleo, komodo, dan babi rusa. Ada juga burung-burung cantik di Wallacea seperti burung Mandar Gendang, merpati buah, dan gosong Maluku.

Ciri-ciri Fauna Peralihan

Mengutip dari Ilmu geografi.com, fauna tipe peralihan adalah hewan yang memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement